Sukses

8 Senjata Baru Tiongkok yang Patut Diwaspadai pada Parade HUT ke-70 RRC

China diperkirakan akan memamerkan beberapa persenjataan tercanggih yang pernah ada di dunia.

Liputan6.com, Beijing - China diperkirakan akan memamerkan beberapa persenjataan tercanggih yang pernah ada di dunia selama parade militer Hari Nasional khusus di Beijing pada Selasa 1 Oktober 2019 mendatang.

Sekitar 15.000 personel, lebih dari 160 pesawat dan 580 persenjataan dan alutsista akan menjadi bagian dari prosesi parade 80 menit melalui ibukota China, yang akan menyoroti kemajuan militer negara itu dalam 70 tahun sejak berdirinya Republik Rakyat Tiongkok.

Beberapa teknologi kunci di antara persenjataan '100 persen buatan domestik' itu adalah drone --di mana Beijing mengklaim sebagai produsen pesawat nirawak terbaik dunia-- hingga sistem rudal teranyar.

Mayjen Tan Min, wakil direktur eksekutif Kantor Komando Gabungan Parade Militer dan wakil kepala staf Komando Pusat Tentara Pembebasan Rakyat (PLA), mengatakan pada konferensi pers pekan ini bahwa semua senjata akan dipajang.

Semua itu menyoroti kemampuan negara untuk berinovasi dalam penelitian dan pengembangan pertahanan.

Berikut adalah beberapa senjata utama China yang harus diperhatikan pada HUT ke-70 RRT mendatang, seperti dikutip dari CNN, Minggu (29/9/2019).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Rudal DF-41

Sebagian besar mata parade akan berfokus pada rudal balistik jarak antar-benua yang kuat ini, yang dianggap sebagai andalan Pasukan Roket Tentara Pembebasan Rakyat (PLARF) selama bertahun-tahun yang akan datang --dan, dengan beberapa perkiraan, rudal paling kuat di planet.

Dalam pengembangan sejak 1997, DF-41 dikabarkan akan muncul di parade pada tahun 2015 dan 2017, tetapi disimpan dalam keadaan tersembunyi.

Rumor bahwa itu akan tampil pada parade mencuat ketika DF-41 terlihat saat latihan parade di Beijing awal bulan ini.

Proyek Pertahanan Rudal di Center for Strategic and International Studies (CSIS Washington DC) mengatakan, DF-41 akan memiliki jangkauan hingga 15.000 kilometer dan akan mampu membawa 10 hulu ledak nuklir yang ditargetkan secara independen. Dari peluncuran di China, secara teoritis dapat menghantam benua Amerika Serikat dalam 30 menit, kata Proyek Pertahanan Rudal CSIS.

DF-41 yang diluncurkan secara mobile dapat diangkut dengan truk dan kereta api. Foto satelit yang diambil awal tahun ini menunjukkan peluncur mmobile DF-41 di area pelatihan PLARF Jilintal di Mongolia Dalam (Inner Mongolia), menurut Federasi Ilmuwan Amerika (FAS), yang memantau perkembangan senjata nuklir dunia.

Foto-foto satelit juga menunjukkan apa yang "sangat menyerupai" silo, menurut Hans Kristensen, direktur Proyek Informasi Nuklir di FAS, yang menganalisis gambar.

Kristensen menulis bahwa kemungkinan silo rudal tampaknya lebih mirip dengan versi ICBM Rusia daripada silo yang ada untuk ICBM Tiongkok yang lebih tua dan berbahan bakar cair.

DF-41 berbahan bakar padat, seperti rudal Rusia. Rudal berbahan bakar padat lebih mudah digunakan dan lebih cepat diluncurkan daripada versi cair.

Tulang punggung persenjataan nuklir Amerika Serikat, rudal Minuteman III, adalah senjata berbahan bakar silo berbahan bakar padat. Namun, itu hanya membawa satu hulu ledak, karena desain tiga hulu ledak aslinya dibatasi oleh perjanjian nuklir dengan Rusia.

Tiongkok mungkin siap untuk menyebarkan DF-41. Setidaknya 18 dari mereka tampaknya berada di tempat pelatihan Inner Mongolia dalam foto satelit awal tahun ini.

Meskipun mampu membawa 10 hulu ledak, kemungkinan hanya tiga akan berada di setiap rudal, sisanya mungkin adalah umpan hulu ledak, menurut Buletin Ilmuwan Atom (BAS).

Sebagian dari itu berkaitan dengan ketersediaan hulu ledak. Persediaan hulu ledak nuklir China diperkirakan 290 untuk digunakan pada rudal balistik dan pesawat pembom, kata BAS dalam laporan 2019 tentang postur nuklir Beijing.

3 dari 9 halaman

2. Rudal Balistik Berbasis Kapal Selam JL-2

Ini adalah rudal utama berbasis kapal selam bertenaga nuklir (Submarine-Launch Ballistic Missile/SLBM) Tiongkok.

Empat kapal selam beroperasi, dengan dua kapal selam lainnya sedang dibangun.

Setiap kapal selam dapat membawa 12 dari rudal JL-2 hulu ledak tunggal. Dengan kisaran jangkauan sekitar 7.200 kilometer, itu dianggap lebih sebagai senjata regional daripada global.

Kisaran itu menempatkan target dari India ke Alaska dalam kisaran dari perairan China pesisir, kata laporan Buletin Ilmuwan Atom (BAS).

Tetapi untuk dapat mengancam benua AS, misalnya, kapal selam itu harus melewati titik ranjau anti-kapal selam AS yang tangguh di sekitar Jepang dan jauh ke Pasifik.

SLBM jarak jauh, JL-3, dilaporkan diuji pada akhir 2018 dan lagi pada Juni tahun ini, menurut Jane's Defense Weekly, tetapi rudal itu masih dalam pengembangan dan itu akan menjadi kejutan untuk dapat tampil pada 1 Oktober 2019.

Tetap saja, kekuatan SLBM China masih jauh di bawah AS. Armada kapal selam balistik yang dipimpin USS Ohio nomor 14, dengan masing-masing kapal selam itu mampu membawa 20 rudal Trident. Masing-masing rudal itu dapat membawa hingga 10 hulu ledak.

4 dari 9 halaman

3. Rudal Hipersonik DL-17

Rudal ini adalah contoh dari misil yang dibantu dengan teknologi peluncur hipersonik (Hypersonic Glide Vehicle atau HGV). Ini diluncurkan melalui peluncur roket rudal standar --tetapi setelah mencapai ketinggian yang diinginkan, roket pendorong dibuang dan HGV membawa muatan rudal ke sasaran.

HGV dapat terbang rendah dan cepat --setidaknya lima kali kecepatan suara, atau 6.115 km/jam, menurut Aliansi Advokasi Pertahanan Rudal.

Rudal itu juga memiliki kemampuan manuver untuk menghindari deteksi radar musuh dan pertahanan udara.

China telah menguji teknologi HGV sejak 2014 dan diperkirakan akan menyebarkannya pada 2020, menurut Proyek Pertahanan Rudal CSIS. DF-17 akan mampu membawa hulu ledak nuklir dan konvensional, tambahnya.

Sebuah laporan Layanan Penelitian Kongres AS pada 17 September 2019 mencatat bahwa AS membuntuti China --dan Rusia-- dalam perkembangan hipersonik dan Amerika diperkirakan memiliki senjata operasional sebelum 2022.

AS juga diperkirakan tidak memiliki HGV dengan kemampuan nuklir, kata CRS.

"Akibatnya, senjata hipersonik AS kemungkinan akan membutuhkan akurasi yang lebih besar dan akan lebih menantang secara teknis untuk dikembangkan daripada sistem China dan Rusia yang dipersenjatai nuklir," tambah laporan itu.

5 dari 9 halaman

4. Pesawat Bomber H-6N

Pesawat H-6 telah menjadi alutsista inti pembom jarak jauh Beijing selama bertahun-tahun, tetapi gambar yang diambil selama latihan untuk parade hari Selasa 1 Oktober mendatang menunjukkan apa yang bisa menjadi peningkatan signifikan dari burun tempur tersebut.

Foto yang diposting di situs media sosial di China - yang telah bermunculan di situs Barat - menunjukkan apa yang tampaknya modifikasi teknologi agar pesawat mampu membawa rudal besar.

Ini bisa berupa rudal balistik anti-kapal DF-21, menurut Joseph Trevethick, yang menulis di situs blog militer War Zone.

Kemampuan untuk membawa DF-21 akan memberikan bomber "kemampuan bertahan yang mengesankan terhadap kapal perang musuh besar, terutama kapal induk," kata Trevethick.

Jane's Defense Weekly mencatat pembaruan lain pada H-6N atas pendahulunya, H-6K - sebuah probe yang dipasang di hidung untuk pengisian bahan bakar udara. Itu memberi bomber kemampuan untuk terbang lebih jauh ke Pasifik dari daratan China.

Jika kedua perkembangan itu digabungkan, berarti kapal induk AS harus menjaga jarak di laut jauh selama konflik dan pesawat mereka, yang sebagian besar merupakan jet F / A-18, akan lebih sulit mencapai target.

6 dari 9 halaman

5. Drone DR-8

Drone siluman ini menarik banyak perhatian menjelang parade, sebagian besar karena bentuknya yang ramping dan memiliki kecepatan supersonik.

Diduga mampu terbang hingga lima kali kecepatan suara, DR-8 bisa berada sangat dekat dengan kapal induk asing selama konflik dan mengirim informasi penargetan kembali ke peluncur rudal, menurut laporan.

Beberapa analis mencatat bahwa gambar satelit dari apa yang diyakini sebagai DR-8, serta benda-benda yang ditutupi terpal terlihat dalam latihan parade, menyerupai drone pengintaian supersonik D-21 militer AS, yang diperkenalkan pada 1960-an.

D-21 akan hancur sendiri setelah menjatuhkan muatan kamera beresolusi tinggi ke tangan negara sekutu. Namun, program ini dibatalkan pada tahun 1971 setelah empat pesawat hilang dalam misi selama terbang di China.

7 dari 9 halaman

6. Drone Sharp Sword

Para pengamat militer China telah mentweet gambar dari apa yang mereka perkirakan sebagai Sharp Sword, sebuah drone berbentuk sayap kelelawar yang dirancang untuk diterbangkan dari kapal induk.

Drone itu diperkirakan memiliki dua rongga bom internal dan desainnya yang tersembunyi menunjukkan bahwa itu dibuat untuk jenis perang drone yang baru, kata analis Sam Roggeveen, yang menulis di blog Interpreter milik Lowy Institute.

"Apa yang membuat Sharp Sword berbeda ... adalah bahwa itu tersembunyi, yang berarti itu dibuat bukan untuk skenario tipe Afghanistan, di mana musuh dilengkapi dengan sedikit lebih dari senapan, tetapi untuk situasi di mana ia mungkin harus menghindari pertahanan udara canggih," kata Roggeven.

Sharp Sword pertama kali diuji pada 2013, dan penampilan di parade 1 Oktober 2019 bisa menandakan bahwa itu dekat dengan misi operasi pertamanya.

Negara-negara lain, termasuk AS, telah mengembangkan drone yang bisa diterbangkan dari kapal induk. MQ-25 Stingray milik Angkatan Laut AS baru saja memulai uji terbang dengan perkiraan penempatan pada 2024 sebagai kapal tanker udara.

8 dari 9 halaman

7. Drone Kapal Selam / Kapal Selam Nirawak

Gambar muncul secara online dari apa yang tampak seperti torpedo besar yang diangkut oleh sebuah truk.

Namun, surat kabar pemerintah Global Times mencatat kemunculan senjata itu sebagai "Kendaraan bawah air otonom (nirawak) besar. Rinciannya tetap tidak diketahui."

Ini bisa menjadi salah satu drone bawah laut pertama China.

Sebuah laporan tahun 2015 dari lembaga think tank Rand Corporation mengatakan bahwa pemerintah Beijing, yang bergantung terutama pada pendanaan militer, telah membentuk setidaknya 15 tim peneliti di universitas dan institut untuk mengembangkan teknologi untuk kendaraan bawah air tak berawak (Undewater Unmanned Vehicle/UUV).

9 dari 9 halaman

8. Tank Type 15

Sebuah artikel di situs web Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) berbahasa Inggris mencatat parade akan menandai debut publik Tank Type 15 --yang akan menjadi tambahan dari koleksi Type 99 yang dipakai Tiongkok saat ini.

Artikel itu juga mencatat perubahan dalam Tipe 99, kamuflase gurun, yang merupakan "penggemar yang senang mengingat kembali tampilan hutan dari parade sebelumnya."

Tidak ada indikasi mengapa skema kamuflase diubah, tetapi hal itu memicu spekulasi tentang apakah China melihat area misi baru untuk pasukan daratnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.