Sukses

HUT ke-73 RI, Tiga Tokoh Dunia Ini Ucapkan Selamat untuk Rakyat Indonesia

Ternyata, ucapan selamat tak hanya datang dari masyarakat Indonesia saja, sejumlah tokoh dunia pun juga mengucapkan HUT RI ke-73.

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini, 17 Agustus 2018 Indonesia merayakan HUT RI ke-73 tahun. Semarak hari kemerdekaan terasa hingga pelosok negeri. Upacara bendera pun mengawali di pagi hari.

Umumnya, penduduk di Tanah Air memeriahkannya dengan berbagai macam perlombaan khas daerah masing-masing, selain menggelar upacara bendera.

Kebiasaan turun-temurun ini identik dengan lomba makan kerupuk, balap karung, membawa kelereng di sendok, pecah air, hingga panjat pinang dalam perayaan HUT RI.

Pengguna media sosial pun ramai mengucapkan dirgahayu HUT RI ke-73. Ternyata, ucapan tak hanya datang dari masyarakat Indonesia saja, sejumlah tokoh dunia pun juga mengucapkan hal yang sama.

Berikut selengkapnya yang Liputan6.com rangkum dari beragam sumber pada Jumat (17/8/2018):

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Presiden Mesir

Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi mengucapkan selamat hari kemerdekaan ke-73 pada Indonesia. Ucapan ini secara khusus disampaikan Kepala Rumah Tangga dan Protokol Kepresidenan Mesir (Egyptian Presidential Chamberlain), Mohamed Yehia saat mengunjungi Duta Besar Indonesia untuk Mesir Helmy Fauzi di Wisma Duta, Kairo, 9 Agustus 2018.

Sedianya kunjungan ini dilakukan sebelum upacara detik-detik proklamasi digelar di KBRI Kairo pada 17 Agustus 2018 mendatang. Namun, karena Dubes Helmy akan melaksanakan ibadah haji dan tidak berada di Kairo, maka Mohamed pun memajukan rencana kunjungannya.

Sejumlah pejabat KBRI Kairo yang turut serta menerima kunjungan ini adalah Kepala Kanselerai KBRI Kairo Sonny Sasongko dan Atase Pertahanan Kolonel (L) Kemas M Ikhwan.

"Atas nama Presiden al-Sisi, kami menyampaikan selamat merayakan hari kemerdekaan ke-73 bagi Indonesia," ujar Mohammed dalam keterangan tertulisnya yang Liputan6.com muat Sabtu 11 Agustus 2018.

Menanggapi kunjungan Chamberlain Kepresidenan yang khusus membawa pesan Presiden Mesir ini, Dubes Helmy mengatakan akan menyampaikan ucapan selamat dari Presiden al-Sisi kepada Presiden Joko Widodo.

Dubes Helmy menambahkan kunjungan ini menunjukkan kedekatan hubungan diplomatik Indonesia dan Mesir yang sudah terjalin lebih dari 71 tahun.

 

3 dari 4 halaman

2. Menlu Amerika Serikat

Indonesia memperingati hari kemerdekaannya setiap tanggal 17 Agustus. Menyambut Hari Ulang Tahun ke-73 RI, negara-negara sahabat pun turut merasakan euforianya. Salah satu di antaranya ialah Amerika Serikat.

Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, pun memberikan ucapan selamat kepada rakyat Indonesia mewakili pemerintah negara adidaya tersebut.

"Atas nama pemerintah Amerika Serikat, suatu kehormatan bagi saya untuk menyampaikan ucapan selamat kepada rakyat Indonesia yang merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-73 pada tanggal 17 Agustus," ujar Mike Pompeo .

Sebelumnya, Mike Pompeo telah berkunjung ke Indonesia pekan lalu, pada Sabtu, 4 Agustus, dalam rangka kunjungan kerjanya ke negara-negara Asia Tenggara. Ia tiba di Jakarta dan langsung menyambangi Kementerian Luar Negeri RI. Selain bertemu dengan Menlu Retno Marsudi, ia juga bersua dengan Presiden Jokowi.

 

4 dari 4 halaman

3. Dubes Inggris untuk Indonesia

Perwakilan negara-negara sahabat di Indonesia ternyata turut merasakan euforia Hari Kemerdekaan ke-73 RI. Salah satunya ialah Inggris.

Melalui Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Moazzam Malik, ucapan selamat untuk Tanah Air disampaikan. Harapan serta doa tak luput beliat panjatkan untuk Tanah Air.

"... Atas nama pemerintah Inggris, saya ucapkan Dirgahayu RI ke-73. Semoga persatuan dan kesatuan tetap terjaga, menuju Indonesia yang makmur dan sejahtera. Maju terus Indonesia," demikian penggalan ucapan selamat dari Dubes Moazzam yang diunggah melalui akun Twitter Kedutaan Inggris di Indonesia, @UKinIndonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.