Sukses

Tolak Tawaran Korsel, Korut Bakal Kirim Pasukan ke Perbatasan Korea

Korea Utara mengatakan akan mengirim pasukannya ke perbatasan Semenanjung Korea.

Liputan6.com, Pyongyang - Korea Utara telah menolak tawaran dari Korea Selatan untuk mengirim utusan khusus guna meredakan ketegangan yang meningkat atas aktivitas pembelot dan menghentikan upaya rekonsiliasi.

Bahkan, Korea Utara telah bersumpah untuk memindahkan pasukan ke unit perbatasan yang didemiliterisasi, seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Rabu (17/6/2020). 

Pengumuman yang dibuat agen media pemerintah KCNA datang sehari setelah Korea Utara meledakkan kantor penghubung bersama yang didirikan di perbatasan, sebagai bagian dari perjanjian perdamaian 2018 oleh para pemimpin kedua negara.

Setiap langkah untuk membatalkan kesepakatan perdamaian lintas perbatasan menimbulkan kemunduran besar bagi upaya Presiden Korea Selatan Moon Jae-in untuk mendorong rekonsiliasi yang lebih tahan lama dengan Korea Utara.

Mereka juga dapat mempersulit upaya Presiden AS Donald Trump, yang sudah bergulat dengan pandemi Virus Corona baru dan protes anti-rasisme, untuk membujuk Pyongyang dalam meninggalkan program nuklir dan misilnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tawaran Korsel

Pada hari Senin, Moon menawarkan untuk mengirim penasihat keamanan nasionalnya Chung Eui-yong dan kepala mata-mata Suh Hoon sebagai utusan khusus, menurut KCNA. Namun Kim Yo Jong, saudara perempuan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan seorang pejabat senior partai yang berkuasa, "dengan tegas menolak proposal yang tidak bijaksana dan menyeramkan".

"Solusi untuk krisis saat ini antara Utara dan Selatan yang disebabkan oleh ketidakmampuan dan tidak bertanggung jawab pihak berwenang Korea Selatan tidak mungkin dan itu dapat dihentikan hanya ketika harga yang pantas dibayar," tulis KCNA.

Tidak ada komentar langsung dari kantor Moon.

Rodong Sinmun, surat kabar resmi Partai Buruh di Korea Utara yang berkuasa, menerbitkan enam foto resolusi tinggi yang menunjukkan kantor penghubung pada saat sebelum dan setelah pembongkaran, di samping serangkaian artikel dan komentar KCNA yang mengkritik Korea Selatan.

"Pendahuluan yang tidak menyenangkan untuk bencana hubungan Utara-Selatan," salah satu artikel itu menjadi berita utama, merujuk pada kehancuran kantor.

Kim Yo Jong juga mengecam Moon dengan keras dalam pernyataan KCNA lainnya, mengatakan dia gagal menerapkan salah satu dari pakta 2018 dan "menempatkan lehernya ke dalam jerat kutu buku pro-AS".

Moon menawarkan untuk memainkan peran mediator antara Trump dan Kim Jong Un ketika mereka menarik diri dari ancaman perdagangan dan penghinaan pada tahun 2017, yang mengarah ke serangkaian pertemuan pada tahun 2018 dan 2019, yang tinggi pada simbolisme tetapi gagal mencapai terobosan pada denuklirisasi.

Dalam pidato hari Senin, yang menandai peringatan 20 tahun KTT antar-Korea pertama, Moon menyatakan penyesalan bahwa hubungan Korea Utara-AS dan antar-Korea belum mencapai kemajuan seperti yang diharapkan, tetapi meminta Pyongyang untuk mempertahankan kesepakatan damai dan kembali ke dialog.

"Di mata Kim Jong-un, pemerintahan Moon memberi terlalu banyak harapan palsu bahwa itu akan menentang tekanan AS untuk memajukan hubungan mereka," kata Chun Yung-woo, mantan utusan nuklir Korea Selatan.

"Tetapi setelah dua tahun, yang tersisa adalah pertemuan puncak yang gagal dengan Trump dan tidak ada kemajuan apa pun tentang kerja sama ekonomi antar-Korea."

3 dari 3 halaman

Bakal Kirim Pasukan

Dalam tulisan terpisah oleh KCNA, seorang juru bicara untuk Staf Umum Tentara Rakyat Korea (KPA) mengatakan akan mengirim pasukan ke Gunung Kumgang dan Kaesong di dekat perbatasan, di mana kedua Korea telah melakukan proyek ekonomi bersama di masa lalu.

Moon dan Kim Jong-un sepakat untuk "menormalkan" kedua prakarsa bisnis pada pertemuan puncak ketiga mereka pada 2018.

Juru bicara KPA juga mengatakan pos-pos polisi yang telah ditarik dari Zona Demiliterisasi (DMZ) yang sangat dibentengi akan dipasang kembali, sementara unit artileri di dekat perbatasan laut barat, tempat para pembelot sering mengirimkan selebaran propaganda, akan diperkuat dan berdiri di atas postur kesiapan tugas tempur kelas.

Korea Utara juga akan memulai kembali pengiriman selebaran anti-Seoul melintasi perbatasan, tambahnya.

Kementerian pertahanan Seoul telah mendesak Korea Utara untuk mematuhi pakta militer antar-Korea 2018, di mana kedua pihak bersumpah untuk menghentikan "semua tindakan bermusuhan" dan membongkar sejumlah bangunan di sepanjang DMZ.

Jang Kum Chol, direktur Departemen Front Bersatu Korea Utara yang bertanggung jawab atas urusan lintas perbatasan, mengatakan Korut tidak akan pernah melakukan pembicaraan atau pertukaran di masa depan dengan pihak berwenang Korea Selatan "yang hanya membangkitkan perasaan jijik dan tidak menyenangkan".

"Adalah pendirian kami bahwa kami sebaiknya menganggap segala yang terjadi antara Utara dan Selatan sebagai mimpi kosong," katanya, menurut KCNA.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.