Sukses

Kerap Salah Kaprah, Ini Cara yang Benar Konsumsi Pisang hingga Kue Mangkuk

Liputan6.com, Jakarta - Pada November 2013, blog tentang makananFoodBeast, memposting sebuah video berjudul "How to Eat an Apple Like a Boss" dan unggahan itu dengan cepat menjadi viral. Kenapa demikian?

Dalam klip tersebut, si pengunggah berusaha menjelaskan kepada seluruh pengguna internet di dunia tentang cara memakan makanan yang benar, yang tidak umum dilakukan.

Kali ini, tema yang diangkatnya adalah apel. Ketimbang memakan buah ini dengan mengulitinya dari luar ke inti --yang menghabiskan sekitar 30 persen dagingnya-- orang seharusnya memakan apel dengan cara dikupas kulitnya dari atas ke bawah, agar bisa mengonsumsinya 100 persen.

Ternyata, apel bukan satu-satunya makanan yang dimakan dengan cara yang salah selama ini. Lalu, jenis makanan apa saja yang rupanya memiliki cara lain untuk dimakan?

Berikut 5 di antaranya, seperti dikutip dari Mental Floss, Rabu (6/2/2019).

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 6 halaman

1. Pisang

Kebanyakan orang mulai mengelupas pisang dari pangkal hingga ke ujung atas. Tetapi, jika pisang dikupas dari atas menuju pangkal, pekerjaan ini akan lebih mudah.

Selain itu, daging buahnya akan terhindar dari potongan berserat. Cara in juga merupakan cara yang sering diterapkan oleh monyet.

3 dari 6 halaman

2. Jeruk

Jika Anda memiliki pisau yang praktis di dapur Anda, maka membuka jeruk tidak menjadi pekerjaan yang merepotkan. Potong ujung jeruk dalam irisan tipis. Kemudian, potong membentuk setenagh lingkaran berdasarkan celahnya.

Setelah itu, jeruk seharusnya terbuka, membentuk sederet ruas buah yang bagus.

4 dari 6 halaman

3. Roti Lapis dan Selai Kacang

Sebagian besar orang yang mengonsumsi roti lapis dengan olesan selai kacang dan jeli, umumnya akan mengalami kejadian di mana selai dan jeli tersebut merembes keluar dari sisi roti saat roti digigit.

Akibatnya, baju mereka menjadi korban jatuhnya selai dan jeli tersebut. Rupanya, ada cara yang pas untuk membuat selai dan jeli tidak merembes keluar dari dalam roti lapis.

Pertama, oleskan selai kacang sebanyak yang diinginkan pada salah satu permukaan roti. Lalu, buatlah agar selai kacang membentuk blok atau perbatasan, seperti kubangan untuk menampung jeli.

Masukkan jeli ke bagian penampungan tersebut, dan roti lapis pun siap dikonsumsi.

5 dari 6 halaman

4. Panekuk

Menuangkan sirup atau cairan karamel atau gula di atas panekuk adalah cara yang tidak efisien, sebab hanya bagian atas panekuk saja yang akan benar-benar basah, sedangkan bagian tengah ke bawah akan tetap kering.

Solusinya: buat lubang di tengah tumpukan panekuk sebelum menuangkan sirup. Cara ini diyakini ampuh untuk mendistribusikan sirup, gula, cairan karamel, agar lebih merata di seluruh tubuh panekuk.

6 dari 6 halaman

5. Kue Mangkuk

Cara memakan kue mangkuk yang benar adalah singkirkan bungkusnya, belah bagian bawah kue, jadikan dua (atas dan bawah).

Tempelkan potongan bagian bawah kue ke bagian atas, agar menempel dengan krimnya (menyerupai roti lapis).

Anda pun bisa menikmati kue mangkuk tanpa harus mengotori hidung karena krimnya.