Sukses

Lockdown Corona COVID-19 Kian Longgar, WHO Minta Kewaspadaan Ditingkatkan

WHO merespons keputusan banyak negara yang mulai melonggarkan aturan lockdown akibat Virus Corona COVID-19.

Liputan6.com, Jenewa - Organisasi Kesehatan Dunia memuji berkurangnya tingkat infeksi COVID-19 dan kematian di beberapa negara, tetapi meminta negara-negara tersebut untuk menunjukkan "kewaspadaan ekstrem" ketika mereka mulai melonggarkan aturan pembatasan.

Mayoritas negara-negara di Eropa telah memulai proses panjang pembukaan kembali dari penguncian Virus Corona baru pada hari Senin, dengan para pejabat di negara-negara seperti Prancis dan Spanyol memberanikan diri setelah melihat adanya penurunan tingkat kematian. Demikian seperti dikutip dari Channel News Asia, Selasa (12/5/2020). 

"Kabar baiknya adalah bahwa ada banyak keberhasilan dalam memperlambat virus dan pada akhirnya bisa menyelamatkan nyawa," ujar direktur jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus pada briefing virtual.

Sementara itu, Kepala Bagian Kedaruratan WHO Michael Ryan memuji pencabutan penutupan secara bertahap sebagai tanda harapan. Tetapi dia mengingatkan bahwa "kewaspadaan ekstrem diperlukan."

Lebih dari 280.000 orang telah meninggal karena lebih dari empat juta infeksi COVID-19 yang dilaporkan di seluruh dunia.

Dan sementara langkah-langkah drastis yang diterapkan oleh banyak negara telah memungkinkan mereka untuk mendapatkan penanganan tentatif terhadap virus, ada kekhawatiran luas bahwa mungkin ada gelombang baru penularan intens.

Ryan mendesak negara-negara untuk meningkatkan respons kesehatan publik mereka, memastikan mereka dapat mengidentifikasi kasus baru, dan melacak serta mengisolasi semua kontak, yang katanya dapat membantu menghindari gelombang kedua utama.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Banyak Negara Masih Berisiko

Kepala Bagian Kedaruratan WHO Michael Ryan juga memperingatkan bahwa sementara "banyak negara telah melakukan investasi yang sangat sistematis dalam membangun kapasitas kesehatan publik mereka selama penguncian, yang lain tidak."

"Jika penyakit tetap ada di negara-negara pada tingkat rendah tanpa kapasitas untuk menyelidiki, mengidentifikasi klaster, selalu ada risiko bahwa penyakit ini akan lepas landas lagi," katanya.

Tanpa menyebutkan negara mana yang dimaksud, Ryan menyatakan bahwa beberapa negara memilih untuk melewati kasus ini begitu saja. Hal ini dapat dilihat karena negara tersebut tidak secara dramatis meningkatkan kapasitas mereka untuk menguji dan melacak kasus, sementara mereka memiliki kesempatan.

WHO memperingatkan terhadap gagasan di beberapa negara bahwa bahkan jika mereka tidak mengambil tindakan yang diperlukan untuk menghentikan penyebaran virus, populasi mereka akan dengan cepat membangun apa yang disebut "kekebalan kawanan".

"Studi serologis awal mencerminkan bahwa persentase yang relatif rendah dari populasi memiliki antibodi terhadap COVID-19," kata Tedros, menunjukkan bahwa berarti "sebagian besar populasi masih rentan terhadap virus".

Lebih dari 90 penelitian serologis, yang mengungkapkan adanya antibodi dalam darah untuk menentukan apakah seseorang memiliki infeksi masa lalu, sedang dilakukan di beberapa negara.

Pimpinan teknis COVID-19 WHO, Maria Van Kerkhove mengatakan bahwa sementara badan PBB belum dapat mengevaluasi secara kritis studi-studi tersebut, data awal yang dikeluarkan menunjukkan bahwa antara satu dan 10 persen orang memiliki antibodi.

"Tampaknya ada pola yang konsisten sejauh ini sehingga sebagian kecil orang memiliki antibodi ini," katanya.

Ryan setuju, mengatakan hasil awal membantah anggapan umum bahwa sebagian besar kasus virus itu ringan dan tidak terdeteksi.

Hasil awal "menunjukkan sebaliknya ... bahwa proporsi orang dengan penyakit klinis yang signifikan sebenarnya adalah proporsi yang lebih tinggi" daripada yang diperkirakan sebelumnya, katanya, menekankan bahwa "ini adalah penyakit serius".

"Gagasan ini bahwa mungkin negara-negara yang memiliki langkah-langkah tidak ketat ... akan tiba-tiba secara ajaib mencapai kekebalan kelompok, dan jadi bagaimana jika kita kehilangan beberapa orang tua ke depannya ... adalah perhitungan yang sangat berbahaya, perhitungan yang berbahaya," katanya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini