Sukses

Tak Banyak yang Tahu, 8 Film Ternama Ini Ternyata Diangkat dari Kisah Nyata

Tahukah Anda bahwa film-film berikut ini, jalan ceritanya diangkat dari kisah nyata?

Liputan6.com, New York - Sejumlah penggemar film bioskop mengatakan bahwa mereka cenderung kagum dengan tampilan visual dan jalan cerita yang disuguhkan oleh sebuah film.

Kisah yang dituangkan dan digubah menjadi film layar lebar, umumnya berasal dari imajinasi sang sutradara, sehingga kejadian yang ditampilkan dalam film hanyalah fiktif semata.

Namun tak sedikit pula sutradara yang mengangkat kisah nyata untuk dijadikan film. Entah itu bentuk dokumenter atau film-film lain.

Dan tahukah Anda bahwa film yang diproduksi berdasarkan kisah nyata tidak hanya mempengaruhi penonton, tapi juga para bintang yang berlaga di dalamnya?

Aktor utama The Pursuit of Happyness, Will Smith, bahkan mengaku sangat "tersihir" oleh kepribadian dan gaya hidup tokoh yang diperankannya, Chris Gardner.

Bahkan saat syuting film itu berakhir, setiap kali putranya (Jaden Smith, yang juga berperan sebagai anak Gardner dalam film tersebut) meminta untuk dibelikan sebotol jus, Smith akan menjawab, "Kita tidak mampu membelinya, Nak."

Selain The Pursuit of Happyness, 8 film berikut ternyata juga terinspirasi dari kejadian sesungguhnya, namun belum diketahui banyak orang. Apa saja film yang dimaksud?

Berikut di antaranya, seperti dilansir dari Bright Side, Jumat (26/10/2018):

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. The Imitation Game

Dikenal karena perannya sebagai Sherlock Holmes, Benedict Cumberbatch kini ditantang untuk memainkan peran utama dalam film The Imitation Game. Jalan cerita film ini diambil dari kisah nyata kehidupan ilmuwan komputer Alan Turing.

Dalam film tersebut, Alan harus memecahkan kode sandi yang digunakan Nazi untuk mengamankan pesan radio yang digunakan mereka selama Perang Dunia II --namanya Enigma.

Turing digambarkan sebagai sosok yang egois dalam film ini, bahkan tidak membutuhkan bantuan orang-orang di sekitarnya dan menganggap rekan-rekannya lebih rendah darinya.

Film itu juga mengulas cara Alan ketika harus mengatasi masalah matematika dan sosial, saat memecahkan kode.

3 dari 8 halaman

2. Dunkirk

Film yang ditayangkan perdana pada 2017 ini diterima dengan baik oleh pemirsa di seluruh dunia, meski sedikit menuai kontra. Ceritanya mengkisahkan tentang operasi pengevakuasian prajurit yang terlibat dalam Pertempuran Dunkirk pada Perang Dunia II.

Misi tersebut dilakukan dengan 3 cara, yakni dari darat, laut dan udara.

Setelah film tersebut ditayangkan, kritikus film menyayangkan tidak ada satu pun pemain atau aktor yang berasal dari ras kulit hitam, dan ini menyalahi aturan sejarah. Sebab pada masa itu, pasukan kulit hitam juga terlibat dalam peperangan tersebut.

4 dari 8 halaman

3. Deepwater Horizon

Kisah tentang bencana lingkungan terbesar abad ini, yang melanda Deepwater Horizon pada 20 April 2010, diangkat ke layar lebar.

Film dengan judul yang sama, Deepwater Horizon, menceritakan tragedi ledakan anjungan pengeboran lepas pantai semi-selam itu dan tumpahan minyaknya di Teluk Meksiko.

Menurut laporan, kecelakaan itu terjadi karena adanya salah perhitungan dalam konstruksi bangunan yang menyebabkan malfungsi utama dan, akhirnya, bencana.

11 orang pekerja tewas dan 17 lainnya terluka. Setelah dua hari terbakar, Deepwater Horizon akhirnya tenggelam, meninggalkan sumur yang mengalir di dasar laut dan menyebabkan tumpahan minyak terbesar di perairan Amerika Serikat.

5 dari 8 halaman

4. The Perfect Storm

Jalan cerita The Perfect Storm diangkat dari kisah nyata, tentang hilangnya kapal penangkap ikan komersial, Andrea Gail, di tengah laut setelah dihantam badai hebat pada 1991.

Kontak terakhir dari kapten kapal, Billy Tyne (yang diperankan oleh George Clooney), yang sempat terekam dari menara suar terdekat adalah, "She's coming on boys, and she's comin' on strong!"

Saat itu, badai membuat gelombang laut naik setinggi hingga 100 kaki (hampir 30 meter), dan ombak inilah yang menghempaskan Andrea Gail dan keenam awak kapalnya di tengah laut sekitar Pulau Sable.

Tidak ada laporan dan pesan lebih lanjut mengenai suara terakhir sang kapten dan tidak ada kapal lain yang mendengar panggilan SOS dari kapten kapal.

Pada 30 Oktober 1991, Andrea Gail dinyatakan hilang dan karam. Sebuah pencarian besar-besaran segera diadakan oleh 106th Rescue Wing dari New York Air National Guard, States Coast Guard dan Canadian Coast Guard. Luas kawasan pencarian oleh ketiga tim mencakup wilayah seluas 400.000 km²

Pada tanggal 8 November 1991, Andrea Gail emergency position-indicating radio beacon (EPIRB) ditemukan terhanyut dan mendarat di pantai Pulau Sable.

6 dari 8 halaman

5. Beautiful Boy

Beautiful Boy telah dirilis pada bulan Oktober 2018 berdasarkan memoar Beautiful Boy: A Father’s Journey Through His Son’s Addiction yang ditulis oleh David Sheff dan Tweak and Growing Up on Methamphetamines karya Nic Sheff.

Film ini berkisah tentang cara seorang ayah (Steve Carell) yang merawat putranya (Timothee Chalamet) yang kecanduan narkoba.

7 dari 8 halaman

7. Black Hawk Down

Film Black Hawk Down menceritakan tentang Pertempuran Mogadishu, yakni pertempuran yang dilakukan antara pasukan Amerika Serikat dan pejuang gerilya Somalia yang setia kepada Mohamed Farrah Aidid pada 3 Oktober 1993 di distrik Black Sea di Mogadishu, Somalia.

Farrah Aidid adalah seorang pemimpin militer kontroversial Somalia, sering digambarkan sebagai panglima perang. Peperangan ini kemudian diliput langsung oleh jurnalis Mark Bowden, yang lalu menulis buku tentang itu.

Pada tahun tersebut, setelah tersingkirnya pemerintahan pusat dan perang saudara pecah, militer besar PBB yang beroperasi di Somalia diberi wewenang dengan mandat menjaga perdamaian.

Setelah sebagian besar pasukan perdamaian ditarik, milisi yang bermarkas di Mogadishu dan mengabdi kepada Farrah Aidid menyatakan perang terhadap pasukan PBB yang tersisa.

Menanggapi pernyataan perang tersebut, Angkatan Darat Amerika Serikat mengerahkan tiga pasukan operasi khusus: 75th Rangers, operator anti-teroris Delta Force dan pilot 160th SOAR/Night Stalkers ke Mogadishu untuk menangkap Aidid, yang telah mengumumkan dirinya sebagai presiden Somalia.

Sementar itu, sebuah pasukan tugas gabungan dikirim untuk menyelamatkan pasukan yang terperangkap, yang berasal dari Pakistan, Malaysia, dan tentara AS dari Divisi Gunung ke-10.

Mereka membentuk 60 kendaraan, termasuk tank Pakistan, pembawa personel lapis baja Condor Malaysia, dan didukung oleh Hughes H-6 AS dan UH-60 Black Hawk.

 

8 dari 8 halaman

8. A Nightmare on Elm Street

Film A Nightmare on Elm Street membuat takut banyak penononnya, tetapi ternyata kejadian yang dikisahkan dalam film tersebut tidak hanya sekedar naskah semata, namun juga asli di kehidupan nyata.

Wes Craven, sutradara film, mendapat ide dari berita yang ia baca di koran, tentang 18 pengungsi Laos yang meninggal secara misterius setelah diduga mendapatkan mimpi buruk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.