Sukses

Gedung Putih: Ivanka Trump Tak Dicalonkan Jadi Kepala World Bank, tapi...

Gedung Putih mengatakan bahwa Ivanka Trump tidak dipertimbangkan dalam pencalonan Kepala Bank Dunia berikutnya.

Liputan6.com, Washington DC - Gedung Putih pada Senin, 14 Januari 2019, mengatakan bahwa Ivanka Trump, putri Presiden Donald Trump sekaligus penasihat seniornya, tidak dipertimbangkan dalam pencalonan Kepala Bank Dunia berikutnya.

"Tapi Ivanka, bagaimana pun, mengawasi pencarian internal untuk kepala (Bank Dunia) baru," jelas Gedung Putih seperti dikutip dari CNBC, Selasa (15/1/2019).

"Menteri Keuangan AS Steve Mnunchin dan Kepala Staf Kepresidenan Mick Mulvaney telah meminta Ivanka Trump untuk membantu mengelola proses nominasi calon dari AS karena dia bekerja erat dengan kepemimpinan Bank Dunia selama dua tahun terakhir," ujar pihak kantor kepresidenan AS tersebut.

Dalam sebuah pernyataan, juru bicara Gedung Putih Jessica Ditto pun menepis laporan yang menyebut bahwa Ivanka dicalonkan menjadi Kepala World Bank, menyebut kabar itu "palsu."

Pekan lalu, Financial Times melaporkan bahwa Ivanka Trump, bersama sejumlah nama, tengah dipertimbangkan untuk peran Kepala Bank Dunia.

Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim mengumumkan pekan lalu bahwa ia akan mengundurkan diri dari jabatannya efektif mulai 1 Februari 2019.

Kim, yang menduduki jabatannya sekarang berkat nominasi Presiden Barack Obama, akan mundur sebelum masa jabatannya berakhir pada 2022.

Reuters, mengutip dua orang yang akrab dengan pengumuman itu, melaporkan bahwa Kim meninggalkan Bank Dunia dengan persyaratannya sendiri, dan "bukan karena diusir" oleh pemerintahan Trump.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nominasi Lainnya...

Nominasi lain untuk pemimpin Bank Dunia antara lain Wakil Menteri Keuangan untuk internasional David Malpass, Direktur US Agency for International Development (USAID) Mark Green, dan Mantan Duta Besar untuk PBB, Nikkei Haley. Demikian laporan Financial Times, yang dikutip dari laman Business Insider, Sabtu 12 Januari 2019.

Seorang juru bicara Kementerian Keuangan AS menuturkan, pihaknya telah mengirim sejumlah nama rekomendasi untuk kandidat yang baik dan memulai proses peninjauan internal untuk memilih seorang kandidat yang diajukan ke Dewan Bank Dunia.

Dewan Bank Dunia mengatakan akan mulai menerima nominasi untuk pemimpin baru pada awal Februari dan memberi nama pengganti Jim Yong Kim pada pertengahan April 2019.

Bank Dunia yang berbasis di Washington DC didirikan setelah Perang Dunia II untuk membiayai proyek pembangunan ekonomi di negara berkembang. Biasanya Bank Dunia dipimpin oleh seorang berasal dari Amerika Serikat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.