Sukses

Ini Bukti Ratu Elizabeth II Restui Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle

Surat resmi yang dicetak di atas kanvas kulit itu mewakili restu seluruh wilayah Kerajaan Britania Raya.

Liputan6.com, London - Sebuah foto yang dirilis oleh pihak Kerajaan Inggris pada Sabtu, 12 Mei 2018, menunjukkan secara rinci persetujuan Ratu Elizabeth II atas pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle.

Sejoli beda negara itu dijadwalkan mengikat janji suci di Kapel St George, yang terletak di lingkungan Kastil Windsor di barat Kota London, pada 19 Mei nanti.

Dikutip dari CNN, Minggu (13/5/2018), surat persetujuan yang dikenal dengan nama "Instrument of Consent" itu ditulis dan ditandatangani langsung oleh Ratu Elizabeth II.

Selanjutnya, dokumen resmi tersebut dicetak di atas kanvas kulit sapi oleh seniman istana, untuk kemudian disimpan bersama cetakan petuah penguasa Inggris lainnya di pusat data di Crown Office.

Bukan sebatas dokumen tertulis, Instrument of Consent memiliki desain hiasan yang cukup rumit, termasuk di dalamnya simbol heraldik Wales berupa naga merah, serta lambang bunga untuk Inggris, Skotlandia, dan Irlandia Utara.

"Instrument of Consent itu disegel oleh Great Seal of the Realm (kunci kebesaran Kerajaan Inggris), yang dilekatkan pada kaki dokumen tersebut menggunakan tali tenun," tulis pernyataan resmi dari Istana Buckingham.

"Tanda tangan Ratu, 'Elizabeth R,' dapat dilihat di kanan atas dokumen, yang akan disampaikan kepada Pangeran Harry dan Meghan Markle setelah pernikahan keduanya," lanjut pernyataan terkait.

Ratu Elizabeth II secara resmi mengucapkan persetujuan untuk pernikahan cucunya itu di sela-sela pertemuan Dewan Penasihat (Privy Council) pada 14 Maret.

 

Simak video pilihan berikut: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ditulis dengan Huruf KCVO

Dijelaskan sumber Istana Buckingham, dokumen Instrument of Consent berbunyi: "NOW KNOW YE that We have consented and do by these Presents signify Our Consent to the contracting of Matrimony between Our Most Dearly Beloved Grandson Prince Henry Charles Albert David of Wales, K.C.V.O., and Rachel Meghan Markle."

 

"SEKARANG KETAHUILAH OLEHMU bahwa kami telah menyetujui, dan menunjukkan hadiah ini sebagai tanda persetujuan kami untuk kontrak Matrimony antara Cucu Yang Paling Kami Cintai Pangeran Henry Charles Albert David dari Wales, K.C.V.O., dan Rachel Meghan Markle."

 

Huruf-huruf KCVO (ejaan bahasa Inggris di era Victoria) mengacu pada gelar yang diberikan Ratu Elizabeth II kepada Harry, sebagai pemegang jabatan Komandan Kesatria dari Royal Victorian Order.

Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle dijadwalkan berlangsung di kastil tertua dan terbesar yang masih beroperasi di dunia, yang juga menjadi bagian dari kediaman resmi Ratu Elizabeth II.

Setelah resmi mengikat janji suci, pasangan tersebut direncanakan berkeliling menggunakan kereta kencana sejauh 2 mil (setara 3,2 kilometer), melewati kawasan High Street dan sekeliling Kastil Windsor, sebelum kemudian kembali ke lokasi awal.

Adapun resepsi kerajaan akan digelar oleh Ratu Elizabeth II pada malam harinya di St Georges Hall, yang juga masih berada di lingkungan Kastil Windsor.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.