Sukses

20 Februari Jadi Hari Keadilan Sosial Sedunia, Ini Tujuannya

Liputan6.com, Jakarta - Hari Keadilan Sosial Sedunia dirayakan pada 20 Februari setiap tahunnya. Tanggal ini ditetapkan pada November 2007 untuk periode 62 sidang tahunan Majelis Umum PBB.

Hari Keadilan Sosial Sedunia PBB dimaksudkan untuk mencapai tujuan pekerjaan dan pemberantasan kemiskinan.

Moto atau tema Hari Internasional Keadilan Sosial adalah 'masyarakat untuk semua'. Hari ini secara khusus diamati PBB dan ILO (Kantor Perburuhan Internasional) dengan membuat berbagai pernyataan dan mengadakan seminar serta konferensi, demikian dilansir Indian Mirror, Kamis (20/2/2020).

Beragam LSM, Serikat Buruh dan kelompok sosial tambahan merayakan hari ini pada setiap 20 Februari dengan mengatur aksi Hari Keadilan Sosial Sedunia.

Hari Keadilan Sosial Sedunia pada 20 Februari juga dimaksudkan untuk melihat bagaimana keadilan sosial mempengaruhi pengentasan kemiskinan. Ini juga berfokus pada tujuan mencapai pekerjaan penuh dan menopang integrasi sosial.

Saksikan video berikut ini:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Yang Dilakukan dalam Hari Keadilan Sosial Dunia

Banyak organisasi, bersama dengan PBB dan Kantor Perburuhan Internasional, membuat pernyataan tentang besarnya keadilan sosial bagi masyarakat. Banyak organisasi juga mempresentasikan rencana keadilan sosial yang lebih besar dengan mengatasi kemiskinan, pengucilan sosial dan ekonomi dan pengangguran.

Serikat buruh dan kelompok kampanye diprovokasi untuk memanggil anggota dan pendukung mereka untuk menandai hari itu. Konfederasi Jenderal Serikat Buruh Rusia menegaskan bahwa semboyan umum pada tanggal ini adalah "Keadilan Sosial dan Kehidupan yang Layak untuk Semua!"

Sekolah, perguruan tinggi dan universitas dapat menyelenggarakan kegiatan unik di hari ini atau merencanakan acara seminggu dengan mengangkat tema yang berkaitan dengan kemiskinan, pengucilan sosial dan ekonomi atau pengangguran.

Beragam media, termasuk stasiun radio dan televisi, surat kabar, dan situs Internet memberikan kesadaran terhadap isu-isu seputar Hari Keadilan Sosial Dunia.

3 dari 3 halaman

Pengadilan Kriminal Internasional

Tanggal ini juga mengangkat hubungan kasus antara perdagangan ilegal berlian dan konflik bersenjata, khususnya di Afrika, dan pentingnya Pengadilan Kriminal Internasional. Ini adalah pengadilan gratis yang melakukan pengadilan terhadap orang-orang yang didakwa melakukan genosida, atau kejahatan yang bertentangan dengan kemanusiaan, dan kejahatan perang.

Pengadilan ini diketahui sudah terjadi antara tahun 1984 dan 2008, sementara tingkat kejahatan tetap stabil, dan tingkat hukuman penjara dunia hampir dua kali lipat. Mayoritas tahanan berasal dari bagian masyarakat yang paling tidak beruntung: mereka yang kurang mampu, mereka yang menderita penyakit mental, dan terutama penduduk asli.

Pertumbuhan yang tidak merata dalam penahanan sebagian terjadi karena kampanye pemilihan hukum dan ketertiban yang terlalu sering disertai dengan laporan sensasional yang mendukung gagasan bahwa kejahatan berada di luar kendali.

 

Reporter: Deslita Krissanta Sibuea

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.