Sukses

Sedang Diet? Cek 5 Trik Makan Ini Agar Perut Cepat Terasa Kenyang

Liputan6.com, Jakarta - Ketika seseorang ingin menurunkan berat badan atau melakukan diet, berbagai cara tentu akan dicobanya. 

Melakukan diet memerlukan cara yang tepat agar proses penurunan berat badan tidak berujung membawa penyakit. 

Selain mengontrol makanan yang dikonsumsi, cara Anda makan mungkin harus menjadi salah satu perhatian ketika melakukan diet

Mengutip laman Bright Side, Minggu (28/6/2020), berikut adalah 5 trik yang dapat Anda lakukan selama melakukan diet:

2 dari 7 halaman

1. Minum menggunakan gelas yang lebih tinggi

Minuman manis biasanya tidak dianjurkan ketika sedang melakukan diet.

Trik sederhana untuk mengonsumsi dalam ukuran lebih sedikit tanpa melewatkan minuman favorit Anda adalah menuangkan minuman Anda ke dalam gelas yang lebih kecil dan lebih tinggi.

Seperti yang disarankan oleh penelitian ini, Anda akan merasa bahwa Anda sudah minum banyak. Tambahkan es batu lagi ke minuman Anda agar terlihat lebih penuh.

3 dari 7 halaman

2. Makan makanan pedas

Taburkan sedikit cabai pada makanan favorit Anda, atau gunakan ekstra lada untuk beberapa menu.

Ini adalah trik yang sangat sederhana yang meningkatkan rasa makanan Anda dan membantu proses penurunan berat badan dengan mengurangi rasa lapar, menurut penelitian ini.

"Kami menemukan bahwa mengonsumsi cabe merah dapat membantu mengatur nafsu makan dan membakar lebih banyak kalori setelah makan, terutama bagi individu yang tidak mengonsumsi rempah-rempah secara teratur," klaim seorang peneliti.

4 dari 7 halaman

3. Makan dengan tangan yang tidak dominan

Hal ini mungkin terdengar aneh, tetapi makan dengan tangan yang tidak biasa akan membuat Anda makan lebih lambat dan lebih hati-hati.

Hal ini akan membantu menurunkan rasa lapar dan menyebabkan tingkat kepuasan di antara waktu makan.

5 dari 7 halaman

4. Menggunakan piring yang lebih kecil

Jika terlalu banyak disajikan, kemungkinan besar Anda juga akan makan berlebihan.

Yang mengejutkan dalam penelitian ini, bahkan para ahli nutrisi mendapati orang makan 31% lebih banyak tanpa menyadarinya ketika diberi piring yang lebih besar untuk dimakan.

Rupanya, jarak ke batas piringlah yang membuat Anda memutuskan berapa porsi yang tepat daripada jumlah makanan itu sendiri. Jadi sebaiknya Anda menggunakan piring yang lebih kecil untuk makan ketika sedang diet. 

6 dari 7 halaman

5. Minum air putih sebelum makan

Gejala dehidrasi dapat menjadi penyebab perut keroncongan, bukan rasa lapar yang sebenarnya.

Mengkonsumsi banyak air dan teh herbal akan membantu Anda merasa lebih kenyang sepanjang hari. Dan untungnya, air adalah salah satu dari beberapa hal yang dapat Anda nikmati sebanyak yang Anda inginkan tanpa khawatir tentang asupan kalori.

7 dari 7 halaman

Simak video pilihan berikut: