Sukses

Menilik 7 Fakta Dampak Kebakaran Hutan Amazon, Seberapa Parah?

Berikut 7 fakta dampak kebakaran hutan Amazon 2019 serta seberapa parah bencana tersebut bagi Brasil dan dunia

Liputan6.com, Brasilia - Ribuan kebakaran membinasakan hutan Amazon di Brasil pada tahun ini. Fenomena tersebut merupakan kebakaran paling hebat di hutan hujan terbesar dunia selama hampir satu dekade.

Negara bagian Brasil di utara, seperti Roraima, Acre, Rondônia, dan Amazonas sangat terpengaruh.

Kebakaran besar juga telah membakar melintas ke hutan Amazon di perbatasan Brasil-Bolivia, menghancurkan petak-petak hutan tropis dan sabana di negara itu.

Jadi apa yang sebenarnya terjadi dan seberapa buruk kebakaran itu?

Berikut 7 fakta dampak kebakaran hutan Amazon 2019 serta seberapa parah bencana tersebut bagi Brasil dan dunia, seperti dikutip dari BBC, Sabtu (30/8/2019).

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Peningkatan Kebakaran hingga 76% Dibanding 2018

Brasil, yang merupakan rumah dari setengah hutan hujan Amazon, telah mengalami sejumlah besar kebakaran pada tahun 2019, data badan antariksa Brasil menunjukkan.

Institut Nasional untuk Penelitian Luar Angkasa Brasil (Inpe) mengatakan data satelitnya menunjukkan peningkatan 76 persen pada periode yang sama pada 2018.

Angka-angka resmi menunjukkan lebih dari 87.000 kebakaran hutan dicatat di Brasil dalam delapan bulan pertama tahun ini - jumlah tertinggi sejak 2010. Itu dibandingkan dengan 49.000 pada periode yang sama pada 2018.

Badan Antariksa Nasional AS (NASA), yang menyediakan data kebakaran aktif kepada Inpe, mengonfirmasi rekaman dari sensor satelitnya juga mengindikasikan bahwa 2019 adalah tahun paling aktif selama hampir satu dekade.

 

3 dari 8 halaman

2. Dugaan Retorika Anti-Lingkungan dari Presiden Brasil

Aktivis mengatakan retorika anti-lingkungan dari Presiden Brasil Jair Bolsonaro telah mendorong kegiatan pembersihan pohon sejak ia berkuasa pada Januari.

Menanggapi kritik di dalam dan luar negeri, Bolsonaro mengumumkan bahwa ia melarang pembakaran untuk membuka lahan selama 60 hari.

Presiden juga telah menerima tawaran empat pesawat untuk memerangi api dari pemerintah Chili dan telah mengirim 44.000 tentara ke tujuh negara bagian untuk memerangi api.

Namun, ia menolak tawaran G7 sebesar $ 22 juta setelah pertikaian dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron.

 

4 dari 8 halaman

3. Kebakaran Hutan Amazon di Brazil Utara Adalah yang Terparah

Sebagian besar daerah yang terkena dampak paling parah dari kebakaran berada di utara negara itu.

Roraima, Acre, Rondônia, dan Amazonas semuanya melihat peningkatan persentase kebakaran yang besar jika dibandingkan dengan rata-rata selama empat tahun terakhir (2015-2018).

Roraima melihat peningkatan 141%, Acre 138%, Rondônia 115% dan Amazonas 81%. Mato Grosso do Sul, lebih jauh ke selatan, mengalami kenaikan 114%.

Amazonas, negara bagian terbesar di Brasil, telah menyatakan keadaan darurat.

 

5 dari 8 halaman

4. Dugaan Deforestasi dan Penggundulan Hutan yang Disengaja

Peningkatan baru-baru ini dalam jumlah kebakaran di Amazon secara langsung berkaitan dengan deforestasi yang disengaja dan bukan akibat musim yang sangat kering, menurut LSM lingkungan, Amazon Environmental Research Institute (Ipam).

Direktur Ipam, Ane Alencar mengatakan, api sering digunakan sebagai cara untuk membuka lahan bagi peternakan setelah operasi penggundulan hutan.

"Mereka menebang pohon, membiarkan kayu mengering dan kemudian membakarnya, sehingga abu dapat menyuburkan tanah," katanya kepada situs web Mongabay.

Sementara skala pasti deforestasi di hutan hujan hanya akan pasti ketika angka 2019 diterbitkan pada akhir tahun, namun, data awal menunjukkan ada peningkatan yang signifikan tahun ini.

Data bulanan menunjukkan skala area yang dibuka telah merayap sejak Januari, tetapi dengan lonjakan pada Juli tahun ini - hampir 278% lebih tinggi dari pada Juli 2018, menurut badan antariksa nasional Brasil, Inpe.

Inpe melacak dugaan deforestasi secara real-time menggunakan data satelit, mengirimkan peringatan ke area bendera yang mungkin telah dibuka.

Lebih dari 10.000 peringatan dikirim pada bulan Juli saja.

Catatan jumlah kebakaran juga bertepatan dengan penurunan tajam denda yang diberikan untuk pelanggaran lingkungan, menurut analisis BBC.

 

6 dari 8 halaman

5. Polusi Akbar

Gumpalan asap dari api telah menyebar ke seluruh wilayah Amazon dan sekitarnya.

Menurut Copernicus Atmosphere Monitoring Service (Cams), bagian dari program pengamatan Bumi Uni Eropa, asap telah menyebar hingga ke pantai Atlantik.

Kebakaran itu telah melepaskan sejumlah besar karbon dioksida, setara dengan 228 megaton sejauh ini tahun ini, menurut Cams, yang tertinggi sejak 2010.

Mereka juga mengeluarkan karbon monoksida - gas yang dilepaskan ketika kayu dibakar dan tidak memiliki banyak akses ke oksigen.

Peta-peta dari Cams menunjukkan karbon monoksida ini - suatu polutan yang beracun pada tingkat tinggi - dibawa di luar garis pantai Amerika Selatan.

Cekungan Amazon - rumah bagi sekitar tiga juta spesies tanaman dan hewan, dan satu juta penduduk asli - sangat penting untuk mengatur pemanasan global, dengan hutannya menyerap jutaan ton karbon setiap tahun.

Tetapi ketika pohon ditebang atau dibakar, karbon yang disimpannya dilepaskan ke atmosfer dan kapasitas hutan hujan untuk menyerap karbon berkurang.

7 dari 8 halaman

6. Negara Lain Ikut Terdampak

Sejumlah negara lain di lembah sungai Amazon --wilayah yang membentang sepanjang 7,4 juta km persegi-- juga mengalami banyak kebakaran tahun ini.

Venezuela telah mengalami jumlah tertinggi kedua, dengan lebih dari 26.000 kebakaran, dengan Bolivia yang ketiga, dengan lebih dari 19.000. Ini merupakan kenaikan 79 persen pada tahun lalu. Peru, di tempat kelima, telah mengalami kenaikan 92 persen.

Ukuran kebakaran di Bolivia diperkirakan telah berlipat dua sejak akhir pekan lalu. Sekitar satu juta hektar terpengaruh.

Bolivia telah menyewa "supertanker" Boeing 747 dari AS untuk menjatuhkan air, dan menerima tawaran bantuan dari para pemimpin G7.

Pekerja darurat tambahan juga telah dikirim ke wilayah tersebut, dan tempat-tempat perlindungan sedang disiapkan untuk hewan-hewan yang keluar dari api.

Negara-negara Amerika Selatan berencana untuk bertemu di kota Leticia, Kolombia minggu depan untuk membahas tanggapan terkoordinasi terhadap kebakaran.

8 dari 8 halaman

7. Tahun 2019 Bukan yang Terburuk

Namun, kebakaran hutan Amazon pada 2019 bukanlah tahun terburuk dalam sejarah baru-baru ini. Brasil mengalami lebih banyak aktivitas kebakaran pada tahun 2000-an - dengan tahun 2005 menyaksikan lebih dari 142.000 kebakaran dalam delapan bulan pertama tahun ini.

Kebakaran hutan biasa terjadi di Amazon selama musim kemarau, yang berlangsung dari Juli hingga Oktober. Mereka dapat disebabkan oleh peristiwa yang terjadi secara alami, seperti sambaran petir, tetapi tahun ini sebagian besar diyakini telah dimulai oleh petani dan penebang yang membuka lahan untuk tanaman atau penggembalaan.

Ada peningkatan yang nyata dalam kebakaran besar, intens, dan persisten di sepanjang jalan utama di Amazon Brasil bagian tengah, kata Douglas Morton, kepala Laboratorium Ilmu Biosfer di Pusat Penerbangan Antariksa Goddard Space NASA.

Waktu dan lokasi kebakaran lebih konsisten dengan pembukaan lahan daripada dengan kekeringan regional, ia menambahkan.

Analisis data satelit NASA bulan ini menunjukkan bahwa total aktivitas kebakaran pada 2019 di seluruh Amazon, bukan hanya Brasil, mendekati rata-rata bila dibandingkan dengan periode 15 tahun yang lebih lama.

Angka-angka dari Inpe Brasil, yang berasal dari tahun 1998, juga menunjukkan negara itu mengalami periode kebakaran yang lebih buruk pada tahun 2000-an.

Laporan pada pertengahan Agustus, termasuk di BBC, mengatakan ada catatan jumlah kebakaran di Brasil tahun ini. Inpe sejak itu membuat lebih banyak data dapat diakses dengan mudah, menunjukkan seberapa jauh catatannya membentang. Kami sekarang telah mengubah laporan kami untuk mencerminkan informasi ini.

Angka-angka bersejarah Inpe didukung oleh angka-angka dari Cams, yang menunjukkan total emisi setara CO2 - yang digunakan untuk mengukur jumlah dan intensitas aktivitas kebakaran - juga lebih tinggi di Brasil pada pertengahan 2000-an.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.