Sukses

Hari Peluk Nasional... 5 Perayaan Aneh yang Kerap Diperingati pada Januari

Liputan6.com, Dublin - Tahun Baru telah berlalu. Meskipun "musim liburan" telah berakhir, namun tahukah Anda bahwa bulan Januari penuh dengan hari libur yang sangat menyenangkan, spesifik, unik dan bahkan terbilang aneh. Akan tetapi, hanya orang-orang di beberapa negara yang merayakannya.

Hari libur aneh yang ditetapkan secara tidak resmi pada bulan Januari, umumnya berlaku di negara-negara Barat. Orang-orang yang merayakannya pun menyambutnya dengan suka cita, bahkan "meliburkan diri" dari pekerjaan mereka.

Lantas, hari libur aneh seperti apa yang selalu dirayakan pada Januari? Berikut lima di antaranya, seperti dikutip dari Mental Floss, Kamis (3/1/2019).

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 6 halaman

1. 1 Januari - First Foot Day

Dalam tradisi Tahun Baru di Skotlandia dan Inggris utara, orang pertama yang masuk ke rumah seseorang disebut first-footer dan dianggap sebagai wakil dari Dewi Fortuna --dewi keberuntungan--.

Ketika hendak bertandang ke rumah teman, rekan kerja, tetangga, atau kerabat pada Tahun Baru, seseorang harus membawa beberapa barang seperti batu bara, wiski, uang tunai, keju, atau roti.

3 dari 6 halaman

2. 3 Januari - Fruitcake Toss Day

Meskipun mungkin terdengar seperti acara kuliner Olimpiade, namun faktanya Fruitcake Toss Day adalah hari di mana warga diizinkan untuk membuang semua kue kismis buah yang diterima.

Meskipun roti dengan rasa lezat itu diketahui mampu bertahan selama satu abad atau lebih, namun orang-orang tetap merayakannya dengan suka cita.

Great Fruitcake Toss pertama diadakan di Manitou Springs, Colorado pada 3 Januari 1996. Setiap tahun, para peserta berlomba untuk melihat siapa yang bisa melemparkan kue kismis buah mereka paling jauh.

4 dari 6 halaman

3. 18 Januari - National Thesaurus Day

National Thesaurus Day adalah hari untuk memperingati kelahiran leksikograf (ahli perkamusan) asal Inggris, Peter Mark Roget --yang dikenal karena menerbitkan "Roget’s Thesaurus" atau The Thesaurus of English Words and Phrases pertama kali pada tahun 1852.

Ia lahir pada 18 Januari 1779 dan pensiun dari kariernya yang cemerlang di bidang kedokteran pada tahun 1840. Ia melanjutkan kehidupannya dengan berfokus pada penggarapan The Thesaurus of English Words and Phrasesedokteran dan kehidupan di "Kata-kata dan Frasa-frase Bahasa Inggris Roget."

Tesaurus telah digunakan oleh para penulis dan penyair untuk membantu membuat tulisan mereka menjadi hidup serta memperluas kosakata.

5 dari 6 halaman

4. 21 Januari - National Hugging Day

National Hugging Day adalah acara tahunan yang didedikasikan untuk pelukan. Awal mula dicetuskan oleh Kevin Zaborney dan dilaksanakan setiap tahun pada 21 Januari.

National Hugging Day pertama kali dirayakan pada 21 Januari 1986 di Clio, Michigan, Amerika Serikat. Gagasan hari libur aneh tersebut faktanya mendorong semua orang dari berbagai negara untuk lebih sering memeluk keluarga, teman, kekasih, pasangan, anak, suami dan istri.

Bahkan kini aksi tersebut sudah merambah ke jalan raya dan memeluk orang asing yang tidak saling kenal, demi mewujudkan perdamaian dunia.

Namun, tidak asal peluk begitu saja. Seseorang yang ikut merayakan National Hugging Day harus bertanya terlebih dahulu kepada orang yang ingin dipeluk agar tidak menimbulkan salah spekulasi. 

6 dari 6 halaman

5. 24 Januari - National Beer Can Appreciation Day

24 Januari 1935 adalah hari yang penting bagi pecinta bir, sebab hari itu adalah hari ketika bir kaleng dijual pertama kali di Amerika. Sejak saat itu, bir kaleng telah menjadi minuman pokok pendamping barbekyu, barang kolektor, dan wadah unik yang didaur ulang.

Pemerintah Tunisia Dorong Warganya Berpoligami?

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Manfaatkan Libur Kuliah dengan 5 Hal Ini
Artikel Selanjutnya
Nikmati Hari Libur dengan Wisata Mancing di Jambi