Sukses

Sulit Tidur? 5 Latihan Ini Bisa Bantu Istirahat Malam Jadi Sempurna

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah Anda merasa lelah setelah seharian bekerja, namun ketika sampai di kasur, semua rasa kantuk tiba-tiba hilang begitu saja? Anda jadi merasa sulit tidur karena menjadi memikirkan banyak hal.

Walaupun bisa tertidur, namun mungkin tubuh Anda tidak bisa menghilangkan ketegangan yang muncul di sekujur badan. Padahal, keesokan harinya, Anda harus kembali ke rutinitas biasanya yang membutuhkan fisik prima.

Menghadapi situasi seperti ini, beberapa orang bahkan memutuskan mengambil jalan pintas: minum pil tidur. Akan tetapi, efek sampingnya bisa membahayakan kesehatan untuk jangka panjang.

Ada alternatif lain agar Anda bisa nyenyak tidur dan tidak kesulitan ketika hendak memejamkan mata. Lakukan saja 5 latihan sederhana ini, tepat sebelum pergi ke ranjang, seperti dikutip dari Bright Side, Minggu (27/10/2019).

2 dari 6 halaman

1. Sleeping Limb Pose

Berbaringlah telentang dengan kaki lurus dan lengan di samping. Jaga agar lengan dan kaki Anda lurus. Kemudian, angkat kaki dan lengan dari lantai ke arah langit-langit (membentuk huruf "U" dengan siku-siku nyaris 90 derajat).

Tahan pose ini selama 60 detik. Setelah itu, pegang ujung kaki menggunakan tangan Anda selama 30-40 detik sampai Anda merasakan darah berdenyut di seluruh tubuh.

Hasil: Pose ini membantu merilekskan badan, membuang racun, dan menyingkirkan insomnia.

3 dari 6 halaman

2. Fish Pose

Berbaring, kemudian letakkan telapak tangan di bawah bokong Anda (diduduki). Angkat bahu Anda, namun usahakan ujung kepala menempel di lantai. Tahan posisi ini selama 30-60 detik.

Pose ini membantu meringankan kelelahan kronis dan meningkatkan produksi melatonin, hormon yang bertanggung jawab untuk tidur malam yang nyenyak.

4 dari 6 halaman

3. Happy Baby Pose

Berbaringlah dan arahkan lutut ke dada. Pegang ujung luar kaki dengan tangan. Pastikan bagian bawah telapak kaki menghadap ke langit-langit. Perlahan, mulai goyang tubuh Anda dari sisi ke sisi dengan lembut sampai punggung Anda terasa dipijat.

Lakukan latihan ini selama 1-2 menit. Pose tersebut mampu melepaskan ketegangan di punggung bagian bawah dan pinggul, serta mengurangi stres dan kecemasan.

5 dari 6 halaman

4. Hamstring Stretch

Berbaringlah kaki lurus dan lengan di samping. Angkat kedua kaki ke arah langit-langit hingga Anda merasakan regangan di pinggul. Angkat kepala dan bahu dari lantai dan genggam betis dengan telapak tangan.

Tetap di posisi ini selama 30-60 detik. Pose ini meregangkan paha belakang dan melepaskan ketegangan di punggung bagian bawah, yang menjadi permasalahan ketika Anda seharian duduk di tempat kerja.

6 dari 6 halaman

5. Legs Up The Wall Pose

Berbaringlah telentang dengan kaki menghadap ke dinding. Tempatkan lengan di sisi tubuh, telapak tangan menghadap ke atas. Jika Anda merasakan ketegangan di bagian tubuh mana pun, coba letakkan selimut di bawah pinggul Anda atau geser pantat Anda sedikit lebih jauh dari dinding.

Tetap di posisi ini selama 5-10 menit. Pose tersebut melancarkan aliran darah dalam tubuh dan membantu menenangkan sistem saraf, serta mengurangi kelelahan. 

Loading
Artikel Selanjutnya
Top 3: Backpacker Tewas Saat Bercinta hingga Bali Tak Direkomendasikan Media AS
Artikel Selanjutnya
Alkohol Hingga Pornografi, 5 Hal Ini Ternyata Miliki Dampak Baik