Sukses

11 Fakta Unik Ikan, Salah Satunya Bisa Bikin Karya Seni untuk Lawan Jenis

Beragam spesies ikan hidup di lautan, memiliki keunikan yang berbeda dan kemampuan yang luar biasa. Berikut ini ulasan unik seputar binatang air itu.

Liputan6.com, Jakarta - Ikan seringkali dilihat berbeda dibandingkan dengan hewan lainnya. Dengan sisik alih-alih bulu, tidak memiliki ekspresi wajah, dan mata yang tidak pernah berkedip, mereka tidak memicu emosi kepedulian, seperti hewan peliharaan kucing dan anjing.

Meskipun demikian, mereka adalah makhluk yang luar biasa, sangat beragam dan dapat beradaptasi dengan baik di berbagai lingkungan. Sama seperti hewan darat, ikan terus berevolusi, dan mereka telah ada jauh lebih dulu.

Yuk, kita eksplorasi beberapa fakta mengapa kita harus peduli terhadap ikan seperti dilansir dari The Humane League, Sabtu (4/5/2024):

1. Ada lebih banyak spesies ikan daripada mamalia, burung, reptil, dan amfibi jika digabungkan

Hanya dalam dua tahun, yaitu tahun 2021 dan 2022, telah ditemukan 11 spesies ikan baru di Sungai Mekong di Asia. Selain itu, terdapat 70 jenis flying fish alias ikan terbang yang dapat terbawa angin hingga ketinggian 20 kaki atau sekitar 6 meter di udara.

2. Mereka memiliki kesadaran diri

Cleaner Wrasse telah terbukti tidak hanya merespons pantulan mereka di cermin, tetapi juga berusaha menghilangkan tanda pada tubuh mereka sendiri ketika melihat ke cermin, pertanda yang sangat jelas bahwa adalah makhluk yang memiliki kesadaran diri.

3. Beberapa ikan memiliki urutan genetik yang dibutuhkan untuk membuat jari-jari pada tangan atau kaki

Sebagai gantinya, mereka menumbuhkan sirip, yang jauh lebih cocok untuk lingkungan hidup mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Banyak ikan saat ini memiliki kemampuan tetrakromatik

Tetrakromatik berarti mereka dapat melihat warna dengan lebih tajam daripada manusia.

5. Ikan juga menggunakan alat untuk memperoleh makanan, meskipun bukan obeng seperti manusia

Mereka melakukannya dengan cara yang mirip dengan cara simpanse menggunakan batu untuk membuka kacang. Pada tahun 2009, seekor ikan Orange-Dotted Tuskfish diamati memecahkan moluska dengan batu secara berulang-ulang untuk mencapai daging kerang di dalamnya.

6. Ikan bisa berburu burung

Di Bendungan Schroda, sebuah danau buatan di Afrika Selatan, seekor Tigerfish direkam membalikkan keadaan. Ketika burung layang-layang terbang dekat dengan permukaan air, ikan tersebut meloncat dan menangkap mereka di udara. 

Mengingat kecepatan dan ketangkasan burung layang-layang yang terkenal, dibutuhkan tingkat keterampilan yang luar biasa. Selain itu, seekor Ikan Catfish atau lele di Albi, Prancis telah berevolusi untuk berburu burung merpati!

7. Ikan mengurus anaknya dengan baik

Ada kesalahpahaman umum bahwa ikan tidak terlalu terlibat dalam pengasuhan anak. Faktanya, berbagai spesies ikan memiliki berbagai cara untuk melindungi telur dan anak-anak mereka, mulai dari mempertahankannya dengan gigih dari predator (yang berisiko terhadap nyawa mereka sendiri), seperti ikan Damselfish, hingga kuda laut jantan yang membawa telur-telurnya di dalam kantung khusus.

3 dari 4 halaman

8. Ikan bisa belajar

Bayangkan Anda berada di sebuah restoran, dan pelayan membawakan Anda makanan di atas piring merah dan biru. Piring biru diambil dengan cepat, sebelum Anda sempat memakannya, sementara piring merah masih tersisa.

Sekarang bayangkan Anda kembali ke restoran ini dan hal yang sama terjadi. Anda akan lebih cenderung memakan makanan di piring biru terlebih dahulu untuk berjaga-jaga jika diambil lagi, bukan? Dalam tes serupa pada ikan (Cleaner Wrasse) dan primata, hasilnya ikan mengungguli primata, menunjukkan kemampuan luar biasa ikan untuk belajar.

9. Ikan dewasa terkecil yang saat ini kita ketahui adalah ikan Goby, dengan panjang hanya sepertiga inci

Meskipun kecil, ikan Goby sangat cerdas. Dan penting untuk diingat bahwa pintar bukan berarti apa yang dianggap pintar oleh manusia, seperti mengetahui cara mengerjakan aljabar atau bedah otak. 

Evolusi berarti hewan tumbuh lebih pintar dengan cara yang berguna untuk kelangsungan hidup mereka. Bagi ikan Frillfin Goby, kelangsungan hidup mereka bergantung pada kemampuan mereka untuk melompat dari kolam air pasang ke kolam air surut di dekatnya setelah air surut. Dengan cara ini mereka dapat menghindari predator.

Ini adalah manuver yang berisiko; mendarat di bebatuan di antara kolam bisa berakibat fatal. Tetapi ikan Goby memiliki solusi yang sangat cerdas. Saat mereka berenang di air pasang, mereka menghafal topografi dasar laut. Mereka membuat peta mental sehingga saat air surut, mereka tahu di mana semua kolam berada. Penelitian telah menunjukkan bahwa ikan Goby kecil dapat mengingat informasi ini hingga 40 hari kemudian.

 

4 dari 4 halaman

10. Dapatkah ikan membedakan satu sama lain?

Meskipun bagi kita, ikan dari spesies yang sama dapat terlihat sama, ikan tentu saja dapat mengidentifikasi dan mengenali individu lainnya.

Mereka juga mengenali wajah manusia dan akan memberikan respons yang berbeda jika mereka mengenal orang tersebut, terutama jika orang tersebut adalah orang yang memberi mereka makan.

11. Ikan dapat menciptakan karya seni

Ketika penyelam Yoji Ookata menjelajahi kedalaman sekitar 80 kaki (sedalam 24 meter) di lepas pantai selatan Jepang, ia menemukan pola melingkar simetris selebar enam kaki di pasir.

Ookata kemudian menemukan bahwa pola tersebut dibuat oleh ikan buntal jantan yang berenang miring dan mengepakkan siripnya dengan lembut, dan sesekali menghiasi pola tersebut dengan cangkang. Dia melakukan ini untuk menarik perhatian betina, yang mirip dengan buket bunga di bawah air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.