Sukses

Virus Corona COVID-19 Kian Menyebar, 5 Negara Timur Tengah Sudah Terpapar

Negara-negara di Timur Tengah ini sudah terpapar Virus Corona. Mulai dari Uni Emirat Arab hingga Iran.

Liputan6.com, Tehran - Virus Corona (COVID-19) yang berasal dari kota Wuhan, China, sudah sampai ke Timur Tengah. Pasien terinfeksi tercatat ada di Iran, Israel, hingga Mesir.

Ada kasus yang terjadi karena ada warga China yang terinfeksi di negara tersebut, ada pula yang baru pulang dari kapal pesiar Diamond Princess, dan yang mengkhawatirkan di Iran yang positif Virus Corona lokal.

"Kasus-kasus yang kita lihat di negara-negara lain di dunia, meski jumlahnya sedikit, tetapi tidak terkait ke Wuhan atau China, hal itu sangat mengkhawatirkan," ujar pemimpin WHO Tedros Adhanom Ghereyesus di Jenewa pada Jumat, 21 Februari 2020.

Berikut negara-negara di Timur Tengah yang sudah tercatat adanya kasus Virus Corona, berdasarkan pantauan peta Gis And Data pada Sabtu siang (22/2/2020).

1. Mesir

Ada satu warga China yang terinfeksi Virus Corona di Mesir. Kasus di Mesir adalah yang pertama kalinya di benua Afrika.

Arab News melaporkan pemerintah Mesir meminta agar orang-orang yang melakukan kontak dengan pasien itu untuk tetap berada di rumah selama dua minggu.

2. Uni Emirat Arab

Kasus di Uni Emirat Arab baru saja melonjak menjadi 11 kasus. Mereka yang terinfeksi ada keluarga dari China, hingga orang asing dari Filipina dan Bangladesh.

Menurut laporan Middle East Monitor, ada 11 pasien di Uni Emirat Arab. UEA sudah melarang rute penerbangan ke China Daratan, kecuali ke Beijing.

3. Iran

Penyebaran Virus Corona di Iran membuat WHO khawatir karena para korbannya tak pernah ke China maupun punya kontak dengan orang China.

Berdasarkan pantauan Gis And Data, ada 18 kasus di Iran dan empat pasien meninggal.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Israel Juga Terpapar Virus COVID-19

4. Israel

Kasus yang terjadi di Israel berasal dari warganya yang berada di kapal pesiar Diamond Princess.

Kasus terjadi di Tehran, Gilan, dan Qom.

Jumat kemarin, Israel baru saja menjemput 11 warganya dari Diamond Princess. Empat warga Israel juga ada yang masih dirawat di Jepang karena tertular sebelum dievakuasi.

5. Lebanon

Lebanon juga baru saja mengkonfirmasi satu kasus Virus Corona dari warga yang baru berkunjung ke Qom, Iran.

Arab News menyebut pemerintah Lebanon mendapat peringatan dari kedubesnya di Iran. Pemerintah pun langsung mengamankan pesawat dari Qom dan menguji kesehatan para penumpang.

Alhasil, ditemukan seorang wanita menunjukan gejala Virus Corona.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.