Sukses

Ahli Saraf Dunia Temukan Gejala Lain pada Pasien Meninggal Corona COVID-19

Walaupun demam, batuk, dan sulit bernapas adalah ciri khas infeksi Virus Corona COVID-19, beberapa pasien menunjukkan perubahan status mental, atau ensefalopati.

Liputan6.com, Jakarta - Ahli saraf di seluruh dunia menemukan sebagian kecil pasien meninggal yang terpapar Corona COVID-19 mengalami gangguan serius pada otak.

Walaupun demam, batuk, dan sulit bernapas adalah ciri khas infeksi Virus Corona baru, meski beberapa pasien menunjukkan perubahan status mental, atau ensefalopati.

Ensefalopati adalah istilah umum untuk penyakit otak atau disfungsi yang dapat memiliki banyak penyebab mendasar, serta kondisi serius lainnya. Sindrom neurologis ini bergabung dengan gejala lain yang tidak biasa, seperti berkurangnya indra penciuman dan rasa serta penyakit jantung, demikian dikutip dari laman New York Times, Kamis (16/4/2020).

Pada awal Maret, seorang pria berusia 74 tahun datang ke ruang gawat darurat di Boca Raton, Florida, dengan batuk dan demam, tetapi sinar-X mengesampingkan pneumonia dan ia dikirim pulang.

Keesokan harinya ketika demamnya melonjak, anggota keluarga membawanya kembali. Dia kehabisan napas, dan tidak bisa memberi tahu dokter apa yang ia alami atau menjelaskan apa yang salah, lalu ia kehilangan kemampuan untuk berbicara.

Pasien, yang menderita penyakit paru-paru kronis dan Parkinson, menggapai-gapai lengan dan kakinya dengan gerakan tersentak-sentak, dan tampaknya mengalami kejang.

Dokter mencurigai dia menderita Corona COVID-19, dan akhirnya terbukti benar ketika dia akhirnya diuji.

Pada Selasa lalu, sejumlah dokter di Detroit melaporkan kasus lain yang melibatkan seorang pekerja maskapai berjenis kelamin wanita di usia akhir 50-an dengan Positif Corona COVID-19.

Dia bingung, lantaran mengeluh sakit kepala; dia bisa memberi tahu dokter namanya tetapi tidak banyak, dan menjadi kurang responsif dari waktu ke waktu.

Pemindaian otak menunjukkan pembengkakan dan peradangan yang tidak normal di beberapa daerah, dengan area yang lebih kecil di mana beberapa sel telah mati.

Saksikan video pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ciri-Ciri Pasien

Dokter mendiagnosis kondisi berbahaya yang disebut ensefalopati nekrotikans akut, komplikasi influenza yang jarang, dan infeksi virus lainnya.

"Ini mungkin mengindikasikan virus dapat menyerang otak secara langsung dalam keadaan langka," kata Dr. Elissa Fory, ahli saraf dari Henry Ford Health System.

Laporan dalam negeri ini mengikuti pengamatan serupa oleh dokter di Italia dan bagian lain dunia, tentang pasien Corona COVID-19 yang mengalami stroke, kejang, gejala seperti ensefalitis dan pembekuan darah, serta kesemutan atau mati rasa di ekstremitas, yang disebut acroparesthesia.

Dalam beberapa kasus, pasien mengigau bahkan sebelum mengalami demam atau penyakit pernapasan, menurut Dr. Alessandro Padovani dari rumah sakit University of Brescia .

Para pasien yang datang dengan ensefalopati terlihat bingung, lesu dan mungkin tampak bingung.

Mereka mungkin mengalami kejang yang memerlukan perawatan medis segera, dan para ahli memperingatkan penyedia layanan kesehatan yang merawat pasien tersebut untuk mengetahui bahwa mereka mungkin memiliki Corona COVID-19 dan mengambil tindakan pencegahan untuk melindungi diri mereka dari infeksi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.