Sukses

Pria di China Beli Lautan Senilai Rp 1,4 Miliar untuk Hadiah Sang Pacar

Pria asal China diketahui membelikan lautan seluar 210 hektar seharga US$ 99.000 atau setara dengan Rp 1,4 miliar.

Liputan6.com, Beijing - Sepasang kekasih di China jadi bahan perbincangan setelah sang pria membelikan sebuah kado hari Valentine (versi China) pada 20 Mei lalu, yang super mahal dan tidak biasa.

Dikutip dari laman Oddity Central, Kamis (30/5/2019) pria tersebut diketahui membelikan lautan seluar 210 hektar seharga US$ 99.000 atau setara dengan Rp 1,4 miliar.

Posisi lautan itu ada di Shandong, tak jauh dari Pulai Cheniushan, China. Semula, laut itu awalnya milik sebuah perusahaan peternakan ikan sebelum dibeli pria itu secara lelang daring.

Pria itu kemudian memberikannya kepada sang pacar sebagai hadiah kasih sayang. Perempuan itu kemudian memberitahukan hadiah si pacar melalui media sosial WeChat.

Diberitakan media lokal, perempuan yang tak disebutkan identitasnya itu berkata dia mendapat hadiah tersebut setelah mengomeli sang kekasih akibat lupa tentang 20 Mei.

Sejumlah netizen pun menyuarakan kekaguman terhadap hadiah yang dibelikan oleh pria bermarga Zhang itu. Namun, ada juga yang menyatakan tidak percaya.

Sebabnya, mereka tidak bisa memahami bagaimana Zhang bisa membeli laut terbuka itu. Namun, menurut berdasarkan undang-undang di China, ternyata bisa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengklaim Sesuai Hukum

Menurut Zhang, hukum kepemilikan di China sangat menekankan bahwa perairan teritorial merupakan milik negara yang tidak bisa dijual atau dibeli.

Tetapi ia juga menekankan ada hukum yang mengatur tentang hak penggunaan.

"Organisasi maupun individu bisa mengajukan hak penggunaan laut dengan departemen kemaritiman," jelas Zhang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini