Sukses

Jangan Salah Diagnosis, Ini 8 Penyakit Ringan Vs Kronis dengan Gejala Mirip

Liputan6.com, Jakarta - Terkadang, sebuah gejala penyakit yang kita besar-besarkan nyatanya hanya biasa saja dan tidak mengancam nyawa atau kehidupan.

Di satu sisi, jika dibiarkan bisa jadi itu adalah penyakit ganas yang sangat mematikan dan lambat laun akan membunuh kita.

Sejumlah penyakit ini punya kesamaan gejala. Sehingga kita mesti pintar membedakan mana yang berbahaya dan tidak.

Seperti dikutip dari laman Brightside.me, Kamis (30/5/2019), berikut 8 penyakit ringan yang punya gejala sama seperti serangan penyakit kronis dan cara membedakannya:

2 dari 5 halaman

1. Serangan Jantung vs Serangan Panik

Terkadang sangat sulit untuk membedakan serangan jantung dari serangan panik karena, pada pandangan pertama, gejalanya memiliki banyak kesamaan.

Nyeri menusuk yang tajam sering kali mengindikasikan serangan jantung. Dalam banyak kasus, rasa sakit ini hanya ada di lengan kiri.

Berikut adalah beberapa perbedaan antara serangan jantung dan serangan panik:

Orang yang mengalami serangan jantung akan bernapas cepat dan mereka tidak panik. Tetapi itu bisa membuat mereka begitu sakit.

Sebelum itu, mereka mungkin merasa sakit kepala dan gemetaran. Dalam kasus serangan panik, seseorang memiliki perasaan kehilangan kendali atas saraf dan pikiran mereka.

Jika Anda mengalami serangan panik, tubuh Anda tegang, jadi Anda sangat mungkin menderita sakit otot.

3 dari 5 halaman

2. Meningitis vs Flu

Meningitis adalah peradangan selaput lunak di sekitar otak dan sumsum tulang belakang.

Ini sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kerusakan otak. Itulah mengapa sangat penting untuk mendapatkan diagnosis dini yang benar. Gejala umum seperti demam, tangan dingin, sakit otot, sakit kepala, dan kelelahan.

Penyakit ini sering disamakan dengan flu biasa karena gejalanya sangat mirip.

4 dari 5 halaman

3. Tuberkulosis vs Pilek Biasa

Tuberkulosis masih merupakan salah satu penyakit mematikan paling umum di dunia. Dengan penyakit ini, bakteri biasanya menyerang paru-paru, tetapi mereka juga dapat merusak bagian tubuh lainnya.

TBC menyebar melalui udara ketika seseorang batuk, bersin, atau berbicara. Tetapi suhu pada orang dengan TBC tidak naik terlalu tinggi, hanya ada pada 99,5°F (37-37,5°C) dan naik terutama di malam hari.

Gejala-gejala seperti kelelahan, demam, keringat malam, dan kedinginan mungkin membuat Anda berpikir bahwa Anda menderita flu biasa.

Tetapi ada gejala khusus yang harus diperhatikan yang memberi tahu Anda itu bukan hanya flu, seperti:

- Batuk yang berlangsung tiga minggu atau lebih

- Batuk dengan darah

- Sakit dada atau sakit saat bernapas atau batuk

- Penurunan berat badan yang tidak disengaja

5 dari 5 halaman

4. Kanker Payudara vs Mastitis

Hampir setengah dari pasien kanker didiagnosis terlambat. Sekitar seperempat dari pasien kanker mengetahui tentang penyakit mereka begitu penyakit itu pindah ke stadium lanjut.

Gejala kanker sangat mirip dengan tanda-tanda penyakit lain. Sebagai contoh, kanker payudara mirip dengan mastitis, dan tumor ganas usus besar memiliki gejala yang mirip dengan kolitis ulserativa atau sindrom iritasi usus besar.

Anda mungkin memiliki gejala yang sama seperti mastitis dengan iritasi kulit, kemerahan, nyeri, dan rasa hangat pada payudara.

Harap perhatikan tanda-tanda kanker yang lebih spesifik seperti:

- Payudara gatal

- Benjolan atau bening terasa di atau di dalam payudara

- Benjolan di payudara

- Reaksi puting

- Periksa sendiri payudara Anda secara teratur.