Sukses

Bukan Virus Corona, Flu Spanyol Merupakan Pandemi Paling Mematikan dalam Sejarah

Adalah flu Spanyol, pandemi pada 1918 yang dianggap paling mematikan dalam sejarah dunia. Bukan Virus Corona.

Liputan6.com, Jakarta - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengategorikan Virus Corona COVID-19 sebagai pandemi. Namun, Virus Corona bukan lah pandemi yang paling mematikan di dunia.

Adalah flu Spanyol, pandemi pada 1918 yang dianggap paling mematikan dalam sejarah dunia. Jenis influenza ini menyebar dengan cepat dan membunuh tanpa pandang bulu.

Orang-orang muda, tua, sakit, dan sehat semuanya terinfeksi, dan sekitar 10% dari total pasien, meninggal dunia.

Perkiraan bervariasi pada jumlah pasti kematian yang disebabkan penyakit ini, tetapi diperkirakan telah menginfeksi sepertiga populasi dunia dan menewaskan sedikitnya 50 juta orang, menjadikannya pandemi paling mematikan dalam sejarah modern. Meskipun pada saat itu mendapat julukan "flu Spanyol," tidak mungkin virus itu berasal dari Spanyol.

Apa yang menyebabkan flu Spanyol?

Dilansir Live Science, Jumat (13/3/2020), wabah dimulai pada 1918, selama bulan-bulan terakhir Perang Dunia I, dan sejarawan sekarang percaya bahwa konflik tersebut mungkin sebagian bertanggung jawab untuk menyebarkan virus. Di Front Barat, tentara yang hidup dalam kondisi sempit, kotor, dan lembab menjadi sakit.

Ini adalah akibat langsung dari melemahnya sistem kekebalan tubuh dari kekurangan gizi. Penyakit mereka, yang dikenal sebagai "la grippe," menular, dan menyebar di antara barisan. Dalam waktu sekitar tiga hari menjadi sakit, banyak prajurit akan mulai merasa lebih baik, tetapi tidak semua berhasil sembuh.

Selama musim panas 1918, ketika pasukan mulai pulang dengan cuti, mereka membawa serta virus yang tidak terdeteksi yang membuat mereka sakit. Virus itu menyebar ke seluruh kota dan desa di negara asal para prajurit. Banyak dari mereka yang terinfeksi, baik prajurit maupun warga sipil, tidak pulih dengan cepat. Virus ini paling sulit menyerang dewasa muda antara usia 20 dan 30 tahun yang sebelumnya sehat.

Pada 2014, sebuah teori baru tentang asal-usul virus itu pertama kali muncul di China, National Geographic melaporkan. Catatan-catatan yang sebelumnya belum ditemukan mengaitkan flu dengan pengangkutan pekerja Tiongkok, Korps Buruh Tiongkok, di Kanada pada 1917 dan 1918.

Para pekerja itu kebanyakan adalah pekerja pertanian dari daerah-daerah terpencil di pedesaan China, menurut buku Mark Humphries "The Last Plague" (University of Toronto Press, 2013). Mereka menghabiskan enam hari dalam wadah tertutup rapat saat mereka diangkut di seluruh negeri sebelum melanjutkan ke Prancis.

Di sana, mereka diminta menggali parit, membongkar kereta, meletakkan rel, membangun jalan, dan memperbaiki tank yang rusak. Secara keseluruhan, lebih dari 90.000 pekerja dimobilisasi ke Front Barat.

Humphries menjelaskan, dalam satu penghitungan 25.000 pekerja Tiongkok pada 1918, sekitar 3.000 mengakhiri perjalanan Kanada mereka dalam karantina medis. Pada saat itu, karena stereotip rasial, penyakit mereka disalahkan pada "kemalasan China" dan dokter Kanada tidak menganggap serius gejala flu pekerja. Pada saat para pekerja tiba di Prancis utara pada awal 1918, banyak yang sakit, dan ratusan lainnya sekarat.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengapa Disebut Flu Spanyol dan Apa Gejalanya?

Spanyol adalah salah satu negara paling awal di mana epidemi diidentifikasi, tetapi para sejarawan percaya ini kemungkinan merupakan hasil dari sensor masa perang. Spanyol adalah negara netral selama perang dan tidak memberlakukan sensor ketat terhadap persnya, yang karenanya dapat dengan bebas menerbitkan laporan awal penyakit tersebut. Akibatnya, orang-orang salah percaya bahwa penyakit itu khusus untuk Spanyol, dan nama "flu Spanyol" terlanjur tersebar.

Bahkan di akhir musim semi 1918, sebuah kantor berita Spanyol mengirim berita ke kantor berita Reuters di London yang memberi tahu bahwa "wabah penyakit yang aneh dari karakter epidemi telah muncul di Madrid. Epidemi itu sifatnya ringan, tidak ada kematian yang dilaporkan," "menurut buku Henry Davies" The Spanish Flu, "(Henry Holt & Co., 2000). Dalam dua minggu setelah laporan, lebih dari 100.000 orang telah terinfeksi flu.

Penyakit itu menimpa Raja Spanyol, Alfonso XIII, bersama dengan para politisi terkemuka. Antara 30% dan 40% orang yang bekerja atau tinggal di daerah terbatas, seperti sekolah, barak dan gedung pemerintah, terinfeksi. Layanan pada sistem trem Madrid harus dikurangi, dan layanan telegraf terganggu, dalam kedua kasus karena tidak ada cukup karyawan sehat yang tersedia untuk bekerja. Persediaan dan layanan medis tidak dapat memenuhi permintaan.

Istilah "Spanyol influenza" dengan cepat jadi istilah di Inggris. Menurut buku Niall Johnson "Inggris dan Pandemi Influenza 1918-19" (Routledge, 2006), pers Inggris menyalahkan epidemi flu di Spanyol pada cuaca Spanyol: "... musim semi Spanyol yang kering dan berangin adalah musim yang tidak menyenangkan dan tidak sehat," tulis artikel di The Times.

Disebutkan, debu yang mengandung mikroba disebarkan angin kencang di Spanyol, yang berarti bahwa iklim basah Inggris mungkin menghentikan flu menyebar di sana.

Apa saja gejala flunya?

Gejala awal penyakit ini termasuk sakit kepala dan kelelahan, diikuti batuk kering; kehilangan nafsu makan; masalah perut; dan kemudian, pada hari kedua, berkeringat berlebihan. Selanjutnya, penyakit tersebut dapat memengaruhi organ pernapasan, dan pneumonia dapat berkembang.

Humphries menjelaskan, pneumonia, atau komplikasi pernafasan lainnya yang disebabkan oleh flu, sering menjadi penyebab utama kematian. Ini menjelaskan mengapa sulit untuk menentukan jumlah pasti yang dibunuh oleh flu, karena penyebab kematian yang terdaftar seringkali adalah sesuatu selain flu.

Pada musim panas 1918, virus itu dengan cepat menyebar ke negara-negara lain di daratan Eropa. Wina dan Budapest, Hongaria, menderita, dan sebagian Jerman dan Prancis juga terkena dampak yang sama. Banyak anak-anak di sekolah-sekolah Berlin dilaporkan sakit dan absen dari sekolah, dan ketidakhadiran di pabrik persenjataan mengurangi produksi.

Pada 25 Juni 1918, epidemi flu di Spanyol telah mencapai Inggris. Pada Juli, epidemi itu menghantam perdagangan tekstil London dengan keras, dengan satu pabrik yang memiliki 80 dari 400 pekerja pulang sakit dalam satu malam saja, menurut "Pandemi Influenza Spanyol tahun 1918-1919: Perspektif Baru" (Routledge, 2003) . Di London, laporan tentang pekerja pemerintah tidak hadir karena kisaran flu dari 25% hingga 50% dari tenaga kerja.

Epidemi telah dengan cepat menjadi pandemi, membuat sebaran di seluruh dunia. Pada Agustus 1918, enam pelaut Kanada tewas di Sungai St. Lawrence. Pada bulan yang sama, kasus-kasus dilaporkan di antara tentara Swedia, kemudian pada populasi sipil negara itu dan juga di antara populasi pekerja Afrika Selatan. Pada September, flu telah mencapai A.S. melalui pelabuhan Boston.

 

3 dari 3 halaman

Berapa Banyak yang Meninggal?

Pada musim semi 1919, jumlah kematian akibat flu Spanyol menurun. Negara-negara dibiarkan hancur setelah wabah, karena para profesional medis tidak mampu menghentikan penyebaran penyakit. Pandemi menggemakan apa yang terjadi 500 tahun sebelumnya, ketika Kematian Hitam mendatangkan kekacauan di seluruh dunia.

Buku Nancy Bristow "American Pandemic: The Lost Worlds of the Influenza Epidemic 1918" (Oxford University Press, 2016) menjelaskan, virus tersebut menyerang sebanyak 500 juta orang di seluruh dunia. Pada saat itu, ini mewakili sepertiga dari populasi global. Sebanyak 50 juta orang meninggal karena virus, meskipun angka sebenarnya dianggap lebih tinggi.

Bristow memperkirakan bahwa virus tersebut menginfeksi sebanyak 25% dari populasi A.S., dan di antara anggota Angkatan Laut A.S., jumlah ini mencapai 40%, kemungkinan karena kondisi melayani di laut. Flu telah membunuh 200.000 orang Amerika pada akhir Oktober 1918, dan Bristow mengklaim bahwa pandemi itu menewaskan lebih dari 675.000 orang Amerika secara total. Dampaknya pada populasi sangat parah sehingga pada tahun 1918, harapan hidup Amerika berkurang 12 tahun.

Mayat menumpuk sedemikian rupa sehingga kuburan kewalahan dan keluarga harus menggali kuburan untuk kerabat mereka. Kematian itu menciptakan kekurangan pekerja pertanian, yang memengaruhi panen akhir musim panas. Seperti di Inggris, kurangnya staf dan sumber daya membuat layanan lain, seperti pengumpulan sampah, di bawah tekanan.

Pandemi menyebar ke Asia, Afrika, Amerika Selatan, dan Pasifik Selatan. Di India, angka kematian mencapai 50 kematian per 1.000 orang - angka yang mengejutkan.

Flu Spanyol tetap menjadi pandemi flu paling mematikan hingga saat ini, setelah membunuh sekitar 1% hingga 3% populasi dunia.

Pandemik flu yang sebanding yang paling baru terjadi pada 2009 hingga 2010, setelah bentuk baru dari strain influenza H1N1 muncul. Penyakit itu dinamai "flu babi" karena virus yang menyebabkannya mirip dengan yang ditemukan pada babi (bukan karena virus berasal dari babi).

Flu babi menyebabkan penyakit pernapasan yang menewaskan sekitar 151.700-575.400 orang di seluruh dunia pada tahun pertama, menurut Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit. Itu sekitar 0,001% hingga 0,007% dari populasi dunia, jadi pandemi ini jauh lebih tidak berdampak dibandingkan pandemi flu Spanyol 1918.

Sekitar 80% dari kematian yang disebabkan flu babi terjadi pada orang yang lebih muda dari 65, yang tidak biasa. Biasanya, 70% hingga 90% kematian yang disebabkan oleh influenza musiman adalah pada orang yang berusia lebih dari 65 tahun.

Vaksin untuk jenis influenza yang menyebabkan flu babi sekarang termasuk dalam vaksin flu tahunan. Orang-orang masih meninggal akibat flu setiap tahun, tetapi jumlahnya jauh lebih rendah, rata-rata, dibandingkan dengan flu babi atau pandemi flu Spanyol. Epidemi tahunan flu musiman mengakibatkan sekitar 3 juta hingga 5 juta kasus penyakit parah dan sekitar 290.000 hingga 650.000 kematian, menurut Organisasi Kesehatan Dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.