Sukses

Berapa Gaji Pilot Maskapai Penerbangan Internasional? Ini Kisarannya

Liputan6.com, Jakarta - Belum lama ini, publik dikejutkan dengan gaji pilot Lion Air JT 610, korban kecelakaan di Tanjung Karawang yang di bawah standar.

Gaji pilot asal India itu lebih rendah dari pendapatan pramugari dan co-pilotnya. Untuk itu, Kementerian Perhubungan menyelidiki kasus tersebut.

Ternyata, gaji pilot dari setiap maskapai penerbangan tidaklah sama. Tergantung dari jenis pesawat dan perusahaan itu sendiri.

Seperti dikutip dari data Phoenix East Aviation, berikut 4 fakta soal gaji pilot di maskapai internasional:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 5 halaman

1. Kisaran Awal Gaji

Pilot baru di maskapai penerbangan di Amerika Serikat biasanya memulai kisaran gaji mereka dengan tarif US$ 20-40 per-jam atau setara dengan Rp 300 ribu - 600 ribu.

Jadi, jika dikalkulasi gaji rata-rata pendapatan dari US$ 20 ribu - 40 ribu atau setara dengan Rp 298 juta - 596 juta.

Lazimnya, pilot maskapai penerbangan rata-rata bisa kerja hingga 75 jam atau 150 jam per bulan. Tak hanya gaji utama, mereka biasanya juga menerima tunjangan lain.

Selain upah per jam, mereka juga menerima upah apabila tengah menjalani pelatihan. Tunjangan mereka meliputi sejumlah hal, salah satunya tunjangan makan.

3 dari 5 halaman

2. Digaji Berdasarkan Jenis Pesawat

Gaji seorang pilot tidak semuanya dibagi rata. Gaji para pilot akan disesuaikan dengan jenis pesawat yang mereka bawa.

Untuk gaji pilot pesawat jet besar yaitu US$ 121.408 atau setara dengan Rp 1,8 miliar satu tahun. Untuk pilot pesawat jet kecil bisa US$ 104.219 atau setara dengan Rp 1,5 miliar satu tahun.

Namun, pilot non-jet akan mendapat gaji lebih sedikit. Gaji rata-rata mereka dalam setahun biasanya US$ 79.106 atau setara dengan Rp 1,1 juta.

4 dari 5 halaman

3. Proses Kenaikan Gaji

Setiap maskapai memiliki jadwal pembayaran gaji kepada karyawannya masing-masing. Namun, hampir semuanya akan menaikan gaji pilot setiap tahun.

Pilot mengalami kenaikan gaji terbesar dalam lima tahun pertama mereka. Sehingga, pekerjaan pilot di maskapai penerbangan sangat menjanjikan.

5 dari 5 halaman

4. Gaji Pilot dari Sejumlah Maskapai Terkenal

Data yang ditunjukan oleh Phoenix East Aviation tentang gaji pilot berbeda dari masing-masing maskapai penerbangan.

Untuk gaji bulanan co-pilot maskapai Cathay Pacific tipe Boeing 747 misalnya, Rp 86 juta satu bulan. Sementara untuk kaptennya Rp 165 juta perbulan. Angka ini adalah gaji mereka di tahun pertama bekerja.

Apabila sudah bekerja selama lima dan sepuluh tahun gaji mereka akan terus meningkat.

Sementara gaji kopilot Emirates adalah Rp 83 juta perbulan dan Rp 119 juta untuk kapten pilot selama satu bulan. Angkanya juga akan terus bertambah apabila mereka loyal dengan maskapai tersebut.

Tak jauh berbeda dengan maskapai Etihad, untuk kopilot gaji satu bulan di tahun pertama adalah Rp 105 juta dan bagi kapten gajinya adalah Rp 141 juta.