Sukses

Julia Roberts hingga Tom Cruise, 4 Selebritas Dunia yang Memutuskan Pindah Keyakinan

Beberapa selebritas dunia ini memutuskan untuk hijrah, sesuai dengan keyakinan masing-masing.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap insan lahir dari keluarga yang beragam. Begitu pula keyakinan yang mereka anut. Ketika dewasa dan sudah cukup umur, seorang anak akan mencari jati diri, memilih sebuah agama berdasarkan apa yang mereka percaya. Tak terkecuali para selebritas dunia.

Saat kecil, ada selebritas yang agamanya mengikuti keluarga secara turun temurun, lalu saat beranjak dewasa, mereka bebas menentukan jalan hidupnya sendiri. Beberapa di antaranya memilih untuk berpindah keyakinan, lainnya tetap berada di 'jalur' yang sama.

Siapa saja selebritas papan atas dunia yang membuat pernyataan publik atau memperlihatkan ke hadapan para fan, tentang perpindahan keyakinan mereka? Berikut empat di antaranya, seperti dikutip dari in.bookmyshow.com, Selasa (11/12/2018).

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Julia Roberts - Kristen ke Hindu

Aktris Hollywood peraih Academy Award, Julia Roberts, telah memeluk agama Hindu sejak ia berperan sebagai Liz Gilbert dalam film Eat Pray Love. Dalam sebuah wawancara dengan The Hindu, ia menegaskan bahwa beralihnya keyakinan dia dari Kristen ke Hindu bukan sensasi semata.

"Ini mirip dengan Patsy of Razor's Edge karya Somerset Maugham. Aku dan Hindu saling melengkapi. Agama ini membagikan aspek umum tentang sosial, dan membuatku dapat menemukan kedamaian serta ketenangan batin dan pikiran. Hindu adalah salah satu agama peradaban tertua dan dihormati," ungkap aktris kelahiran 28 Oktober 1967 itu pada 13 November 2010.

"Saya tidak bermaksud meremehkan agama lain, hanya karena kesukaan saya pada Hindu. Saya tidak ingin membandingkan agama tertentu, karena sebuah perbandingan (dalam agama) adalah hal yang sangat buruk untuk dilakukan. Saya telah menerima kepuasan spiritual yang nyata melalui Hindu. "

Roberts, yang lahir dari pasangan Katolik (ibu) dan ayah Baptis, dilaporkan tertarik pada Hindu setelah melihat gambar Dewa Hanuman dan Guru Neem Karoli Baba, yang meninggal pada tahun 1973 dan belum pernah ditemuinya.

3 dari 5 halaman

2. Richard Gere - Kristen ke Buddha

Richard Tiffany Gere adalah aktor Amerika. Dia mulai main film pada 1970-an dengan melakoni peran pendukung. Ketenarannya bermula saat bermain dalam film American Gigolo, yang menetapkan dirinya sebagai tokoh utama dan simbol seks.

Laki-laki kelahiran 31 Agustus 1949 tersebut lahir dan dibesarkan di tengah keluarga Kristen. Namun, minatnya pada ajaran Buddha dimulai ketika ia berusia dua puluhan, saat dia tidak bahagia, mencari, dan mengajukan pertanyaan seperti, "Mengapa tercipta sesuatu?" Pada mulanya, Gere mempelajari Zen --salah satu aliran Buddha Mahayana.

Setelah belajar Zen selama lima atau enam tahun, ia melakukan perjalanan ke Nepal, di mana ia bertemu dengan banyak biksu dan lama (biksu Tibet atau Mongolia). Dia kemudian bertemu dengan Dalai Lama ke-14 di India dan menjadi seorang praktisi Buddha Tibet.

Gere selalu tertarik pada filsafat di sekolah. Terlebih ketika ia diperkenalkan kepada filsuf Barat, Uskup Berkeley, dan idealisme subjektifnya.

4 dari 5 halaman

3. Sharmila Tagore - Hindu ke Islam

Aktris Bollywood, Sharmila Tagore, yang pernah dianugerahi Padma Bhushan oleh Pemerintah India pada 2013, adalah salah satu selebritas internasional yang berpindah agama.

Wanita kelahiran 8 Desember 1944 di Kanpur, India ini kemudian jatuh cinta pada pemain kriket, Mansoor Ali Pataudi, dan masuk Islam sebelum menikah dengannya.

Dia dilahirkan dan dibesarkan di tengah keluarga yang mayoritas Hindu. Kemudian, ia mengubah namanya menjadi Ayesha Begum Sultana setelah pernikahannya. Pasangan itu telah dikaruniai tiga anak: aktor Saif Ali Khan, perancang perhiasan Saba Ali Khan dan aktris Soha Ali Khan.

5 dari 5 halaman

4. Tom Cruise - Kristen ke Scientology

Tom Cruise dibesarkan sebagai seorang Kristiani, tetapi pada fase awal karirnya, dia beralih ke keyakinan Scientology. Cruise adalah advokat vokal untuk Gereja Scientology dan program-program sosial yang terkait.

Dia masuk dalam Scientology pada tahun 1990 bersama istri pertamanya, Mimi Rogers.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.