Sukses

WHO: Masyarakat Harus Pakai Masker di Tempat Umum

WHO telah mengubah sarannya tentang masker wajah, dengan mengatakan mereka harus dipakai di depan umum untuk membantu menghentikan penyebaran virus corona.

Liputan6.com, Jenewa - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengubah sarannya tentang masker wajah, dengan mengatakan mereka harus dipakai di depan umum untuk membantu menghentikan penyebaran virus corona.

Badan kesehatan global itu mengatakan informasi baru menunjukkan bahwa mereka dapat memberikan "penghalang bagi tetesan/droplet yang berpotensi menular," demikian seperti dikutip dari BBC, Sabtu (6/6/2020).

Beberapa negara di dunia sudah merekomendasikan atau mengamanatkan pemakaian penutup wajah di tempat umum.

WHO sebelumnya berpendapat tidak ada cukup bukti untuk mengatakan bahwa orang sehat harus memakai masker.

Dr Maria Van Kerkhove, pakar utama teknis WHO untuk COVID-19, mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa rekomendasi terdahulu adalah agar orang-orang untuk mengenakan "masker kain - yaitu masker non-medis" di daerah-daerah di mana ada risiko penularan penyakit.

Organisasi juga sebelumnya menyarankan bahwa masker wajah medis harus dipakai oleh orang yang sakit dan mereka yang merawatnya.

Namun kini, organisasi itu mengatakan pedoman baru telah diminta oleh studi selama beberapa minggu terakhir. "Kami menyarankan pemerintah untuk mendorong agar masyarakat umum memakai masker," kata Dr.

Pada saat yang sama, WHO menekankan bahwa masker wajah hanyalah salah satu dari serangkaian alat yang dapat digunakan untuk mengurangi risiko penularan virus corona  --dan bahwa mereka tidak boleh memberi orang rasa perlindungan yang salah (false sense of security).

"Masker sendiri tidak akan melindungi Anda dari Covid-19," kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masker vs Face Shield, Mana Lebih Melindungi dari COVID-19?

Penggunaan pelindung wajah seperti masker dan face shield kini marak digunakan sejumlah orang untuk melindungi diri dari COVID-19. Namun, sebenarnya mana yang lebih efektif melindungi?

Dilansir dari StraitsTimes, Menteri Kesehatan Singapura Gan Kim Yong mengatakan pada 1 Juni lalu, gugus tugas memerangi wabah Covid-19 telah memutuskan bahwa pelindung wajah tidak seefektif masker dalam mengurangi risiko penularan virus.

Baca selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.