Sukses

WHO Turun Tangan Ikut Perangi Hoaks Soal Virus Corona

Organisasi Kesehatan Dunia (PBB) ikut memerangi informasi palsu terkait Virus Corona yang berpotensi dapat menyebabkan kehebohan di tengah masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Penyebaran Virus Corona (COVID-19) yang cepat dan mematikan, membuat banyak masyarakat di berbagai negara menjadi panik. Hal ini ditambah dengan banyaknya informasi palsu atau hoaks yang meluas di tengah masyarakat. 

"Salah satu tantangan utama dari wabah ini adalah banyaknya hoaks yang berkembang," kata Dr. N. Paranietharan selaku perwakilan WHO untuk Indonesia. 

Ia menyampaikan bahwa WHO harus berjuang dalam mengatasi informasi palsu yang menyebar luas di tengah masyarakat karena dikhawatirkan menimbulkan kepanikan yang tidak perlu. 

Paranietharan menyebut hal ini sebagai "infodemik", membuat banyak pihak harus ikut memeranginya selain epidemik Virus Corona. 

"Untuk pertama kalinya, kami bekerja sama dengan Google, Twitter dan Facebook untuk berusaha supaya hoaks dan informasi palsu tidak muncul dalam halaman pencarian pertama," tambahnya. 

WHO berusaha agar hanya sumber-sumber terpercayalah yang muncul ketika orang melakukan pencarian informasi soal Virus Corona. 

WHO juga memiliki pasukan tugas tersendiri untuk fokus terhadap masalah ini. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.