Sukses

Pantau Komet dan Asteroid, Rusia Bangun Pangkalan di Bulan

Rusia berencana membangun pangkalan di Bulan untuk memantau komet dan asteroid, serta mempersiapkan penerbangan ke planet-planet lain.

Liputan6.com, Jakarta - Rusia berencana membangun pangkalan di Bulan. Pangkalan itu akan digunakan untuk memantau komet dan asteroid, serta mempersiapkan penerbangan ke planet-planet lain.

Direktur Eksekutif Badan antariksa Rusia Roscosmos untuk Ilmu Pengetahuan dan Program Jangka Panjang Alexander Bloshenko mengatakan, pihaknya akan mengajukan sebuah program untuk meneliti dan mengeksplorasi Bulan kepada pemerintah pada akhir 2019.

"Sebuah rencana mendetail tengah dibuat untuk diimplementasikan setelah 2025," ujar Bloshenko kepada kantor berita TASS, seperti dikutip dari Xinhua, Rabu (27/11/2019).

Menurut Bloshenko, peralatan untuk meneliti angkasa luar serta teleskop khusus untuk melacak asteroid dan komet yang mengancam keamanan Bumi, akan ditempatkan di pangkalan Bulan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dibangun di Kutub Selatan Bulan

Pangkalan itu akan dibangun di kutub selatan satelit alami Bumi tersebut.

Roscosmos juga berencana akan mendirikan tempat uji coba di sana untuk berbagai teknologi yang akan diperlukan dalam penerbangan lebih jauh ke angkasa luar.

Bloshenko mengatakan, sistem robotik akan menangani pemeliharaan infrastruktur di pangkalan tersebut, sedangkan manusia akan melakukan kunjungan berkala untuk menyelesaikan berbagai tugas yang tidak dapat dilakukan robot.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.