Sukses

Australia Bersiap Hadapi Lebih Banyak Kebakaran Hutan

Liputan6.com, Australia - Para pejabat Australia memperingatkan masyarakat negara-negara bagian yang terimbas kebakaran hutan untuk memperkuat pertahanan api semak belukar ketika suhu akan meningkat dan angin kencang akan kembali.

Suhu yang meningkat dan angina kencang itu tentu akan mengancam penyalaan kembali kobaran api dan memulai kebakaran baru.

Dilansir Channel News Asia, Selasa (28/1/2020), sejak September 2019, Australia telah memerangi kebakaran hutan yang telah menewaskan 33 orang dan sekitar 1 miliar hewan. Sementara 2.500 rumah dan wilayah seluas negara Yunani juga telah dihancurkan.

Petugas pemadam kebakaran telah menggunakan cuaca dingin dan lembab selama beberapa hari di sebagian besar benua untuk mencoba mengendalikan lebih dari 100 kobaran api yang masih menyala sebelum cuaca berubah.

"Cuaca hangat, kering, dan berangin diperkirakan terjadi hari ini. Ada bahaya kebakaran yang sangat tinggi terutama di bagian tengah dan tenggara negara bagian itu," kata Dinas Pemadam Kebakaran Pedesaan New South Wales (NSW) Rural Fire Service (RFS) di Twitter.

"Kondisi yang memburuk diperkirakan terjadi akhir minggu jadi bersiaplah sekarang," imbuhnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Persiapan Penduduk

RFS mengatakan warga harus menyimpan properti mereka dari bahan yang mudah terbakar, sementara genteng yang rusak juga harus diperbaiki untuk melindungi rumah dari bara api di udara.

Ketika NSW sedang bersiap-siap menghadapi kebakaran hutan lagi, penduduk di ibu kota Australia, Canberra, hari ini berjuang untuk asap tebal dan berbahaya yang menutupi kota.

Petugas pemadam kebakaran berjuang untuk menahan api di Taman Nasional Namadgi dekat ibukota.

Pihak berwenang khawatir api akan menyebar karena suhu diatur ke atas 35 Derajat Celcius.

3 dari 3 halaman

Bersiap Dievakuasi

Personel pertahanan dan layanan darurat mendesak warga untuk siap dievakuasi.

Pemadam kebakaran NSW telah menangani 54 kebakaran. Hanya satu kobaran api yang berada pada level peringatan “Watch and Act”, yang berarti tidak ada bahaya langsung. Sisanya berada di tingkat peringatan yang lebih rendah.

Di negara bagian Victoria, ada 35 nyala api yang aktif, namun tidak ada yang dianggap sebagai ancaman langsung terhadap harta benda.

Pola cuaca bertekanan tinggi akan bergerak melintasi pantai timur Australia akhir pekan ini, dan membawa suhu yang tinggi selama akhir pekan.

Para peneliti dari University of Sydney, merilis sebuah laporan yang menemukan akan ada tiga hari paparan asap api tingkat rendah yang meningkatkan ancaman serangan jantung dan orang berusia di atas 65 tahun akan terkena risiko lebih tinggi.

 

 

Reporter: Deslita Krissanta Sibuea

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.