Sukses

Mantan Raja Belgia Akhirnya Mengaku Punya Putri di Luar Nikah

Setelah melakukan uji DNA, mantan Raja Albert II dari Belgia akhirnya membuat pengakuan soal putri tirinya di luar nikah.

Liputan6.com, Brussel - Seniman Delphine Boel akhirnya mendapat pengakuan dari ayahnya: Raja Albert II dari Belgia. Ini artinya Delphine juga merupakan saudari tiri Raja Belgia saat ini.

Dilansir dari VOA Indonesia, Selasa (28/1/2020), sebuah pernyataan yang disampaikan tim kuasa hukum Raja Albert II pada Senin (27/1/2020) mengatakan “kesimpulan ilmiah menunjukkan bahwa ia adalah ayah biologis dari Delphine Boel.”

Pernyataan itu disampaikan setelah Raja Albert II setuju melakukan uji DNA tahun lalu.

Pengakuan kerajaan itu segera mendominasi siaran berita malam di seluruh Belgia.  Ini merupakan terobosan besar dalam skandal yang sudah berusia puluhan tahun.

Boel telah berupaya memperjelas statusnya selama bertahun-tahun dan Raja Albert II tidak pernah menyangkal secara terbuka bahwa ia adalah ayah Boel, tetapi telah sejak lama menolak mengikuti uji DNA.

Raja Albert II, yang turun takhta pada 2013 karena alasan kesehatan, mengatakan bahwa jika masih ada argumen hukum, maka status hukum sebagai ayah tidak lagi harus sama dengan status sebagai ayah biologis.

Delphine Boel lahir di ibu kota Belgia pada 1968. Hubungan antara ibu Delphine dan Albert II terjadi ketika ia masih berstatus pangeran.

Ditambahkannya bahwa jika kasus itu harus berlanjut karena alasan prosedural, ia memutuskan untuk tidak melakukannya “agar dapat mengakhiri prosedur menyakitkan ini secara bermartabat.”

Pengacara Boel, Marc Uyttendaele, mengatakan pada jaringan RTBF bahwa “kliennya menunjukkan reaksi lega, emosi, sekaligus bahwa luka ini tidak akan sembuh.”

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mirip Anggota Kerajaan

Isu tentang Raja Albert II dan ibu Boel, istri seorang pengusaha aristokrat yang kaya, telah berhembus selama beberapa tahun. Namun berita bahwa Raja Belgia itu mungkin memiliki seorang anak dengannya baru diketahui publik ketika biografi istrinya, Ratu Paola, diterbitkan pada 1999.

Dalam pesan Natal 1999, Raja Albert menyinggung perselingkuhannya di masa lalu, dan mengatakan ia dan Ratu Paola telah melalui “krisis” pada akhir 1960an yang hampir menghancurkan perkawinan mereka, tetapi mereka berhasil mengatasi masalah perkawinan itu “lama sekali.”

Enam tahun lalu, Boel – yang memiliki kemiripan yang mencolok dengan sejumlah anggota keluarga kerajaan – membuka proses pengadilan untuk membuktikan bahwa Raja Albert II adalah ayahnya.

Boel senantiasa mengatakan bahwa ia membawa kasus itu ke pengadilan karena marah akibat selalu ditolak atau disangkal oleh keluarga kerajaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.