Sukses

Halalkan Budak Seks, 6 Fakta Jabba the Jihadi Pemimpin ISIS Bertubuh Jumbo

Liputan6.com, Jakarta - Pasukan Irak menangkap salah satu pemimpin ISIS yang dijuluki "Jabba the Jihadi".  

Pemilik nama Abu Abdul Bari yang memiliki berat 560 pon itu juga dikenal sebagai Shifa al-Nima. Ia ditangkap pada Kamis 16 Januari oleh tim elit SWAT dari resimen Nineveh di kota Mosul, demikian dilaporkan Stars and Stripes.

Dilansir New York Post, jihadis jumbo itu dikenal sebagai Jabba the Jihadi dalam sosial media.

Berikut 7 fakta sosok Jabba the Jihadi yang dirangkum dari berbagai sumber:

2 dari 8 halaman

1. Perintahkan Penghancuran Makam Nabi Yunus

Selama masa kejayaan kekhalifahan kelompok ISIS pada tahun 2014, Bari memerintahkan penghancuran sebuah masjid yang dibangun dan diyakini sebagai tempat pemakaman Nabi Yunus.

3 dari 8 halaman

2. Halalkan Perbudakan Seks

Militan ISIS bertubuh gemuk ini adalah salah satu arsitek utama yang menghalalkan perbudakan dan eksploitasi seksual wanita minoritas Yazidi, demikian dinyatakan pada sebuah jurnal militer Prancis.

"Sebagian besar pembenaran agama diberikan kepada ISIS untuk memperbudak, memperkosa, menyiksa, membersihkan etnis dan membantai warga Irak, Suriah, dan lainnya," kata Maajid Nawaz, pendiri anti-ekstremisme yang berbasis di London.

4 dari 8 halaman

3. Dikenal karena Pidato Provokatif

Jihadis jumbo itu dikenal karena "pidato provokatif terhadap pasukan keamanan" dan dianggap sebagai salah satu pemimpin utama "gerombolan ISIS," demikian dikatakan pejabat keamanan Irak dalam sebuah pernyataan.

5 dari 8 halaman

4. Mengeluarkan Dekrit Agama untuk Eksekusi Ulama

Bari juga mengeluarkan dekrit agama atau fatwa yang memerintahkan eksekusi ulama-ulama yang menolak untuk bersumpah setia kepada ISIS ketika ISIS sedang berjaya dalam menduduki Irak.

6 dari 8 halaman

5. Dijuluki Jabba the Hutt

Abu Abdul Bari juga dijuluki sebagai Jabba the Hutt yakni karakter dalam film Star Wars.

Jabba the Hutt adalah salah satu gengster galaksi yang wajahhnya mirip siput, meski begitu, ia menjadi gengster galaksi yang paling kuat dalam film tersebut.

7 dari 8 halaman

6. Salah Satu Tangkapan Terbesar

Dilansir Dailymail UK, Abu Abdul Bari yang juga dikenal sebagai Shifa al-Nima dianggap sebagai salah satu dari penangkapan terbesar dalam beberapa bulan terakhir.

Ia diangkut dari Mosul miliknya oleh pasukan Irak. Ia tidak bisa masuk mobil polisi sehingga ia harus diangkut dengan mobil truk.

Abu Abdul Bari merupakan pemimpin ISIS dengan berat badan paling berat yakni 560 pon atau sekitar 254 kg.

 

 

Reporter: Deslita Krissanta Sibuea

8 dari 8 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Pemimpin ISIS yang Dijuluki 'Jabba the Jihadi' Ditangkap di Irak