Sukses

Gempa Magnitudo 7,1 Guncang California AS, Terbesar dalam 20 Tahun

Gempa bermagnitudo 7,1 melanda California Selatan, menjadi guncangan terbesar yang pernah menghantam daerah itu dalam 20 tahun terakhir.

Liputan6.com, California - Gempa bermagnitudo 7,1 melanda California Selatan pada Jumat malam waktu setempat, 5 Juli 2019. Lindu itu adalah kedua kalinya dalam kurun waktu kurang dari dua hari, di mana pada Kamis 4 Juli daerah yang sama mengalami guncangan magnitudo 6,2.

Pusat gempa terletak di dekat Kota Ridgecrest, Negara Bagian California AS, sekitar 100 mil dari Los Angeles, lapor portal berita daring LA Times dikutip Sabtu (6/7/2019). Guncangan ini merupakan yang terbesar dalam hampir 20 tahun di tempat itu.

Pasca-gempa primer yang terjadi pada Kamis, 4 Juli 2019, telah terdapat kerusakan kecil di sekitar pusat gempa. Saat itu, para ilmuwan telah memperingatkan bahwa lindu 6,2 yang terjadi dapat memicu guncangan yang lebih besar.

Kota Ridgecrest telah diguncang oleh banyak gempa susulan pada beberapa hari terakhir, termasuk yang berkekuatan 5,4 - sebelum lindu 7,1 menghantam.

Gempa yang terakhir ini berkekuatan lebih besar dari pada lindu yang menghantam wilayah Northridge pada 1994, yang sangat merusak. Saat itu, gempa hanya berkekuatan 6,6 namun terjadi di daerah perkotaan.

Gempa sebesar apa yang menghantam pada Jumat malam, pernah terjadi pada 1999 silam, di daerah Tambang Hector di Gurun Mojave. Karena jaraknya yang jauh dari Los Angeles, saat itu guncangan tidak menyebabkan kerusakan besar.

Simak pula video berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gempa Sebelumnya

Sementara itu, gempa magnitudo 6,4 yang mengguncang Kota Ridgecrest pada Kamis 4 Juli 2019 telah menyebabkan kerusakan dan kebakaran.

Episentrum gempa bermagnitudo 6,4 itu berada di dekat Kota Ridgecrest, yang berjarak sekitar 240 km timur laut Los Angeles.

Petugas pemadam kebakaran memberikan bantuan medis dan menangani kebakaran di dalam dan sekitar kota yang terjadi pada Jumat 5 Juli, atau sehari usai gempa mengguncang.

Orang-orang dari Gurun Mojave hingga pesisir pantai Pasifik melaporkan merasakan gempa tersebut, yang melanda pada Hari Kemerdekaan AS atau 4th of July.

Ada kerusakan signifikan di Ridgecrest, yang terletak di barat daya pusat gempa, kata ahli geofisika setempat, Profesor John Rundle kepada BBC.

Dia menambahkan, beruntung gempa terjadi jauh dari pusat populasi besar di kota-kota California.

Rumah Sakit Regional Ridgecrest dievakuasi, kata Departemen Pemadam Kebakaran Kern Conty (kabupaten). Layanan itu telah menanggapi hampir dua lusin insiden mulai dari bantuan medis untuk cedera ringan hingga kebakaran.

Gempa susulan telah diramalkan oleh Lucy Jones, seismolog dari US Geological Survey (USGS) pada Jumat pagi. Jones mengatakan kemungkinan akan ada sejumlah gempa susulan di wilayah California, dengan beberapa diperkirakan memiliki magnitudo kuat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.