Sukses

Memilukan, Salam Perpisahan Penyiar Cantik BBC yang Divonis Kanker Payudara

Pembawa acara BBC, Rachael Bland, mengucapkan salam perpisahan setelah dokter mendiagnosisnya akan segera meninggal karena kanker payudara.

Liputan6.com, London - Pembawa acara BBC Radio 5 Live, Rachael Bland, mengungkapkan hal memilukan di media sosial. Dalam akun Twitter pribadinya, Rachael menuliskan bahwa dia mengidap kanker payudara sejak dokter mendiagnosisnya dua tahun lalu.

Dia mengatakan, sakitnya ini sudah tak bisa diobati dan usianya sudah mendekati ajal.

Wanita berusia 40 tahun itu memandu acara diskusi You, Me and the Big C yang membahas seputar penyakit kanker payudara. Dalam diskusi tersebut pada Mei 2018, Rachael membeberkan langsung bahwa dia pernah merasa putus asa atas kabar yang diumumkan oleh dokternya.

"Kalau kata sang legenda Frank S - Aku takut waktunya telah datang, teman-temanku. Dan tiba-tiba. Aku bilang bahwa aku hanya punya sedikit waktu," tulisnya melalui akun @Rachael_Hodges, seperti dikutip dari The Independent, Rabu (10/8/2018).

"Terima kasih banyak atas semua dukungan yang telah kalian berikan. Debs dan lozz akan menggantikanku untuk memandu acara #youmebigc. Au revoir (yang artinya selamat tinggal dalam bahasa Prancis) kawan-kawanku."

Rachael menyampaikan bahwa dia didiagnosis menderita kanker payudara triple negatif rendah (triple-negative primary breast cancer adalah gambaran klinis, histologis, dan molekular yang berbeda dari kanker payudara biasa dan secara umum memiliki prognosis klinis yang buruk) pada November 2016 dan telah mendokumentasikan proses penanganan penyakitnya dalam acara yang dipandunya.

Pada 3 Agustus, Rachael mengungkapkan bahwa dokter yang menanganinya sudah tak sanggup melanjutkan pengobatan klinis, karena adanya komplikasi medis.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Takut Mati

Rachael Bland telah menikah dan menjalani bahtera rumah tangga bersama Steve selama hampir lima tahun. Kini dia sedang menyelesaikan memoar untuk putranya yang berusia 2 tahun, Freddie.

"Aku sedang berlomba melawan waktu, menyelesaikan buku yang aku tulis sendiri untuk Freddie," ungkap ibu satu anak ini. "Jika kamu membutuhkanku, maka kamu akan mendapatiku sedang mengetik dan minum bergalon-galon air mineral."

Rekan-rekan Rachael, Deborah James dan Lauren Mahon, akan menggantikannya untuk menyajikan You, Me and the Big C.

Mantan presenter Radio 5 Live, Richard Bacon, mengirim dukungannya untuk ibu muda itu di Twitter

"Hari demi hari. Menghancurkan. Rachael, aku memikirkanmu (dan waktu kita yang luar biasa saat bersama saat menyiarkan acara, terutama semua kesenangan pada larut malam itu) tidak mengubah apa pun. Tapi aku turut berduka atas apa yang menimpamu. Acaramu telah membantu mengubah cara orang dalam membicarakan semua ini (kanker payudara). Kamu luar biasa," tulis Bacon di Twitter.

Dalam sebuah wawancara dengan The Telegraph bulan lalu, Rachael berkata, "Aku tidak takut mati. Aku hanya memikirkan mereka yang kutinggalkan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.