Sukses

Upaya Negara-Negara Amerika Selatan Atasi Virus Corona COVID-19

Liputan6.com, Buenos Aires - Sejumlah negara di Amerika Selatan meningkatkan keamanan setelah Virus Corona COVID-19 menyebar secara luas di seluruh dunia.

Dikutip dari laman Channel News Asia, Kamis (12/3/2020) sejumlah langkah yang ambil yaitu melakukan pembatasan pada para pelancong dari negara-negara yang terpapar Virus Corona.

Mereka juga memilih untuk menunda serta membatalkan beberapa acara olahraga. Argentina, Kolombia, dan Peru mengumumkan bahwa para pelancong dari China, Italia, Spanyol, dan Prancis akan diisolasi pada saat kedatangan.

Argentina adalah negara pertama di Amerika Latin yang mendaftarkan kematian terkait Virus Corona Sabtu lalu, dengan Panama mengumumkan yang lain pada hari Selasa.

Hingga saat ini kawasan Amerika Selatan memiliki 150 kasus Virus Corona COVID-19 dan dua orang telah dilaporkan meninggal dunia.

Buenos Aires mengumumkan masa isolasi dua minggu bagi orang-orang yang datang dari China, Italia, Prancis, Jerman, Spanyol, Jepang, Korea Selatan, dan Amerika Serikat.

"Ini bukan sukarela, ini bukan rekomendasi. Jika Anda tidak mematuhi, Anda akan melakukan kesalahan besar yang bisa membahayakan kesehatan masyarakat," ujar Presiden Argentina Alberto Fernandez.

Fernandez mengatakan Argentina sedang mempertimbangkan untuk melarang para pelancong dari Italia masuk ke negarannya.

Kasus pertama Virus Corona COVID-19 muncul di China pada akhir Desember dan dengan cepat menyebar ke seluruh Asia bahhkan dunia.

2 dari 3 halaman

Penundaan Acara Olahraga di Argentina

Otoritas olahraga Argentina mengumumkan penundaan sejumlah acara, termasuk Kejuaraan Renang Amerika Selatan, pertemuan Grand Prix Atletik, Piala Dunia Anggar dan turnamen kualifikasi tinju Olimpiade.

Pembatasan perjalanan pada orang-orang yang datang dari negara-negara yang terkena dampak dapat mempengaruhi tim sepak bola Argentina, yang akan memainkan dua pertandingan kualifikasi pada akhir bulan untuk Piala Dunia 2022 di Qatar.

Secara terpisah, penyelenggara Moto GP Argentina - yang akan berlangsung pada bulan April 2020 telah ditunda hingga November.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: