Sukses

30 Batu Berwajah Manusia Ditemukan di China

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 30 lukisan batu yang menampilkan gambar wajah manusia ditemukan di Daerah Otonom Etnis Hui Ningxia, China barat laut. Batu itu diyakini sebagai karya dari Zaman Paleolitikum.

Lukisan-lukisan tersebut ditemukan oleh Zhou Xinghua, seorang mantan kurator museum daerah, di tepi Sungai Kuning di Desa Beichangtan, Kota Zhongwei. Saat itu, ia tengah melakukan survei sumber budaya kuno di sana.

Batu kuno dengan lukisan-lukisan wajah manusia tersebut, yang berbentuk lingkaran, persegi panjang dan bujur sangkar, berukuran mulai dari panjang 20 sentimeter dan lebar 15 sentimeter sampai yang luasnya 10 sentimeter persegi.

Terdapat pula hiasan kepala dalam berbagai bentuk.

 

2 dari 3 halaman

Ditemukan di Lereng Gunung

Lukisan-lukisan batu tersebut ditemukan di lereng gunung yang ada di tepi utara Sungai Kuning. Karya-karya itu mencakup area sepanjang sekitar 40 meter dan lebar 10 meter.

Sebagian besar area gunung tersebut tertutup lumpur akibat air sungai yang meluap. Ketiga puluh lukisan di puncak gunung tersebut dapat terlihat saat permukaan air surut, tutur Zhou.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Dampak Virus Corona, Lion Air Batalkan Sementara Penerbangan ke China
Artikel Selanjutnya
Saham Starbucks dan McDonald's Rontok Gara-gara Virus Corona