Sukses

Peringati 2 Tahun Pertemuan Trump dan Kim Jong-un, Korut Pertanyakan Hubungan dengan AS

Korea Utara mempertanyakan pentingnya menjaga hubungan dengan Amerika Serikat.

Liputan6.com, Pyongyang - Korea Utara telah menandai peringatan dua tahun sejak terselenggaranya KTT pertama antara Kim Jong-un dan Donald Trump dengan mempertanyakan perlunya untuk tetap "berpegangan tangan" dengan AS.

Pernyataan itu merupakan penghinaan bagi Trump, yang telah menggembar-gemborkan hubungannya dengan Pyongyang sebagai salah satu kunci sukses kepresidenannya. Demikian seperti dikutip dari BBC, Jumat (12/6/2020). 

Hubungan antara kedua negara telah meningkat pesat menjelang pembicaraan bersejarah di Singapura pada 2018. Tetapi sedikit kemajuan yang telah dibuat sejak itu. 

Menteri Luar Negeri Korea Utara Ri Son-gwon mengatakan harapan untuk peningkatan hubungan "yang tinggi di udara di bawah sorotan global dua tahun lalu - kini telah berubah menjadi keputusasaan".

"Bahkan sinar tipis optimisme untuk perdamaian dan kemakmuran di semenanjung Korea telah memudar menjadi mimpi buruk yang gelap," katanya, dalam komentar yang dilakukan oleh kantor berita negara KCNA.

Dia juga tampaknya melakukan penggalian pada Trump, yang mencalonkan diri untuk pemilihan kembali pada bulan November mendatang dengan mengatakan Korea Utara akan "tidak pernah lagi memberikan [dia] paket lain yang akan digunakan untuk pencapaian tanpa menerima pengembalian".

"Pertanyaannya adalah apakah akan ada kebutuhan untuk tetap bergandengan tangan seperti di Singapura", katanya, karena "tidak ada perbaikan faktual yang harus dilakukan" dalam menjaga hubungan pribadi.

Menteri luar negeri mengatakan, Pyongyang malah akan "membangun kekuatan yang lebih andal untuk mengatasi ancaman militer jangka panjang dari AS."

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pertemuan di Singapura

Trump dan KTT Kim di Singapura pada tahun 2018 adalah pertemuan pertama antara presiden Amerika Serikat dan seorang pemimpin Korea Utara.

Pertemuan itu, yang dipandang sebagai terobosan setelah beberapa dekade antagonisme, melihat kedua negara sepakat secara samar-samar untuk bekerja sama menuju denuklirisasi.

KTT kedua di Hanoi pada tahun 2019 berakhir lebih awal tanpa persetujuan, sebagian karena kedua negara tidak dapat menyepakati apa artinya bagi Korea Utara untuk melakukan denuklirisasi dan proses apa yang harus diambil.

Washington menolak untuk mencabut sanksi, seperti yang diminta oleh Pyongyang, bersikeras bahwa Korea Utara harus terlebih dahulu sepenuhnya meninggalkan program nuklirnya.

Hubungan pun kian memburuk pada bulan-bulan berikutnya. 

Korea Utara juga sebagian besar memutus kontak dengan Korea Selatan - hubungan yang telah membaik - menyusul gagalnya pembicaraan dengan AS.

Korea Utara mulai melanjutkan uji senjata pada tahun 2019, dalam apa yang dilihat sebagai upaya untuk menekan AS agar membuat konsesi.

Dalam kemunduran lebih lanjut hubungan Korea Utara-Selatan, awal pekan ini, Pyongyang memutus semua jalur komunikasi dengan Korea Selatan, termasuk hotline antara para pemimpin kedua negara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.