Sukses

Misteri Hilangnya Madeleine McCann 13 Tahun Lalu, Tersangka Baru Muncul

Misteri kasus Madeleine McCann, gadis Inggris yang hilang 13 tahun lalu, kembali menjadi sorotan setelah seorang napi di Jerman diduga terlibat atas nasib korban.

Liputan6.com, Kiel - Misteri kasus Madeleine McCann, gadis dari Inggris yang dinyatakan hilang 13 tahun lalu, kembali menjadi sorotan di Eropa setelah seorang narapidana pria di Jerman diduga terlibat atas nasib korban.

Media Jerman menamainya Christian B (43) dan disebut memiliki rekam jejak kriminal. Nama keluarga tersangka, 'B', tidak diungkapkan karena alasan privasi.

Dia diyakini berada di daerah di mana Madeleine (3), menghilang saat berlibur di Portugal pada 2007 --menjadikannya salah satu kasus bocah hilang yang paling disorot di Eropa.

Tersangka saat ini menjalani hukuman penjara di Kiel, Schleswig-Holstein, Jerman karena berurusan narkoba, yang telah diekstradisi dari Portugal pada Juli 2017.

Namun kini, pria tersebut sedang diperiksa dengan tuduhan baru perihal hilangnya McCann --yang juga diduga berkaitan dengan riwayat hukumannya beberapa tahun lalu, demikian seperti dikutip dari BBC, Sabtu (6/6/2020).

Pada Desember 2019, Christian B pernah dijatuhi hukuman tujuh tahun oleh pengadilan di Braunschweig karena memperkosa seorang wanita Amerika Serikat berusia 72 tahun di Portugal pada 2005.

Kejadian itu terjadi di Praia da Luz, hanya satu setengah tahun sebelum Madeleine menghilang di resor yang sama pada 2007.

Christian B diduga mengikat wanita itu dan menyekapnya, memperkosanya di kamarnya, dan memaksanya untuk menyerahkan uang tunai.

Namun, hukuman pemerkosaan saat ini sedang ditinjau di pengadilan Jerman, menurut laporan media lokal N-TV, yang menambahkan adanya persoalan hukum baru atas teknis proses ekstradisi Christian B dari Portugal ke Kiel, Jerman pada Juli 2017.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dugaan Keterlibatan Christian B dengan Hilangnya McCann

Polisi Jerman mengatakan tersangka tinggal di daerah liburan Algarve Portugal antara 1995 dan 2007, melakukan pekerjaan sambilan, termasuk sebagai pelayan, tetapi juga mencuri kamar hotel dan flat liburan.

Sebuah sumber peradilan senior di Portugal mengatakan kepada BBC bahwa penyelidikan polisi bersama terhadap Christian B dimulai setelah ada informasi di Jerman pada tahun 2017.

Sumber itu mengatakan bahwa para penyelidik Jerman memberi tahu rekan-rekan Portugis mereka dan para pejabat Inggris bahwa mereka menerima petunjuk dari seorang teman Christian B, setelah tersangka membuat "komentar yang mengganggu" di sebuah bar di Jerman, ketika mereka menonton liputan berita TV tentang peringatan 10 tahun hilangnya Madeleine.

Sejak saat itu, pejabat itu mengatakan bahwa polisi Portugal telah melakukan penyelidikan dari rumah ke rumah serta berbicara kepada mereka yang mengenalnya antara tahun 1996 dan 2007.

Madeleine hilang tak lama sebelum ulang tahunnya yang keempat dari sebuah apartemen di Praia da Luz pada malam 3 Mei 2007 sementara orang tuanya bersama teman-teman di bar tapas terdekat.

 

3 dari 3 halaman

Dugaan Keterlibatan Christian B dengan Hilangnya Gadis Jerman Lainnya

Media Jerman mengatakan, Christian B juga telah diselidiki atas hilangnya seorang gadis Jerman berusia lima tahun --yang hanya diketahui bernama Inga. Dia hilang dari pesta keluarga di Saxony-Anhalt pada 2 Mei 2015 dan tidak pernah ditemukan.

Menurut catatan resmi Jerman, Christian B memiliki 17 hukuman sebelumnya, termasuk untuk pencurian, pemalsuan, penjualan obat terlarang, pelanggaran senjata api, pemerkosaan, dan pelecehan seksual terhadap anak-anak, kata penyiar publik WDR.

Dilahirkan di Bavaria pada 1977, ia dibesarkan di panti asuhan.

Pada 1994, WDR melaporkan, sebuah pengadilan di Würzburg memberinya hukuman penjara dua tahun yang ditangguhkan karena melakukan pelecehan seksual terhadap seorang anak. Christian B berusia 17 tahun saat itu.

Tetapi pada 1995 ia pindah ke Portugal bersama pacarnya dan mulai melakukan pekerjaan sampingan di pantai selatan. Mereka pindah ke sebuah rumah bersama di tepi Praia da Luz.

Pada saat Madeleine menghilang, polisi meyakini bahwa tersangka tinggal di sebuah van kemping karavan VW Westfalia putih dengan tepi kuning. Polisi mencari saksi yang ingat melihat van itu.

Jaksa penuntut Jerman menggambarkan tersangka sebagai "predator seksual yang telah dihukum karena kejahatan terhadap gadis kecil" dan "menjalani hukuman panjang".

Polisi telah merilis foto dua kendaraan --karavan kemping VW dan mobil Jaguar-- yang diyakini terkait dengan pria itu, serta sebuah rumah di Portugal.

Sehari setelah Madeleine menghilang, tersangka memindahkan Jaguar ke nama orang lain.

Christian B menerima panggilan telepon di Praia da Luz pada 19.32, yang berakhir pada 20:02. Madeleine diyakini telah menghilang antara pukul 21.10 dan 22.00 malam itu.

Polisi telah merilis perincian nomor telepon tersangka (+351 912 730 680) dan nomor yang memanggilnya (+351 916 510 683), dan mengatakan informasi apa pun tentang nomor-nomor ini bisa "kritis".

Polisi juga telah merilis foto-foto rumah yang diduga terkait dengan tersangka.Itu tetap penyelidikan "orang hilang" di Inggris karena polisi tidak memiliki "bukti definitif" mengenai apakah Madeleine masih hidup atau tidak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.