Sukses

Mulut Keluarkan Bau Tak Sedap Saat Bangun Tidur? Mungkin Ini Penyebabnya

Setelah bangun tidur, mulut kerap terasa memiliki bau tak sedap. Ternyata ini penyebabnya.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika bangun tidur, pernahkah merasa bau tak sedap yang datang dari mulut sendiri? Anda merasa sudah menyikat gigi sesaat sebelum pergi tidur, tetapi bau mulut di pagi hari tetap saja tidak bisa dipungkiri lagi.

Tenang, bau mulut memang kerap terjadi bagi banyak orang. 

Mengutip Mental Floss, Jumat (10/7/2020), ada beberapa hal yang kemungkinan menjadi penyebabnya. 

Menurut Sally J. Cram, seorang periodontis di wilayah Washington D.C, bau mulut di pagi hari disebabkan oleh mulut kita yang mengering saat kita tidur. 

Tanpa uap air, bakteri penyebab bau bisa bertambah banyak. Mendengkur atau bernapas melalui mulut bisa memperburuk masalah ini.

Selain itu, obat-obatan yang menyebabkan mulut kering dapat membuat situasinya menjadi lebih buruk lagi, terutama jika diminum tepat sebelum tidur. 

Penderita alergi mendapatkannya dari kedua sisi. Jika mereka minum obat alergi, mereka mungkin mengalami bau mulut. Jika tidak, lendir dari reaksi alergi menghadirkan bakteri dalam mulut. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengaruh Makanan

Faktor makanan juga menjadi penting.

Makan makanan pedas seperti bawang putih atau bawang merah sebelum tidur juga dapat memiliki efek residu bahkan ketika berjam-jam kemudian.

Langkah-langkah untuk memerangi bau mulut yang buruk cukup dipahami. Sikat dan bersihkan gigi dengan benang sebelum tidur dan ketika Anda bangun, dan jangan lupa untuk menggosok lidah Anda setiap kali. Ini karena bakteri kerap mengendap di lidah.

Jika Anda menggunakan obat kumur, pastikan Anda menggunakannya sesuai dengan durasi yang disarankan — biasanya 30 detik. Jika tidak, Anda tidak memberikan waktu yang cukup untuk membunuh kuman. Anda juga bisa minum sedikit air sebelum mengenai tidur. Jika bau mulut berlanjut, mungkin sudah saatnya untuk mengunjungi dokter gigi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.