Sukses

20 Tahun Bungkam, Pria Ini Ungkap Kata-Kata Terakhir Putri Diana Sebelum Tewas...

Seorang pemadam kebakaran yang mengevakuasi Putri Diana mengungkap kata-kata terakhir Lady Di.

Liputan6.com, London - Pada 31 Agustus 2017, peringatan 20 tahun kematian Putri Diana digelar. Kenangan tentang sang lady yang cantik, anggun, ramah, tapi tak bahagia itu kembali diungkit. Pun dengan akhir hidupnya yang tragis dalam kecelakaan mobil di terowongan Pont de l'Alma, Paris, Prancis, pada 31 Agustus 1997. 

Pada momentum itu, seorang mantan petugas pemadam kebakaran Prancis membocorkan rahasia mengenai detik-detik terakhir sang putri. Ia memilih bungkam selama 20 tahun. 

Dalam sebuah sesi wawancara bersama The Sun, Xavier Gourmelon, nama si petugas, mengklaim bahwa ia mengingat kata-kata terakhir Diana sebelum ajal menjemputnya.

"Mobilnya hancur berantakan dan kami menanganinya seperti kecelakaan pada umumnya," kata Gourmelon, mengisahkan momentum ketika timnya tiba di lokasi kejadian di Paris, seperti dikutip dari The Rolling Stones, Sabtu (8/6/2018).

"Kami langsung bertindak cepat untuk melihat siapa yang butuh bantuan dan siapa yang masih hidup. Dan, Diana berkata kepada saya, 'Ya Tuhan, apa yang terjadi?'" kata dia.

Menurut Gourmelon, sang putri masih tersadar dan membuka matanya ketika ia menariknya keluar dari dalam Mercedes yang ringsek.

"Dia bergerak sedikit dan aku bisa melihat dia masih hidup ... Aku bisa melihat dia mengalami cedera ringan di bahu kanannya. Tetapi, selain itu, tidak ada yang signifikan. Tidak ada darah sama sekali pada dirinya," kenang Gourmelon.

Ketika ia dan petugas lain mengangkat Putri Diana dari kursi belakang dan memapahnya ke tandu, tiba-tiba sang putri terkena serangan jantung.

"Saya melakukan resusitasi di jantungnya dan beberapa detik kemudian dia bernapas lagi," kata Gourmelon.

"Tentu saja itu sangat melegakan kami, karena dia masih bisa merespons. Sejujurnya, saya pikir dia akan hidup. Sejauh yang saya tahu, ketika dia berada di ambulans, dia masih hidup dan saya berharap dia akan tetap hidup. Tapi yang saya tahu kemudian, dia telah meninggal di rumah sakit. Saya cukup terpukul," ungkapnya lagi.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Sadar bahwa Itu Adalah Putri Diana

Gourmelon yang kini telah pensiun sebagai petugas pemadam kebakaran menceritakan bahwa pada saat itu ia tidak menyadari kalau wanita yang diselamatkannya adalah Putri Diana.

Ia baru menyadarinya setelah salah satu paramedis memberitahunya ketika Putri Diana sudah dimasukkan ke ambulans. "Aku sangat terkejut," ungkapnya.

"Setelah aku tahu siapa dia, aku pergi ke dalam ambulans dan melihat keadaannya. Saat itulah aku mengenalinya," imbuh Gourmelon.

Gourmelon juga ingat bagaimana pengawal Diana, Trevor Rees-Jones, berusaha menyelamatkan sang putri dari kursi depan mobil, meskipun ia juga terluka.

"Dia terus menanyakan keberadaan sang putri, sambil berkata, 'Di mana dia? Di mana dia?'"

"Tetapi tim saya menyuruhnya untuk tetap tenang dan tidak berbicara. Saya mengatakan kepadanya bahwa tim saya tidak ada yang bisa berbahasa Inggris, sehingga lebih baik baginya untuk tetap diam dan tidak bergerak. Saya mengatakan kepadanya untuk tidak mengkhawatirkan Diana, karena kami menjaga semuanya."

Gourmelon mengatakan ia belum berani blak-blakan tentang malam nahas itu selama 20 tahun. Pasalnya, ia masih bekerja sebagai petugas damkar dan tidak diizinkan untuk berbicara dengan media tentang pengalamannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.