Sukses

Video Anak Merokok Viral, Ayah Ditangkap Polisi

Liputan6.com, Riyadh - Seorang ayah di Arab Saudi ditangkap polisi gara-gara rekaman saat ia memaksa putrinya merokok beredar luas.

Seperti dikutip dari Daily Mail, Jumat (25/5/2018), dalam rekaman tersebut terlihat seorang ayah merekam dirinya sendiri saat memaksa anak perempuannya yang tidak bersalah untuk merokok.

Sebuah video, yang tampaknya diambil oleh sang ayah, menunjukkan dia menaruh sebatang rokok di mulut putrinya. Dia tampak menghirup asap mematikan itu, lalu menghembuskannya keluar.

Dalam video yang disebut direkam di Arab Saudi, anak itu terlihat baru berusia dua atau tiga tahun. Terdengar suara dari sang ayah seolah bertanya apakah dia menginginkan lagi rokoknya, anak itu pun kemudian mengangguk.

Rekaman yang diposting di Twitter dan viral itu telah dilihat lebih dari 226.000 kali.

Media setempat melaporkan, polisi yang mengetahui rekaman viral itu kemudian memburu sang ayah. Sejauh ini tidak disebutkan apa alasan pria itu ditangkap atau ditahan.

Publik Arab Saudi mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa peran petugas adalah untuk melindungi masyarakat dan menahan mereka yang melanggar aturannya - bahkan jika itu harus menangkap orang tua.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pria Arab Saudi Dibekuk Polisi

Insiden penangkapan pria asal Arab Saudi gara-gara memaksa seorang bocah merokok juga pernah terjadi beberapa waktu lalu.

Pria itu memaksa sepupunya yang berusia 3 tahun merokok. Aksinya terungkap setelah beredar video yang memperlihatkan dia tertawa saat anak tersebut berjuang untuk bernapas usai mengisap lintingan tembakau.

Dalam rekaman tersebut, seperti dikutip dari Daily Mail, Kamis, 15 Maret 2018, pria itu meletakkan sebatang rokok yang menyala ke dalam mulut anak berusia 3 tahun. Bocah malang itu kemudian tersedak, batuk, dan sekuat tenaga mencoba menarik diri saat ditertawakan.

Video berdurasi 10 detik tersebut diawali saat anak itu duduk di atas lutut pria Saudi tersebut. Lalu rokok dimasukkan ke mulut bocah yang terlihat diminta untuk menghirupnya.

Anak laki-laki itu terlihat meringis dan mencoba menarik diri saat ia merasakan asap. Ia lalu terbatuk-batuk.

Saat itulah telihat pria di video bersama sejumlah orang tertawa terbahak-bahak.

Penangkapan pria itu bermula dari penyelidikan rekaman video buatan ponsel yang beredar di media sosial. Lalu Jaksa Agung Arab Saudi memerintahkan penangkapan orang tersebut.

Polisi menggunakan video yang beredar di media sosial itu untuk mengidentifikasi pria tersebut dan menangkapnya pada Sabtu, 10 Mei 2018.

Juru bicara polisi Ziad Al-Rikaiti mengatakan pria itu berusia 20-an. Ia adalah seorang warga negara Arab Saudi dan kerabat bocah tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini