Sukses

Indonesia Bersama 4 Negara Sambut Baik Gencatan Senjata Afghanistan dan Taliban

Pemerintah Afghanistan mengumumkan gencatan senjata dengan Taliban selama perayaan Idul Fitri.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Afghanistan mengumumkan gencatan senjata dengan Taliban selama perayaan Idul Fitri. Indonesia bersama empat negara lainnya, yakni Jerman, Norwegia, Uzbekistan, dan Qatar pun menyambut baik keputusan itu.

"Kami berharap Idul Fitri membawa sukacita dan keberkahan bagi seluruh rakyat Afghanistan," ungkap pernyataan bersama menlu kelima negara tersebut seperti disampaikan dalam keterangan tertulis Kemlu RI, Senin (25/5/2020).

Gencatan senjata ini dinilai merupakan langkah positif ke depan yang memberikan secercah harapan. Para menlu kelima negara menyebut rakyat Afghanistan berhak atas penghentian kekerasan dan perdamaian yang bermartabat serta stabilitas.

"Kami mendorong para pihak untuk mengambil langkah-langkah lebih lanjut pada hari-hari dan minggu-minggu ke depan untuk segera memulai negosiasi intra-Afghanistan untuk mencapai penyelesaian damai yang berkesinambungan guna mengakhiri konflik di Afghanistan," tulis pernyataan tersebut.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukung Proses Perdamaian

Sejalan dengan seruan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengenai gencatan senjata global di tengah pandemi COVID-19, kelima negara mengimbau pengurangan kekerasan secara permanen dan komprehensif untuk memberikan rasa aman kepada rakyat Afghanistan, seperti dilansir Antara.

Dalam kaitan ini, para menlu juga mendorong pengambilan langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi kelompok dan individu yang rentan, termasuk para tahanan dari pandemi.

Kelima negara sepakat untuk bekerjasama mendukung proses perdamaian yang inklusif di Afghanistan dan siap membantu proses tersebut melalui cara apapun sesuai aspirasi para pihak.

"Kami menggunakan kesempatan ini untuk menyampaikan penghargaan atas upaya besar semua pihak terkait selama ini, temasuk Qatar dan Amerika Serikat, dalam mendukung proses perdamaian di Afghanistan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.