Sukses

The Simpsons hingga SpongeBob, Ini Alasan Banyak Karakter Kartun Berwarna Kuning

Kuning telah menjadi pilihan favorit animator sejak kartun pertama kali diwarnai, dan mereka tidak hanya memilih warna karena terlihat cantik, namun juga karena alasan lain.

Liputan6.com, Jakarta - Baik kartun The Simpsons, Pokemon, Adventure Time atau SpongeBob SquarePants memiliki satu warna yang paling menonjol. Warna itu adalah kuning.

Kuning telah menjadi pilihan favorit animator sejak kartun pertama kali diwarnai, dan mereka tidak hanya memilih warna karena terlihat cantik, namun juga karena alasan lain, seperti dikutip dari laman Mentalfloss.com, Rabu (13/5/2020).

Kombinasi teori seni dan psikologi membantu menjelaskan naiknya warna kuning menjadi terkenal.

Seperti yang dilaporkan Sploid, dan ChannelFrederator menjabarkan skema warna karakter kartun biasanya dipilih untuk melengkapi latar belakang mereka.

Di SpongeBob SquarePants, misalnya, pengaturan yang paling umum adalah latar belakang biru laut yang luas.

Menurut skala warna RGB yang digunakan di layar televisi, biru kontras langsung dengan kuning, sehingga kuning cerah adalah pilihan yang paling menarik secara visual untuk karakter judul pertunjukan.

Teori warna sedikit ini juga berlaku untuk pertunjukan di darat, di mana banyak aksi berlangsung melawan langit biru.

Pelengkap warna hanyalah salah satu bagian dari tren karakter kuning; warna kuning juga mengandung banyak konotasi yang signifikan.

Itu sering dikaitkan dengan perasaan kebahagiaan, kegembiraan, dan kehangatan atau karekter dengan ciri-ciri yang kita lihat di banyak protagonis film kartun.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kualitas Kuning Lebih Mencolok

Menggunakan warna kuning juga merupakan cara yang efektif untuk menarik perhatian seseorang.

Itulah alasan mengapa pencipta The Simpsons memilih warna kuning alih-alih warna kulit yang lebih alami untuk karakter mereka.

Mereka mengira warna itu akan langsung dikenali oleh penonton yang membolak-balik saluran. Kualitas warna kuning yang mencolok juga menjelaskan prevalensinya di iklan restoran.

Anda dapat mempelajari kisah lengkap di balik fenomena penuh warna ini dalam video di bawah ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.