Sukses

Terkuak, Sosok Ibu Kandung Pemimpin Korea Utara

Ibu kandung Kim Jong-un ternyata bukanlah warga asli Korea Utara, melainkan wanita kelahiran Jepang.

Liputan6.com, Pyongyang - Tidak banyak yang bisa diketahui dari kehidupan pribadi pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, termasuk tentang sosok ibu kandungnya.

Baru-baru ini, foto yang diyakini sebagai ibu dari Kim Jong-un, Ko Yong Hui, tersebar di dunia maya. Foto tersebut diambil saat Ko mengunjungi Jepang pada 1973 silam.

Dikutip dari situs The Mainichi, Senin (16/4/2018), foto tersebut disimpan dengan baik oleh seorang tokoh yang sempat berinteraksi dengan Ko Yong Hui saat berkunjung ke Jepang.

Saat itu Ko Yong Hui dijadwalkan berkunjung ke Negeri Matahari Terbit dari Juli hingga September, untuk mengisi pertunjukan sebagai penari.

Menurut para ahli, foto Ko Yong Hui yang mengunjungi Jepang sangat jarang dan jika benar itu dia, maka foto tersebut akan menjadi barang paling berharga.

Seorang profesor di Universitas Tokyo Dental College, Masatsugu Hashimoto, menyatakan bahwa foto yang tersebar itu sangat identik dengan wajah asli mantan ibu negara Korea Utara.

Oleh karenanya, keontetikan foto itu tidak bisa lagi diragukan.

Dalam foto itu, Ko tampak berpakaian polos dan tersenyum lebar di depan kamera. Foto itu diambil di sela-sela pertunjukan yang dihelat di Tokyo, Nagoya, Osaka, dan daerah lain.

"Bahkan di Jepang, ada beberapa foto yang menunjukkan wajah Ko. Tetapi saya tidak pernah melihat ekspresi seperti ini sebelumnya," kata pakar politik Korut dari Universitas Keio, Atsuhito Isozaki.

Ko Yong Hui merupakan warga keturuan Jepang. Dia lahir di Tsuruhashi, distrik Osaka pada 1952, dan diyakini pindah ke Korea Utara saat masih kanak-kanak.

Dia menikah dengan Kim Jong-il, yang kemudian membawanya sebagai anggota senior di Partai Buruh Korut.

Selama di Korea Utara, Ko Yong Hui jarang sekali tampil di depan publik. Keberadaannya memang diyakini sengaja disembunyikan dari masyarakat.

 

 

Reporter: Ira Astiana

Sumber: Merdeka.com

 

 

Simak video pilihan berikut: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.