Sukses

4 Negara ini Pindahkan Ibu Kota Karena Alasan Serupa dengan Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Pemindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta akhirnya diputuskan Presiden Jokowi. Ibu Kota baru akan berada di sebagian Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Jokowi mengatakan, ada beberapa alasan yang mendorong pemindahan ibu kota negara dan pemerintahan. Yakni faktor keamanan, lokasi strategis, kedekatan dengan wilayah kota yang berkembang (Balikpapan dan Samarinda), kelengkapan infrastruktur, dan ketersediaan lahan milik pemerintah. 

Meski demikian, DKI Jakarta tetap memiliki peran sebagai pusat transaksi ekonomi dan bisnis internasional bagi negara Indonesia, seperti yang diungkapkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Bambang Brodjonegoro.

Selain Indonesia, ternyata ada beberapa negara di dunia yang pernah melakukan pemindahan ibukota dengan alasan serupa.  

Berikut adalah negara-negara di dunia yang pernah melakukan pemindahan ibu kota dengan alasan yang sama dengan Indonesia berdasarkan beberapa sumber yang telah dirangkum Liputan6.com:

2 dari 6 halaman

1. Kazakhstan, pada tahun 1997 negara ini memindahkan ibu kota dari Almaty ke Astana yang kemudian berubah nama menjadi Nur-Sultan. Lokasi strategis, keamanan karena mengihindari konflik, serta risiko bencana yang kecil menjadi alasan pemindahan ibu kota negara Kazakhstan.

3 dari 6 halaman

2. Nigeria, negara tersebut memindahkan ibu kota dari Lagos ke Abuja pada 1991. Alasan kepadatan penduduk atau demografi, keamanan karena konflik etnis, serta letak geografis yang strategis adalah penyebab pemindahan ibu kota Nigeria.

4 dari 6 halaman

3. Belize, pada tahun 1970 ibu kota negara berpindah dari Kota Belize ke Belmopan, setelah pada tahun 1961 Badai Hattie merusak Kota Belize. Keamanan dan jauh dari risiko bencana alam adalah alasan pemindahan ibu kota negara Belize.

5 dari 6 halaman

4. Tanzania, negara tersebut memindahkan ibu kota dari Dar es Salaam ke Dodoma pada tahun 1974 dengan menghabiskan dana sebanyak 186 juta poundsterling setelah dilakukannya referendum partai nasional. Keamanan, lokasi strategis karena pusat kota, serta memiliki iklim yang baik adalah alasan pemindahan ibu kota yang dilakukan negara Tanzania.

 

Rerporter: Hugo Dimas

6 dari 6 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Modern Pentathlon Tambah Emas Indonesia di SEA Games 2019
Artikel Selanjutnya
10 Fakta Kasus TKI Yuli yang Diduga Dideportasi Akibat Tulis Demo Hong Kong