Sukses

Berkisah Soal Wabah Misterius Mirip Virus Corona, Film Contagion Curi Perhatian Lagi

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah kekhawatiran yang dipicu oleh Virus Corona, "Contagion" - sebuah film 2011 tentang pandemi dengan kemiripan virus misterius dalam peristiwa baru-baru ini, telah mencuri perhatian publik.

Meski begitu, film ini hanyalah salah satu contoh dari banyaknya film yang terkait dengan wabah virus seperti ini.

Tidak heran, film dengan tema pandemik global Hollywood sering diputar dan melahirkan pasukan zombie seperti dalam film “The Omega Man", "World War Z", dan "Pandemic”, demikian dilansir CNN, Selasa (11/2/2020). 

Namun seiring berjalannya waktu, semakin banyak film yang menegaskan bahwa umat manusia akan dimusnahkan bukan oleh senjata nuklir – yakni topik film favorit pada 1950-an dan 60-an – melainkan dimusnahkan oleh mikroba.

2 dari 4 halaman

Film Lain yang Menceritakan Penyebaran Virus

Hal ini terlihat dalam dua film yang dirilis pada 1995: “12 Monkeys,” sebuah plot fiksi ilmiah tentang penggunaan perjalanan waktu untuk mencoba menggagalkan sebuah wabah yang baru lahir yang mampu menghapus sebagian besar umat manusia.

Film ini bercerita tentang virus di udara yang secara tidak sengaja diselundupkan ke AS dari Afrika, dan mengharuskan tim dokter (yang dipimpin oleh Dustin Hoffman) untuk berpacu melawan waktu mencoba menyelamatkan sebuah kota tempat virus itu menyebar.

Versi film dari kisah-kisah ini tidak hanya terbatas pada fiksi. Tahun lalu, jaringan National Geographic menyiarkan "The Hot Zone", sebuah film drama berdasarkan fakta tentang kemunculan virus Ebola pada 1989, dan para ilmuwan Angkatan Darat bereaksi terhadap kemungkinan paparan di pinggiran Washington DC, melalui monyet-monyet impor.

Dari semua film tersebut, “Penularan” sangat berhubungan langsung dengan bahaya yang terjadi saat ini. Sama halnya dengan seorang wanita dalam film “Contagion” (diperankan oleh Gwyneth Paltrow) yang kembali ke Minnesota dengan penyakit aneh setelah perjalanan ke Hong Kong.

Kemudian dalam beberapa hari, dia sudah mati, meninggalkan suaminya (Matt Damon) dalam keadaan syok, sebelum orang lain mulai menunjukkan gejala yang sama, ketika wabah menyebar ke seluruh dunia.

3 dari 4 halaman

Menceritakan Banyak Karakter

Disutradarai oleh Steven Soderbergh dan ditulis oleh Scott Z. Burns, film “Contagion” memperlihatkan penontonnya skenario terburuk mulai dari tersebarnya rumor dan kepanikan yang akhirnya muncul di masyarakat.

Film ini menceritakan begitu banyak karakter termasuk korban dan mereka yang mati-matian berusaha menemukan vaksin.

Pada saat film ini dirilis, Laurie Garrett, seorang konsultan film yang menulis buku “The Coming Plague,” menyatakan bahwa plot film ini adalah “sebagian fantasi, sebagian kenyataan dan sepenuhnya kemungkinan.”

 

 

Reporter: Deslita Krissanta Sibuea

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: