Sukses

Menikahi Miss Moskow yang Jauh Lebih Muda, Ini 3 Fakta tentang Raja Malaysia

Liputan6.com, Johor - Baru-baru ini, Kepala Monarki sekaligus Kepala Negara Malaysia, Yang di-Pertuan Agong Sultan Muhammad V, dikabarkan telah menikah dengan pemenang kontes kecantikan Miss Moscow 2015, Oksana Voevodina.

Upacara pernikahan keduanya berlangsung pada 23 November 2018 di Barvikha Concert Hall, Moskow, Rusia. Meski terkesan tertutup, media sosial menyambut baik berita tersebut.

Banyak pula pihak yang memberikan ucapan selamat untuk keduanya--yang jarak usianya terpaut amat jauh, yakni 49 tahun dan 25 tahun.

Sebagaimana diketahui, Muhammad V adalah Putra Mahkota Kelantan sebelum ia dinobatkan menjadi Sultan pada tahun 2010. Ia kemudian diangkat menjadi Raja ke-15 Malaysia pada 13 Desember 2016.

Lahir di Kota Baru sebagai Tengku Muhammad Faris Petra ibni Tengku Ismail Petra, Muhammad V akan menjabat sebagai kepala negara selama 5 tahun.

Malaysia dengan sistem pemerintahan monarki konstitusional memiliki raja. Namun uniknya, raja di Negeri Jiran ini digilir jabatannya setiap lima tahun sekali, di antara sembilan sultan negara bagian.  

Di bawah monarki rotasi unik Malaysia di antara sembilan penguasa negara turun-temurun, raja baru, yang secara resmi dikenal sebagai Yang di-Pertuan Agong, akan menjabat selama lima tahun.

Meski jabatan tersebut sebagian besar bersifat seremonial, tetapi Raja dan keluarganya disebut cukup dihormati oleh rakyatnya. Jadi, seperti apa Raja Malaysia baru itu? Berikut 5 hal yang perlu diketahui tentangnya, seperti dilansir dari Asia One, Senin (26/11/2018).

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 4 halaman

1. Raja Malaysia Termuda

Sultan Muhammad V adalah salah satu raja konstitusional termuda di Malaysia yang pernah dilantik sepanjang sejarah negara itu.

Pada usia 47 tahun, ia sudah menduduki kursi kerajaan lebih cepat dari pendahulunya, Sultan Abdul Halim Mu'adzam Shah, yang usianya 89 tahun saat menjabat. Abdul Halim juga menjadi raja tertua di Malaysia, menurut laporan BBC.

3 dari 4 halaman

2. Mantan Kakak Ipar Manohara

Muhammad V merupakan anak pertama dari empat bersaudara yang lahir dari pasangan Sultan Ismail Petra ibni al-Marhum Sultan Yahya Petra dan Tengku Anis binti Tengku Abdul Hamid.

Ia mempunyai dua adik laki-laki, Tengku Muhammad Fakhry Petra dan Tengku Muhammad Faiz Petra, serta seorang adik perempuan bernama Tengku Amalin A’ishah Putri.

Sebagaimana diketahui, Tengku Muhammad Fakhry Petra merupakan mantan suami model Indonesia, Manohara Odelia Pinot. Keduanya menikah pada 26 Agustus 2008 dan bercerai pada 2009.

4 dari 4 halaman

3. Cerai dari Istri Pertama

Sultan Muhammad V adalah Raja pertama dalam sejarah Malaysia yang dilantik tanpa didampingi Ratu atau Raja Permaisuri Agong.

Dia menikah dengan Kangsadal Pipitpakdee of Yamu (bangsawan Pattani, Thailand) yang kemudian berganti nama menjadi Tengku Zubaidah Tengku Norudin setelah resmi dipersunting, pada 2004 dan bercerai pada 2008.

Jika pernikahannya dengan Oksana Voevodina telah dikonfirmasi, maka Malaysia akan memiliki seorang ratu dari Rusia.

Loading
Artikel Selanjutnya
Malaysia Akan Pulangkan 40 WN-nya yang Ditahan di Suriah Terkait Terorisme
Artikel Selanjutnya
Kisah Calon Kuat PM Malaysia Petik Nilai Kepemimpinan dari BJ Habibie