Sukses

Simbol Solidaritas RI-Palestina, Menlu Retno dan Menlu Maliki Gelar Jalan Bersama

Menlu RI dan Menlu Palestina menggelar Walk for Peace and Humanity, Indonesian Solidarity Week for Palestine di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Bersama dengan Menteri Luar Negeri Palestina Riyad al Maliki, Ketua Komisi I Abdul Kharis Almasyhri, para tokoh lintas agama dan masyarakat, serta lebih dari 2.000 masyarakat Indonesia, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menggelar jalan bersama sejauh 1,2 km hingga titik akhir di Monumen Selamat Datang di Bundaran Hotel Indonesia, pada Minggu 14 Oktober.

"Kita berjalan bersama pagi ini untuk tunjukan bahwa Palestina tidak akan pernah sendiri dalam perjuangannya mendapatkan kemerdekaan, Mimpi Palestina adalah Mimpi Indonesia juga," tegas Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi dalam sambutannya pada acara Walk for Peace and Humanity yang diselenggarakan pagi ini, Minggu 14 Oktober 2018 di Jakarta.

"Jalan menuju monumen selamat datang menjadi simbol langkah solidaritas, dukungan dan komitmen Indonesia bersama Palestina menuju tujuan kita, agar dapat mengucapkan selamat datang kepada negara Palestina yang merdeka," lanjut Menlu RI, sebagaimana dikutip dari rilis resmi Kemlu RI (14/10/2018).

Walk for Peace and Humanity diselenggarakan untuk memperkuat solidaritas dan memperdalam pemahaman masyarakat luas terhadap kontribusi dan peran Indonesia untuk perjuangan kemerdekaan Palestina.

Kegiatan ini diharapkan menggemakan dukungan Indonesia yang lintas latar budaya, keyakinan, maupun sosio kultural bagi perjuangan Palestina.

Pagi ini juga diisi dengan interaksi publik antara kedua Menlu serta dimeriahkan penampilan artis ibukota dan pembacaan puisi mendukung Palestina.

Walk for Peace and Humanity adalah bagian dari rangkaian Indonesian Solidarity Week for Palestine yang diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri RI dari tanggal 13-17 Oktober 2018, bertepatan dengan kunjungan Menlu Palestina ke Indonesia.

Menlu RI dan Menlu Palestina direncanakan melakukan pertemuan konsultasi bilateral Indonesia- Palestina yang pertama pada 16 Oktober untuk menerjemahkan hubungan baik kedua negara menjadi kerja sama konkrit.

Selama kegiatan ini, Menlu Maliki juga akan berdiskusi dengan para tokoh masyarakat, pemuka lintas agama dan filantropis Indonesia serta dijadwalkan untuk melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden RI, Joko Widodo dan DPR RI.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pekan Solidaritas untuk Palestina

Rangkaian kegiatan Indonesian Solidarity Week for Palestine menjadi wujud kesinambungan komitmen Indonesia untuk Palestina dan meningkatkan pemahamaan dan kepedulian bangsa Indonesia atas perjuangan bangsa Palestina.

Selama satu pekan, Indonesian Solidarity Week for Palestine akan diisi oleh berbagai kegiatan yang melibatkan Pemerintah, lembaga internasional yang menangani pengungsi Palestina (UNRWA), LSM Kemanusiaan, para tokoh lintas agama, filantropis dan masyarakat Indonesia.

Kegiatan ini adalah bagian dari dukungan penuh Indonesia untuk Palestina yang terus ditunjukan dalam setiap kesempatan.

Pada pertemuan-pertemuan internasional, melalui bantuan kemanusiaan dan perdamaian, serta dengan program peningkatan kapasitas dan kerja sama ekonomi.

"Palestina selalu ada dalam setiap napas diplomasi Indonesia," jelas Menlu RI.

Taman Palestine Walk di Bandung

Kemarin, pada 13 Oktober 2018, Menlu RI, Menlu Palestina dan Walikota Bandung juga telah meresmikan Palestine Walk, taman sepanjang 80 meter di pusat kota Bandung yang menggambarkan dukungan dan sebagai pengingat agar semangat perjuangan mendukung kemerdekaan Palestina tetap beresonasi di hati masyarakat Indonesia.

Menlu Maliki juga berkesempatan berdiskusi dengan ratusan pelajar di Museum Konferensi Asia Afrika.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.