Sukses

5 Hewan dengan Usia Paling Tua di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Alam memang menyimpan berjuta rahasia. Ada hal-hal yang semula kita anggap mustahil, namun rupanya itu nyata. Sama halnya dengan penemuan sejumlah hewan berusia hingga ratusan tahun.

Dikatakan tua dan berusia ratusan tahun karena bentuk dan ukuran hewan ini di luar batas normal. Bahkan ada hewan yang diidentifikasi berusia tua ini lebih besar dari tubuh anak bayi manusia.

Lewat sejumlah rangkaian penelitian, para ilmuwan meyakini jika hewan-hewan ini adalah yang tertua di kelasnya masing-masing.

Seperti dikutip dari laman Oddee.com, Rabu (3/10/2018), berikut 5 hewan paling tua yang pernah hidup di planet ini:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 6 halaman

1. Kerang Tertua

Hewan paling tua yang pernah hidup di dunia adalah kerang bernama Ming. Usianya adalah lima abad, tepatnya 507 tahun.

Kerang yang semasa hidupnya diberi nama Ming ini diyakini lahir pada 1499. Salah satu alasan pemberian nama Ming, sebab ia hidup di masa kekuasaan Dinasti Ming.

Penemuan Ming bermula dari penelitian yang dilakukan oleh Bagor University. Kerang ini ditemukan dan diangkat dari dasar laut Islandia pada tahun 2006.

Peneliti menarik kesimpulan bahwa kerang ini telah berusia lima abad dari lapisan cangkang kerang. Usia kerang dapat ditentukan dari cangkangnya.

 

3 dari 6 halaman

2. Kura-Kura Tertua

Kura-kura memang dikenal sebagai hewan yang dapat hidup beratus-ratus tahun. Namun, rekor paling tua dipegang oleh seekor reptil yang tinggal di Alipore Zoo di India.

Usia kura-kura ini adalah 250 tahun. Kura-kura itu bernama Adwaita. Ia diprediksi lahir pada tahun 1700-an. Saat itu ditangkap di Kepulauan Seychelles sebelum diberikan kepada jenderal Inggris Robert Clive dari East India Company.

Adwaita kemudian dijadikan peliharaan oleh Clive, lalu pada tahun 1875 disumbangkan kepada kebun binatang. Selama lebih dari 125 tahun, ia tinggal di kandang kebun binatang.

Sampai akhirnya pada tahun 2006 ia mati.

 

4 dari 6 halaman

3. Kucing Tertua di Dunia

Salah satu pemegang rekor kucing tertua di dunia adalah Tiffany, yang mati pada tahun 2005 di usia 27 tahun. Berkat usianya yang terbilang tua, Guinness World Record mencatatnya sebagai salah satu kucing tertua di dunia.

Sebelumnya, rekor paling tua dipegang oleh kucing bernama Cream Puff yang tinggal di Austin, Texas. Pemiliknya adalah Jake Perry dan kucing itu mati pada usia 34 tahun.

5 dari 6 halaman

4. Anjing Tertua di Dunia

Sejauh ini tidak ada laporan yang dikonfirmasi tentang seekor anjing yang hidup sampai usia 30 tahun, tetapi usia Max (seekor anjing) sangat dekat yaitu 29 tahun dan 282 hari.

Max lahir pada tahun 1983 dan diadopsi oleh Janelle Derouen. Dari catatan yang ada, Max memegang gelar anjing tertua saat ini.

 

6 dari 6 halaman

5. Kuda Tertua di Dunia

Lahir pada tahun 1760, Billy Tua hidup dengan usia enam puluh dua tahun. Hal yang mengesankan, lebih dari dua kali panjang umur rata-rata kuda, yaitu 60 tahun.

Billy juga tidak menjalani kehidupan yang menyenangkan -- dia menghabiskan sebagian besar hidupnya sebagai kuda tongkang.

Ketika dia mulai menua, punggungnya membungkuk dan tulang-tulangnya mulai menonjol melalui kulitnya.

Kesal Diperas Calo, Sopir Truk Keluarkan Celurit
Loading
Artikel Selanjutnya
Sup Penyu hingga Otak Monyet, 4 Mitos Makanan Penyembuh yang Hewannya Jadi Buruan
Artikel Selanjutnya
5 Hewan Ini Konon Punya Kekuatan Spiritual yang Dekatkan Manusia dengan Alam