Sukses

Temuan Terbaru, Planet Nine Sebenarnya Adalah Lubang Hitam Purba

Menurut penelitian baru, bisa jadi Planet Nine sebenarnya adalah lubang hitam purba.

Liputan6.com, Jakarta - Selama lebih dari seabad, beberapa astronom berpendapat bahwa gaya gravitasi aneh yang diamati bekerja pada benda yang jauh di tata surya, disebabkan oleh planet lain. Planet itu disebut Planet Nine.

Namun, menurut penelitian baru, bisa jadi Planet Nine sebenarnya adalah lubang hitam purba, jenis lubang hitam hipotetis yang akan terbentuk di awal alam semesta.

Efek gravitasi dari lubang hitam ini bisa menjelaskan mengapa benda-benda di luar Neptunus memiliki orbit yang aneh, dan juga mengapa Planet Nine belum diamati secara langsung.

"Mungkin penjelasan paling alami untuk anomali gravitasi adalah bahwa mereka disebabkan oleh keberadaan populasi planet yang tidak diketahui," tulis para peneliti, seperti dilansir sky.com, Senin (30/9/2019).

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menyebabkan Anomali

"Namun ini akan menyiratkan bahwa model untuk pembentukan planet mungkin perlu diperbarui untuk memperhitungkan populasi baru planet mengambang bebas," imbuhnya.

Sebaliknya, para peneliti memilih untuk fokus pada kemungkinan yang lebih menarik bahwa lubang hitam primordial menyebabkan anomali.

Mereka menulis bahwa lubang hitam semacam itu dapat memiliki apa yang dikenal sebagai microhalo materi gelap, wilayah ruang di sekitar lubang hitam yang memancarkan "sinyal pemusnahan" yang dapat dideteksi para ilmuwan untuk membuktikan hipotesis mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.