Sukses

Demi Dapat Rekor Retweet, Pengusaha Jepang Ini Rela Kasih Rp 130 Juta ke Orang Banyak

Liputan6.com, Tokyo - Beberapa bulan setelah dinobatkan sebagai penumpang pertama dalam penerbangan roket Elon Musk, yang direncanakan akan mengelilingi Bulan, miliarder Jepang Yusaku Maezawa mendapatkan rekor terbarunya.

Ia disebut sebagai orang yang memiliki akun dengan retweet paling banyak di dunia dari kicauannya di Twitter. Oleh karena itu, Maezawa dikatakan sebagai pencetak sejarah baru dalam 13 tahun umur media sosial tersebut.

Menulis dalam bahasa Jepang, Maezawa mencatat--pada twit yang diunggah 5 Januari--bahwa ritel fashion daring miliknya, Zozotown, telah mendapatkan penjualan yang mencengangkan.

Untuk merayakannya, pria 43 tahun ini akan memberikan hadiah secara gratis dan cuma-cuma kepada siapa saja yang me-retweet kicauannya tersebut.

Sebagai bentuk apresiasinya, ia menegaskan akan memberikan 1 juta yen (Rp 130 juta) secara tunai kepada 100 orang secara acak. Bila sudah menemukan pemenangnya, ia akan menghubungi mereka melalui Direct Message setelah batas waktu 7 Januari 2019 waktu setempat.

Hingga berita ini dibuat, twit Maezawa sudah di-retweet 4,9 juta kali dan disukai 1,2 juta. Jumlah pengguna Twitter yang mengikuti akun Maezawa pun melonjak. Kini sudah 5,4 juta dari sekitar 500.000 pada akhir pekan lalu.

Maezawa telah mengumpulkan kekayaan pribadi yang diperkirakan mencapai US$ 3 miliar, sehingga menjadikannya orang terkaya ke-18 di Jepang, menurut Forbes yang dilansir The Guardian dan dikutip oleh Liputan6.com pada Senin (7/1/2019).

 

 

Saksikan video tentang Yusaku Maezawa berikut ini:

2 dari 2 halaman

Wisata ke Bulan dan Ajak Seniman Lokal

Sebelumnya, Maezawa juga sempat menghebohkan media dalam dan luar negeri. Ia merupakan orang pertama yang akan terbang ke Bulan, meski ia bukan astronaut. Ia tidak akan pergi sendiri, melainkan ditemani beberapa seniman.

Dikutip dari Business Insider, Rabu, 19 September 2018, Maezawa telah membeli semua bangku penumpang Big Falcon Rocket dan ia akan memilih enam sampai delapan seniman untuk menemaninya ke satelit alami Bumi. Belum diketahui siapa saja yang akan ia ajak.

Maezawa merupakan pendiri dari Zozotown, sebuah usaha ritel daring di bidang pakaian. Ia juga merupakan pencinta dan kolektor seni.

Ketika muda, ia adalah pemain drum di sebuah grup rock indie bernama Switch Style. Nama panggungnya kala itu adalah YOU X SUCK. Ia memutuskan tidak ingin menjadi pekerja kerah putih setelah melihat wajah-wajah letih dalam perjalanan kerjanya di pagi hari.

Pada tahun 2017 kemarin, Maezawa menjadi sorotan media karena membeli lukisan karya Jean-Michel Basquiat senilai USD 110 juta atau setara Rp 1,68 triliun bila disesuaikan dengan nilai dolar saat ini.

Berkat bisnis pakaian yang sukses dia kembangkan, Maezawa memiliki harta USD 3 miliar atau setara Rp 4,4 triliun (USD 1 = Rp 14.871). Dia pun telah akrab berkomunikasi dengan Elon Musk, pendiri SpaceX, terkait perjalanan ke Bulan.

Maezawa akan terbang mengelilingi Bulan setidaknya pada 2023. Uniknya, dia ingin membawa serta sejumlah seniman itu untuk mengubah seluruh perjalanan menjadi proyek seni bernama #dearmoon.

"Akhirnya, aku bisa mengumumkan kepada kalian bahwa aku terpilih untuk terbang ke Bulan! Aku pergi ke Bulan bersama seniman!" kata Maezawa memberikan pengumuman.

"Saya ingin mengundang 6 hingga 8 seniman dari seluruh dunia untuk bergabung dalam perjalanan ke Bulan. Para seniman akan diminta untuk membuat sebuah karya seni sekembalinya mereka ke Bumi," tuturnya.

Maezawa sendiri belum menentukan siapa saja seniman yang akan diajaknya berwisata luar angkasa. Namun dia menyebut, para seniman ini bisa mewakili berbagai bidang seni seperti pelukis, musikus, sutradara, dan lainnya.

Pemerintah Tunisia Dorong Warganya Berpoligami?

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Siap-siap, Melancong ke Jepang Kini Kena Pajak 1.000 Yen
Artikel Selanjutnya
Mengapa Wasabi Harus Dimakan Bersama Sushi?