Sukses

Menanti Janji Mantan Istri Bos Amazon Berbagi Setengah Kekayaan untuk Amal

Istri bos Amazon, Jeff Bezos berjanji akan menyumbangkan setengah kekayaannya untuk amal.

Liputan6.com, Washington DC - MacKenzie Bezos, yang beberapa bulan lalu menceraikan pria paling kaya di dunia, berjanji menyumbangkan setengah kekayaannya untuk kegiatan amal.

Mantan istri pendiri dan CEO Amazon Jeff Bezos adalah satu dari 19 miliarder baru yang menandatangani Giving Pledge, berjanji untuk menyumbangkan lebih dari 50 persen kekayaan mereka, demikian menurut organisasi Giving Pledge, sebagaimana dilansir dari VOA Indonesia pada Kamis (30/5/2019).

"Saya punya kelebihan uang yang harus dibagikan," kata mantan istri Jeff Bezos itu dalam surat yang diterbitkan pada Selasa, 28 Mei 2019.

"Pendekatan filantropi akan saya lakukan dengan hati-hati. Ini butuh waktu, upaya, dan perhatian. Tetapi saya tidak akan menunggu. Saya akan terus mengusahakannya sampai tabungan itu kosong," lanjut MacKenzie.

Kekayaan pribadi Jeff Bezos hampir mencapai $37 miliar, sehingga MacKenzie merupakan orang terkaya ke-22 di dunia, demikian menurut Indeks Miliarder Bloomberg.

Organisasi Giving Pledge dibentuk oleh miliarder Warren Buffett serta Bill dan Melinda Gates pada 2010. Organisasi ini minta orang-orang terkaya di dunia berjanji menyumbangkan setengah dari kekayaan mereka selama hidup mereka atau dalam surat warisan mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jeff Bezos Belum Tanda Tangani Komitmen Amal

Adapun Jeff Bezos yang kekayaannya ditaksir mencapai $ 114 miliar, belum menandatangani komitmen itu. Tetapi dia mengirim cuitan yang isinya mendukung keputusan mantan istrinya.

"MacKenzie akan menjadi orang yang luar biasa dan bijaksana, serta efektif dalam filantropi, dan saya bangga dengan MacKenzie," demikian cuitan Jeff Bezos di Twitter.

 

Miliarder lain yang telah menandatangani Giving Pledge termasuk Elon Musk, raja minyak T Boone Pickens, Michael Bloomberg, Richard Branson, dan salah satu pendiri WhatsApp Brian Acton dan istrinya, Tegan.

3 dari 3 halaman

Kylie Jenner hingga Jeff Bezos, 6 Miliarder Dunia Ini Bisa Beli Kota dan Isinya

Tak hanya sekedar rumah impian, jika kita memiliki kekayaan seperti miliarder terkaya di dunia, Jeff Bezos, sebuah kota beserta perumahan di dalamnya bisa dibeli.

Dan bagi sang bos Amazon, nyatanya memang demikian.

Pria yang besar di negara bagian Texas, Amerika Serikat itu sekarang cukup kaya untuk membeli setiap rumah di ibu kota negara bagian Austin, yang akan menelan biaya sekitar US$ 129,9 miliar, menurut situs real estat Redfin seperti dikutip dari CNBC.

Bezos bisa membeli perumahan di Austin yang terdiri dari sekitar 280.000 rumah keluarga tunggal, kondominium dan townhouse, lanjut Redfin.

Dia juga bisa membeli 200.000 unit rumah di Washington, DC senilai total US$ 131,5 miliar, menurut Redfin.

Tentu saja, kekayaan bersih miliarder bukan hanya terdiri dari uang tunai.

Jeff Bezos, orang terkaya dalam sejarah modern, yang saat ini bernilai US$ 134,4 miliar, harus melikuidasi sekitar 80 juta sahamnya di Amazon, yang menyumbang lebih dari 90 persen dari kekayaannya per Oktober 2019. Dan dia mungkin harus menjual segenggam properti bernilai jutaan dolar di seluruh negeri.

Redfin menghitung nilai agregat rumah di kota-kota AS dengan lebih dari 1.000 rumah untuk menentukan orang terkaya di dunia yang secara hipotetis mampu membeli setiap rumah di kota itu.

Nilai agregat didasarkan pada estimasi Redfin sendiri untuk setiap nilai rumah dan mengecualikan properti seperti bangunan apartemen dengan unit sewaan.

Ironisnya, Bezos tidak memiliki cukup kekayaan untuk membeli setiap rumah di Seattle, di mana Amazon berkantor pusat. Redfin memperkirakan bahwa sekitar 230.000 rumah di Seattle bernilai total US$ 182,9 miliar.

Tapi bukan hanya Jeff Bezos yang mampu memiliki setiap rumah di kota. Beberapa miliarder di bawah ini juga bisa melakukannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini