Sukses

Beji Caid Essebsi, Presiden Tertua di Dunia dari Tunisia Wafat

Presiden Tunisia Beji Caid Essebsi meninggal dunia dalam usia 92 tahun, Kamis (25/7/2019).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Tunisia Beji Caid Essebsi meninggal dunia di usia 92 tahun pada Kamis (25/7/2019).

Sebelum wafat, presiden tertua di dunia ini sempat dirawat di rumah sakit pada Rabu 24 Juli. Namun, para pejabat Tunisia tidak mengungkap alasan Essebsi mendapat perawatan tersebut.

"Sebelumnya Essebsi juga pernah dirawat di rumah sakit pada Juni 2019 akibat menderita "krisis kesehatan yang parah," kata pejabat setempat, seperti dilansir BBC.

Perdana Menteri Tunisia, Youssef Chahed yang sempat menjenguk Essebsi di rumah sakit sempat mendesak semua pihak untuk berhenti menyebarkan "berita palsu" tentang kondisi kesehatan presiden.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menang pada 2014

Essebsi memenangkan pemilihan bebas pertama di Tunisia pada 2014 setelah pemberontakan Arab di seluruh wilayah. Awal 2019, ia mengumumkan tidak akan maju dalam pemilihan yang akan digelar pada November.

Sebelum Essebsi menjabat, Tunisia dipimpin Zine el-Abedine Ben Ali yang digulingkan pada 2011 setelah 23 tahun menjabat.

Sejak itu, Tunisia mendapat pujian sebagai satu-satunya negara demokrasi yang muncul dari revolusi yang disebut musim semi Arab.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.