Sukses

Alpukat hingga Keponakan Hitler, 13 Fakta Menarik Ini Bisa Bikin Anda Kaget

Ada banyak fakta menarik yang tak diketahui orang. Misalnya, tahukah Anda bahwa alpukat tak pernah matang di pohon?

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak kejadian mengejutkan di dunia sejak momentum Big Bang (Ledakan Dahsyat atau Dentuman Besar) yang secara teoritis menginisiasi pembentukan alam semesta pada 14 miliar tahun lalu.

Sementara, kehidupan di Bumi telah berlangsung sekian lama sejak "sup purba" (primordial soup) -- teori yang dicetuskan ahli biologi Uni Soviet, Alexander Oparin yang menyatakan bahwa kehidupan dimulai di kolam hangat atau laut dari berbagai kombinasi bahan kimia yang membentuk asam amino, yang kemudian akhirnya menciptakan protein dan molekul kompleks organik yang merupakan cikal bakal kehidupan.

Dan manusia, sebagai Homo sapiens, harus terus-menerus mengembangkan otak dan memperoleh pengetahuan baru untuk mengikuti perubahan zaman.

Tak harus napak tilas hingga ke masa miliaran tahun lalu. Ada banyak hal yang terjadi dalam kurun waktu beberapa abad ke belakang, bagian dari sejarah manusia yang tak diketahui banyak orang.

Berikut 13 fakta menarik yang bisa bikin kaget mereka yang baru mengetahuinya, seperti Liputan6.com kutip dari laman brightside.me, Sabtu (28/4/2018): 

1. Keponakan Hitler

William Patrick Hitler, keponakan bos Nazi Adolf Hitler, mengabdi sebagai seorang perawat di Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy) di tengah Perang Dunia II.

Kala itu, AS dan Sekutunya menghadapi kekuatan Axis atau Poros, di mana Jerman menjadi salah satu anggotanya.

Ia mendapatkan izin bergabung ke Angkatan Laut dari Presiden AS Franklin D. Roosevelt.

2. Asal-Usul Kata Boikot

Tahukah Anda, asal usul kata "boikot" diambil dari nama seseorang. Dia adalah Charles Boycott, yang memutuskan untuk tak mendukung kampanye untuk perlindungan hak-hak pekerja.

Pria asal Inggris itu pun akhirnya merasakan dampaknya: para tetangga berhenti bicara padanya, orang-orang tak sudi duduk di sebelahnya saat ibadah di gereja, dan toko-toko tak mau menjual barang kepadanya.

3. Aturan Uang Palsu

Ilustrasi (iStock)

Menurut aturan di Amerika Serikat, uang dolar palsu yang digunakan dalam pengambilan gambar untuk film tak boleh sama ukurannya dengan yang asli.

Uang kertas dolar di film harus lebih kecil dari 75 persen ukuran aslinya, atau lebih besar dari 150 persen. Gambar harus dicetak hanya pada satu sisi, hanya menggunakan satu warna.

Saksikan video menarik berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Narkoba Alami dalam Mulut Kita

4. Air Liur yang Lebih Kuat dari Morfin

Air liur atau saliva manusia mengandung "narkoba" alami yang disebut opiorphin yang enam kali lebih kuat dari morfin.

5. Rahasia Alam Semesta

Ilustrasi kekuatan alam semesta (NASA)

Hukum fisika yang kita ketahui saat ini hanya menguak rahasia sekitar 4 persen dari materi yang di alam semesta.

Sementara, 96 persen lainnya disebut sebagai materi gelap (dark matter) dan energi gelap (dark energy) -- yang sama sekali tidak kita ketahui.

6. Otak Kedua Manusia

Ilustrasi Foto Perut Gemuk (iStockphoto)

Perut dan esofagus manusia ditutupi oleh sel-sel saraf -- yang jumlahnya sekitar 100 juta, lebih banyak dari yang ada di kepala kucing.

Sejumlah ilmuwan berpendapat, sel-sel saraf tersebut adalah "otak kedua" kita, yang ikut menentukan suasana hati dan emosi seseorang.

7. Kulit Mati Jadi Debu?

Informasi yang mengatakan bahwa sebagian besar debu di rumah kita sebenarnya berasal sel kulit mati adalah mitos belaka.

Faktanya, sebagian besar debu berasal dari kotoran yang kita bawa dari luar rumah.

8. Alpukat Tak Pernah Matang di Pohon

Ilustrasi alpukat (iStockphoto)

Alpukat tak pernah matang di pohon. Itu mengapa petani membiarkannya tetap menempel di ranting dalam waktu lama, bahkan hingga tujuh bulan, sebelum memutuskan untuk menjualnya.

3 dari 3 halaman

Ramalan Titanic

9. Cokelat Terancam Langka

Pada 2050, cokelat diprediksi akan menghilang. Jadi barang langka. Pemicunya adalah punahnya tumbuhan cokelat akibat perubahan iklim.

10. Jumlah Juri di Pengadilan

Jumlah resmi juri di pengadilan adalah 12 orang, sesuai dengan jumlah rasul dalam Alkitab.

11. Alergi Kebalikan

Ilustrasi Liur Anjing (iStockphoto)

Tak hanya manusia yang bisa alergi terhadap anjing dan kucing. Kedua hewan itu juga bisa alergi terhadap manusia.

12. Asal-Usul Pentingnya Sarapan

Gagasan soal sarapan adalah makanan terpenting dalam satu hari dicetuskan pada 1944 oleh perusahaan yang memproduksi sereal jagung atau cornflakes.

Trik promosi itu berhasil mendongkrak penjualan.

13. Ramalan Kapal Titanic

Futility ditulis pada 1898 oleh penulis Amerika Serikat, Morgan Robertson. Novel tersebut dianggap meramalkan tragedi Titanic, yang karam pada 15 April 1912.

Kapal dalam novel tersebut dinamai Titan -- yang digambarkan sebagai bahtera terbesar pada masanya.

Baik Titan maupun Titanic dianggap sebagai kapal yang tak mungkin tenggelam (unsinkable) dan keduanya punya sekoci dalam jumlah terbatas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.