Sukses

Beijing Mulai Perketat Publikasi Studi Ilmiah Tentang Virus Corona COVID-19

Di bawah kebijakan baru, semua makalah akademik tentang Virus Corona COVOD-19 akan dipemeriksa terlebih dahulu sebelum dikirim untuk publikasi.

Liputan6.com, Beijing - Otoritas China diduga telah melakukan pembatasan pada publikasi penelitian akademis tentang asal usul Virus Corona jenis baru atau COVID-19. Di bawah kebijakan baru, semua makalah akademik tentang COViD-19 akan dipemeriksa terlebih dahulu sebelum dikirim untuk publikasi.

Dikutip dari laman CNN, Senin (13/4/2020), studi tentang asal-usul virus disebut-sebut akan mendapat pengawasan ekstra dan harus disetujui oleh pejabat pemerintah pusat, menurut posting yang diterbitkan oleh dua universitas di China -- kini telah dihapus.

Seorang ahli medis di Hong Kong yang bekerja sama dengan para peneliti China mempublikasikan analisis klinis kasus COVID-19 dalam sebuah jurnal medis internasional.

Ia mengatakan bahwa karyanya tidak menjalani pemeriksaan seperti itu pada Februari lalu.

Peningkatan pengawasan tampaknya menjadi upaya terbaru pemerintah China untuk mengendalikan narasi tentang asal-usul pandemi Virus Corona COVID-19 yang telah menewaskan lebih dari 100.000 jiwa dan menginfeksi lebih dari 1,7 juta orang di seluruh dunia sejak pertama kali muncul di kota Wuhan di China pada Desember 2019.

Sejak akhir Januari, para peneliti China telah menerbitkan serangkaian studi COVID-19 di jurnal medis internasional yang berpengaruh.

Beberapa temuan tentang kasus-kasus Virus Corona, seperti proses transisi manusia ke manusia pertama kali muncul telah menimbulkan pertanyaan mengenai akun resmi pemerintah tentang wabah dan memicu kontroversi di media sosial Tiongkok.

Dan sekarang, otoritas China tampaknya memperketat cengkeraman mereka pada publikasi penelitian apapun itu artikel dan studi tentang Virus Corona COVID-19.

Seorang peneliti Tiongkok yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan langkah itu merupakan langkah yang mengkhawatirkan. Kemungkinan akan menghambat penelitian ilmiah yang sangat penting.

"Saya pikir ini adalah upaya terkoordinasi dari (pemerintah) China untuk mengendalikan narasi, dan menggambarkannya seolah-olah wabah itu tidak berasal di China," kata peneliti itu kepada CNN.

"Dan kurasa mereka tidak akan menolerir studi objektif apa pun untuk menyelidiki asal mula penyakit ini."

Kantor berita CNN juga menyebutkan bahwa pihaknya telah menghubungi Kementerian Luar Negeri China untuk memberikan komentar.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peningkatan Pengawasan

Menurut arahan yang dikeluarkan oleh departemen ilmu pengetahuan dan teknologi Departemen Pendidikan, "makalah akademik tentang melacak asal virus harus dikelola dengan ketat dan bahkan sangat ketat."

Arahan menjabarkan lapisan persetujuan untuk makalah ini, dimulai dengan komite akademik di universitas. Mereka kemudian diminta untuk mengirimnya ke departemen ilmu pengetahuan dan teknologi Departemen Pendidikan, yang kemudian meneruskan makalah ke gugus tugas di bawah Dewan Negara untuk pemeriksaan.

Setelah universitas mendengar kabar dari gugus tugas tersebut, dokumen-dokumen tersebut dapat diserahkan ke jurnal.

Makalah lain tentang COVID-19 akan diperiksa oleh komite akademik universitas, berdasarkan kondisi seperti "nilai akademis" dari penelitian ini, dan apakah "waktu untuk penerbitan" benar.

Arahan ini didasarkan pada instruksi yang dikeluarkan selama pertemuan 25 Maret yang diadakan oleh gugus tugas Dewan Negara pada pencegahan dan kontrol COVID-19.

Dokumen itu pertama kali diposting Jumat pagi di situs web Universitas Fudan di Shanghai -- salah satu universitas terkemuka di China.

Ketika CNN mencoba mengubungi nomor kontak yang ada, seorang anggota staf departemen ilmu pengetahuan dan teknologi kementerian Pendidikan mengonfirmasi bahwa mereka telah mengeluarkan arahan.

"Itu tidak seharusnya dipublikasikan. Ini adalah dokumen internal," kata orang yang menolak menyebutkan namanya.

Beberapa jam kemudian, halaman Universitas Fudan diturunkan. China University of Geoscience di Wuhan juga memposting pemberitahuan serupa tentang pemeriksaan ekstra pada studi COVID-19 di situs webnya.

Halaman itu telah dihapus, tetapi versi yang di-cache tetap dapat diakses. Peneliti China yang berbicara dengan CNN mengatakan, pemberitahuan itu dikeluarkan beberapa hari yang lalu, menambahkan bahwa hanya penelitian COVID-19 yang dikenakan pemeriksaan tambahan.

3 dari 4 halaman

Tak Ada Pemeriksaan pada Februari 2020

David Hui Shu-cheong, seorang ahli pengobatan pernapasan di Chinese University of Hong Kong, mengatakan dia tidak menemui pemeriksaan tambahan ketika dia dan tim peneliti China daratan menerbitkan analisis klinis kasus COVID-19 dalam New England Journal of Kedokteran pada Februari 2020.

"Prosesnya sangat sederhana," katanya kepada CNN melalui telepon.

Hui mengatakan bahwa dia masih merevisi draft makalah sampai jam tiga pagi pada hari pengiriman, dan kertas dikirim ke NEJM pada tengah hari.

"Sama sekali tidak ada batasan," katanya.

"Saya tidak tahu apakah itu karena beberapa peneliti menerbitkan sesuatu yang dianggap sensitif di dalam negeri di China. (Saya) tidak yakin apakah itu karena kontroversi tentang asal usul virus itu nantinya dan hal-hal yang tidak sensitif menjadi sensitif juga."

 

4 dari 4 halaman

Asal Usul Virus Corona

Pada akhir Desember, Wuhan melaporkan kasus pertama Corona COVID-19 yang dihubungkan oleh pihak berwenang pada pasar makanan laut di kota itu.

Para ilmuwan di China dan Barat mengatakan virus itu kemungkinan berasal dari kelelawar dan melompat ke manusia dari inang perantaranya -- sama seperti virus sejenis yang menyebabkan epidemi SARS pada 2002 dan 2003.

Namun, sebagian media sosial China dan bahkan pemerintah negara itu tampaknya telah meluncurkan kampanye bersama untuk mempertanyakan asal-usul virus.

Pejabat China dan media pemerintah berulang kali menekankan bahwa belum ada kesimpulan tentang asal mula virus itu.

Bulan lalu, Zhao Lijian, juru bicara Kementerian Luar Negeri China, mempromosikan konspirasi di Twitter bahwa virus itu berasal dari Amerika Serikat dan dibawa ke China oleh militer AS.

Wang Lan, direktur editorial Chinese Journal of Epidemiology, mengatakan semua makalah tentang COVID-19 harus melalui proses persetujuan untuk "topik utama" setelah diserahkan ke jurnalnya.

"Selalu begitu," katanya kepada CNN.

"Mereka harus disetujui oleh tiga level organisasi. Ini proses yang panjang."

Peneliti China yang meminta anonimitas mengatakan di bawah pembatasan baru, bagaimanapun, penelitian tentan Virus Corona yang bertentangan dengan narasi resmi dapat ditekan oleh Beijing.

"Saya pikir yang penting adalah komunitas ilmiah internasional harus menyadari bahwa jurnal atau manuskrip apa pun dari lembaga penelitian China telah diperiksa ulang oleh pemerintah," kata peneliti.

"Penting bagi mereka untuk mengetahui ada langkah-langkah tambahan antara penelitian ilmiah independen dan publikasi akhir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.